Wali Kota Bima Arya Polisikan RS UMMI Karena Tertutup Soal Tes Rizieq Shihab

News | Sabtu, 28 November 2020 18:45
Wali Kota Bima Arya Polisikan RS UMMI Karena Tertutup Soal Tes Rizieq Shihab

Reporter : Syahid Latif

Sesuai ketentuan proses tes usap harusnya dikoordinasikan dan sesuai dengan prosedur yang ada.

Dream - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melakukan langkah tegas dengan melaporkan pengelola Rumah Sakit (RS) UMMI ke Polresta Bogor. Laporan dibuat karena pengelola RS dianggap menghalangi tugas Satgas Covid-19 Kota Bogor.

Diketahui, RS UMMI Bogor sejak beberapa hari terakhir sedang merawat pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab. Santer beredar pihak keluarga menolak tes usap (Swab test) yang akan dilakukan kepada Rizieq.

Menurut Bima, pihak RS UMMI selama ini tidak memberi penjelasan utuh terkait pengambilan tes swab terhadap Rizieq Syihab. Dia juga menyebut proses tes digelar secara tertutup dan tanpa koordinasi.

Melihat tidak adanya koordinasi tersebut, Pemkot Bogor memilih untuk melapor pengelola RS UMMI ke Polresta Bogor Kota.

" Kami bekerja sama dengan kepolisian. Ini bagian dari kesepakatan bahwa saat pengambilan swab, semua harus sesuai prosedur dan aturan," kata Bima.

 

2 dari 5 halaman

Polisi Akan Panggil Saksi-Saksi

" Sekarang sedang didalami oleh kepolisian, siapa saja yang ada di situ. Kan harus ada sanksinya juga," tegas Bima yang juga menjabat Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor itu.

Dalam laporannya, RS Ummi diduga menghalangi atau menghambat satgas dalam penanganan wabah penyakit menular.

Sementara Kepala Urusan Humas Polresta Bogor Kota, Ipda Rachmat Gumilar menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan administrasi penyelidikan.

" Benar Polresta Bogor Kota telah menerima laporan tentang adanya dugaan pelanggaran dilaporkan dari pihak gugus. Sedang siapkan administrasi penyelidikan untuk memanggil saksi-saksi yang terkait dengan pelanggaran terutama dari pihak rumah sakit," katanya.

(sah, Sumber: Merdeka.com)

3 dari 5 halaman

Dengar Rizieq Shihab Tolak Tes Swab, Wali Kota Bima Arya Datangi RS UMMI

Dream - Wali Kota Bogor Bima Arya langsung bergerak cepat mengetahui kabar pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mendapat perawatan di RS UMMI. Tindakan itu dilakukan karena pihak keluarga dilaporkan menolak melakukan tes usap Covid-19.

Kedatangan Bima ke RS UMMI tersebut terlihat dari unggahannya di akun Instagram @bimaaryasugiarto, Sabtu, 28 November 2020. Bima diduga mendatangi RS tersebut pada malam hari sebelumnya.

Kepada awak media yang menantinya di RS tersebut, Bima mengatakan sengaja datang untuk meminta konfirmasi dan klarifikasi terkait kabar adanya penolakan pemeriksaan tes usap yang dilakukan Riziqe Shihab.

" Saya ingin tabayyun, jadi minta klarifikasi konfirmasi mengapa ada penolakan," ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Penolakan Tes Swab dari Putranya

Dari informasi yang diperolehnya, penolakan tersebut dilakukan pihak keluarga khususnya dari putra Rizieq Shihab.

" Putranya tidak bersedia dilakukan tes (kepada Rizieq Shihab)," ujarnya.

Sementara mengutip laman Liputan6.com. Bima datang ke RS UMMI setelah mendapat laporan dari tim Dinas Kesehatan yang sudah terlebih dahulu datang ke RS tersebut sore sebelumnya.

Dari laporan tim tersebut, Bima menyebutkan pihak keluarga tidak bersedia Rizieq Shihab menjalani pemeriksaan tes swab. Namun tak dijelaskan alasan penolakan yang disampaikan keluarga Rizieq.

Bima menegaskan jika Kotamadya Bogor adalah wilayah tugasnya. Karena itu dia mendatangi RS UMMI untuk meminta klarifikasi terkait penolakan tersebut. (Sah)

5 dari 5 halaman

Habib Rizieq Dirawat di Kota Bogor dan Tak Mau Dijenguk, Begini Kondisinya

Dream - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, tengah menjalani perawatan di RS Ummi Kota Bogor. Dia menjalani observasi secara menyeluruh.

Kabar tersebut dibenarkan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Tetapi, Bima tidak menyebut nama rumah sakit tempat Habib Rizieq dirawat. Namun dia menyebut letak rumah sakit itu di Kecamatan Bogor Selatan.

" Saya sudah dilaporkan saat ini Habib Rizieq sedang dalam proses general check up untuk dilakukan observasi secara menyeluruh terhadap kesehatan beliau," ujar Bima.

Politisi PAN itu mengaku mendapat informasi bahwa kondisi kesehatan Habib Rizieq dalam keadaan baik. Observasi juga telah dilakukan secara menyeluruh.

" Hasilnya sejauh ini baik dan Habib Rizieq sendiri menyampaikan bahwa tidak ingin dijenguk dulu, diberi kesempatan untuk beristirahat," kata Bima.

Terkait sejak kapan Rizieq dirawat, Bima mengaku tidak tahu. Dia hanya dapat info mengenai kondisi Habib Rizieq. " Saya baru dapat informasi hari ini," ucap Bima.

Sumber: Liputan6.com/Achmad Sudarno.

Join Dream.co.id