Wali Kota Bengkulu Dorong Masyarakat Terlibat Wujudkan Ketahanan Pangan

News | Jumat, 29 Mei 2020 19:39
Wali Kota Bengkulu Dorong Masyarakat Terlibat Wujudkan Ketahanan Pangan

Reporter : Ahmad Baiquni

Helmi Hasan mengajak masyarakat menanam tanaman produktif di pekarangan rumah.

Dream - Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan, mendorong keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Ajakan tersebut disampaikan melalui gerakan 'Ayo Menanam'.

" Ayo adik sanak Kota Bengkulu dalam menghadapi wabah Covid-19 mari kita lakukan kegiatan-kegiatan positif yang memberi manfaat salah satunya dengan melakukan gerakan 'Ayo Menanam” dengan menanam tanaman yang produktif guna mengantisipasi ketahanan pangan kita," ujar Helmi.

Helmi menjelaskan masyarakat dapat berpartisipasi dalam gerakan ini dengan menanam tanaman produktif memanfaatkan pekarangan rumah. Seperti menanam pisang, singkong, ubi jalar, sayur-sayuran, pepaya, jagung, kacang tanah dan lainnya.

" Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut andil dengan menanam tanaman yang produktif yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan antisipasi ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19," kata dia.

Sebelumnya, Helmi mengimbau masyarakat Kota Bengkulu mulai menanam produktif di pekarangan rumah.

Untuk menyukseskan gerakan 'Ayo Menanam', Pemkot menjalin kerja sama dengan Lanal Bengkulu dan Kodim 0407.

Sumber: Media Center Kota Bengkulu

2 dari 6 halaman

Pemkot Bengkulu Segera Terapkan New Normal

Dream - Pemerintah Kota Bengkulu bakal menerapkan new normal pandemi Covid-19 dalam waktu dekat. Keputusan ini dihasilkan setelah rapat koordinasi antara jajaran Pemkot Bengkulu dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Menindaklanjuti rakor tersebut, Pemkot Bengkulu segera menggelar rapat internal dengan Tim Percepatan Pembangunan Kota Bengkulu pada Kamis, 28 Mei 2020. Rapat tersebut melibatkan Sekretaris Daerah, Kadis Kesehatan, BPBD, Dinas Pertanian, dan PUPR..

Selain membahas rencana penerapan new normal, rapat internal tersebut juga membicarakan implementasi Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440-830 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Coronavirus Disease 2019.

" Arahan atau kesimpulan dari rapat tadi pagi, kita menindaklanjuti arahan Menteri PPN seperti memberlakukan new normal untuk menjadi tanggung jawab masyarakat, bisnis atau dunia usaha serta peran pemerintah baik pusat dan daerah," ujar Kepala Bapelitbang Kota Bengkulu, Firman Romzi.

Firman mengatakan dalam waktu dekat, Sesda Kota Bengkulu akan menggelar rapat lanjutan dengan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) membahas persiapan new normal. Saat new normal berlaku, tanggung jawab akan dibagi kepada masyarakat, pelaku usaha, serta pemerintah.

Menurut Firman, masyarakat bertanggung jawab menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian. Seperti memakai masker, membawa hand sanitizer, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pembatasan fisik, pelaporan kasus mandiri dan peran komunitas.

Pelaku usaha bertanggung jawab dengan membentuk tim kebersihan khusus, pemeriksaan suhu tubuh, menyediakan fasilitas cuci tangan di area publik.

Sedangkan tanggung jawab pemerintah yaitu penerapan skema paid sick-leave, penanganan pelaporan kasus (tracking dan tracing), pembentukan tim kebersihan khusus, penyediaan fasilitas tes mandiri tersertifikasi serta melakukan kampanye publik.

Sumber: Media Center Kota Bengkulu

3 dari 6 halaman

Wali Kota Bengkulu Instruksikan Perpanjangan Belajar dari Rumah Sampai 27 Juni

Dream - Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan, menginstruksikan perpanjangan masa belajar dari rumah untuk para siswa semua tingkatan serta mahasiswa hingga 27 Juni 2020.

Instruksi itu termuat dalam surat Nomor 800/753/I.D.DIK/2020 tentang masa belajar di rumah bagi peserta didik PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA dan Lembaga Pendidikan Non Formal serta Perguruan Tinggi di Kota Bengkulu.

Surat Edaran itu menggantikan instruksi sebelumnya Nomor 800/628/I.D.DIK/2020. Pertimbangannya, angka kasus positif Covid-19 yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Helmi Hasan menginstruksikan enam instruksi kepada masyarakat. Pertama, mengimbau institusi pendidikan mulai dari PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs baik negeri maupun swasta untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah.

