Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Wali Kota Bengkulu Instruksikan Perpanjangan Belajar dari Rumah Sampai 27 Juni

Wali Kota Bengkulu Instruksikan Perpanjangan Belajar dari Rumah Sampai 27 Juni Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan (Merdeka.com)

Dream - Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan, menginstruksikan perpanjangan masa belajar dari rumah untuk para siswa semua tingkatan serta mahasiswa hingga 27 Juni 2020.

Instruksi itu termuat dalam surat Nomor 800/753/I.D.DIK/2020 tentang masa belajar di rumah bagi peserta didik PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA dan Lembaga Pendidikan Non Formal serta Perguruan Tinggi di Kota Bengkulu.

Surat Edaran itu menggantikan instruksi sebelumnya Nomor 800/628/I.D.DIK/2020. Pertimbangannya, angka kasus positif Covid-19 yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Helmi Hasan menginstruksikan enam instruksi kepada masyarakat. Pertama, mengimbau institusi pendidikan mulai dari PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs baik negeri maupun swasta untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah.

Kedua, hasil evaluasi belajar baik dalam bentuk pembagian rapor maupun kelulusan siswa dilaksanakan melalui sistem dalam jaringan (daring/online).

Ketiga, institusi pendidikan SMA/SMK/MA serta lembaga non-formal serta perguruan tinggi diimbau melaksanakan program pembelajaran daring menyesuaikan ketentuan yang diatur Pemerintah Provinsi maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Imbauan keempat, para guru dan tenaga kependidikan melakukan pemantauan kegiatan peserta didik. Hasil evaluasi terhadap para peserta didik disampaikan secara daring.

"Pelaksanaan poin 1 di atas diperpanjang sampai dengan tanggal 27 Juni 2020," demikian bunyi instruksi kelima.

Sedangkan semua hal yang bersifat teknis diatur lebih lanjut oleh Dinas Pendidikan Kota Bengkulu.

Sumber: Media Center Pemkot Bengkulu

Warga Kota Bengkulu Sholat Ied di Rumah Masing-masing, Silahturahmi via Online

Dream - Pemerintah Kota Bengkulu sepakat dengan imbauan Pemerintah Pusat untuk salat Ied tidak dilaksanakan di lapangan dan di masjid, melainkan di rumah masing-masing bersama keluarga inti.

"Kita sepakat dan mengikuti apa yang sudah menjadi imbauan atau instruksi pemerintah pusat, seperti apa yang sudah disampaikan kembali oleh gubernur," kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan usai mengikuti rapat dengan Gubernur Bengkulu melalui video conference, Rabu 20 Mei 2020.

Rapat via video conference terkait tentang pengamanan dan penegakan protokol kesehatan menyambut Idul Fitri, disaksikan secara live oleh seluruh unsur forkopimda, para bupati se-Provinsi Bengkulu.

Ini merupakan tindak lanjut dari video conference dengan Menkopolhukam secara nasional. Kemenag dan MUI juga sudah menyampaikan dalam bentuk fatwa dan imbauan yang diteruskan secara berjenjang sampai ke kelurahan.

Imbauan ini harus dipatuhi dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Dan sifatnya imbauan keras yang harus dipatuhi dengan tingkat kedisiplinan tinggi. Yakni salat Ied dilaksanakan di rumah saja bersama keluarga inti.

Apa Pertimbangannya?

Pertimbangannya, yang pertama WHO telah menetapkan pandemi Covid-19 ini adalah pendemi yang bersifat global. Dan Presiden Joko Widodo juga sudah menetapkan bahwa kondisi sekarang adalah kondisi darurat nasional.

“Dari protokol kesehatan juga sudah melarang kita semua untuk mengadakan pertemuan yang bs mengakibatkan berkumpulnya masa dalam jumlah banyak. Ini dalam rangka kita mencegah agar penyebaran Covid-19 bisa ditekan,” ujar Helmi.

Dalam video conference itu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga menjelaskan kembali apa yang disampaikan Menkopolhukam terkait dengan silaturahmi atau mudik lebaran di lingkup Provinsi Bengkulu.

Silaturahmi Bisa Secara Online

Kata Rohidin, di lingkup Provinsi Bengkulu sudah ada kerjasama antar kabupaten kota secara khusus melalui dishub agar tidak ada mobilisasi masa.

Masyarakat diminta mematuhi imbauan ini agar dipatuhi. Masyarakat agar merayakan Idul Fitri di wilayah kabupaten kota masing masing. “Silaturahmi bisa secara online,” kata Rohidin.

Kepolisian Daerah Bengkulu juga mendukung program pemerintah pusat dan program pemerintah daerah.

“Yang harus dilakukan para kapolres saya perintahkan kapolres bantu pemerintah untuk sosialisasi. Kita punya sarana dan prasarana yang cukup, kita punya bhabinkamtibmas kerjasama dengan babinsa untuk mensosialisasikan apa yang disampaikan gubernur tadi,” ujar Kapolda Bengkulu Brigjen Teguh Sarono.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Resmi, Jokowi Tetapkan 14 Februari 2024 sebagai Hari Libur Nasional

Resmi, Jokowi Tetapkan 14 Februari 2024 sebagai Hari Libur Nasional

Hari pemungutan suara pemilihan umum (2024 ditetapkan sebagai hari libur nasional

Baca Selengkapnya
Jokowi Naikkan Tunjangan Bawaslu 2 Hari Jelang Pemilu 2024, Ini Daftarnya

Jokowi Naikkan Tunjangan Bawaslu 2 Hari Jelang Pemilu 2024, Ini Daftarnya

Kebijakan ini diresmikan Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2024

Baca Selengkapnya
Ditanya Nama Ibu Kota Negara Baru, Jawaban Ibu-ibu di Banyuwangi Ini Bikin Jokowi Ngakak sampai Sakit Perut

Ditanya Nama Ibu Kota Negara Baru, Jawaban Ibu-ibu di Banyuwangi Ini Bikin Jokowi Ngakak sampai Sakit Perut

Jokowi yang tak tahan membendung tawa akhirnya langsung meminta Tari mengambil sepedanya saja.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jokowi Minta Mendikbud Naikkan Anggaran Riset: Pasti Dilanjutkan Presiden Berikutnya dan Tak Berani Potong

Jokowi Minta Mendikbud Naikkan Anggaran Riset: Pasti Dilanjutkan Presiden Berikutnya dan Tak Berani Potong

Jokowi mengatakan anggaran itu akan dipakai untuk mendukung riset di semua perguruan tinggi.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tips Anak Kos Dapat Makan Gratis dengan Elegan

BUNGKUS! Tips Anak Kos Dapat Makan Gratis dengan Elegan

Sahabat Dream, buat kalian yang anak kost atau lagi tanggal tua, bisa banget ikutin tips ini biar kamu bisa makan gratis. Yuk Simak!

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

Dream - Sahabat Dream biar tambah terlihat kece saat gunakan sweater, bisa banget lho ikutin tips ini. Yuk simak!

Baca Selengkapnya