Kedua, hasil evaluasi belajar baik dalam bentuk pembagian rapor maupun kelulusan siswa dilaksanakan melalui sistem dalam jaringan (daring/online).

Ketiga, institusi pendidikan SMA/SMK/MA serta lembaga non-formal serta perguruan tinggi diimbau melaksanakan program pembelajaran daring menyesuaikan ketentuan yang diatur Pemerintah Provinsi maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Imbauan keempat, para guru dan tenaga kependidikan melakukan pemantauan kegiatan peserta didik. Hasil evaluasi terhadap para peserta didik disampaikan secara daring.

" Pelaksanaan poin 1 di atas diperpanjang sampai dengan tanggal 27 Juni 2020," demikian bunyi instruksi kelima.

Sedangkan semua hal yang bersifat teknis diatur lebih lanjut oleh Dinas Pendidikan Kota Bengkulu.

Sumber: Media Center Pemkot Bengkulu

4 dari 6 halaman

Cerita di Balik Program Unik 'Cari Jodoh' Pemkot Bengkulu

Dream - Pemerintah Kota Bengkulu membuat program unik bernama Harapan dan Doa Sakinah Mawadda Warrahma (HD Samawa). Program ini akan mencarikan jodoh secara gratis untuk warganya yang ingin segera menikah.

" Program HD Samawa ini dibuat karena adanya masukan dari masyarakat yang belum mendapatkan jodoh. Program ini akan dikelola oleh pihak Kelurahan, sistemnya kelurahan akan mendata ada berapa warganya yang bujangan, gadis, janda ataupun duda," kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan saat berbincang dengan Merdeka.com, Rabu 20 Mei 2020.

 Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan© Merdeka.com

Helmi menjelasakan, program HD Samawa lahir dari curhatan seorang duda yang menagih janji pada Wali Kota Helmi Hasan soal visinya yang ingin membahagiakan warganya.

Kisah bermula saat Helmi, Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi beserta para pejabat lainnya menghadiri program 1.000 nampan di Masjid Agung At Taqwa Kota Bengkulu.

" Digelar setiap Jumat. Yang masak pemerintah yang melayani nanti para pejabatnya. Jadi para pejabatnya bawa nampan gitu ke masjid, masyarakat duduk. Nah kita makan bersama-sama," tutur Helmi.

5 dari 6 halaman

Curhatan Duda

" Saya kadang makan dengan penyapu jalan, dengan anak yatim. Wakil Wali Kota juga begitu, semuanya makan berbaur. Nah ketika makan itu masyarakat mengeluh mereka menyampaikan keluh kesahnya. Kemudian aspirasi itu kita angkat" .

 Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan© Merdeka.com

Kata Helmi, saat itu pria yang makan satu nampan dengannya mengeluh. Pria berusia sekitar 50 tahun itu mengaku hidupnya tidak bahagia.

" Bagaimana saya bahagia, saya makan sendiri, tidur sendiri, tertawa sendiri," ujar pria itu kepada Helmi.

Kepada Wali Kota Helmi, pria tersebut mengaku istrinya sudah lama meninggal dunia. Dia pun ingin menikah lagi dan minta Pemkot memfasilitasi.

" Dari situ kita buatkan program HD Samawa yaitu Harapan dan Doa agar Sakinah Mawadda Warrahma. Jadi siapa yang jomblo jomblo, duda duda, atau janda, gadis yang ingin menikah nanti kita carikan calonnya," ujar Helmi.

 

 

 

6 dari 6 halaman

Agar Tidak Salah Pilih

Menurut Helmi dengan Program HD Samawa, diharapkan pasangan yang dicarikan oleh Pemkot Bengkulu benar-benar sesuai kriteria yang dinginkan. Dengan demikian rumah tangga yang nanti terbangun akan berlangsung harmonis.

 Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan© Merdeka.com

" Jadi orang yang ingin mencari jodoh, janda duda atau gadis itu tidak salah pilih begitu. Kalau dia nyari melalui media media sosial dan internet kadang-kadang foto-fotonya cantik mukanya tirus pas ketemu kok seperti lapangan bola," ujar Helmi.

Selain program HD Samawa, Pemkot Bengkulu juga melarang ASN untuk cerai. Jika ada ASN yang ngotot ingin cerai maka akan dimediasi.

" Kita mediasi, karena persoalan utama kadang hanya soal teknis, misalnya pekerjaan atau makanan. Lalu kita mediasi, alhamdulillah dengan mediasi banyak cerita yang tadinya mau cerai batal cerai. Kita sudah banyak menyelamatkan rumah tangga orang," ucap Helmi.

Join Dream.co.id