Waktu Imsak Terakhir Ramadan dan Tata Cara Sholat Idul Fitri

News | Kamis, 14 Juni 2018 04:00
Waktu Imsak Terakhir Ramadan dan Tata Cara Sholat Idul Fitri

Reporter : Ahmad Baiquni

Sholat Idul Fitri merupakan pembuka bagi Hari Raya umat Islam.

Dream - Sahabat Dream, insya Allah hari ini adalah waktu sahur terakhir di bulan Ramadan. Saat terbit fajar hari esok, kita merayakan Idul Fitri.

Hari Raya umat Islam itu dibuka dengan syariat Sholat Id. Sholat ini diselenggarakan pagi hari mulai ketika matahari sudah setinggi satu tombak, sekitar 2 meter.

Sholat ini terdiri dari dua rakaat. Secara umum, sholat Id tidak berbeda dengan sholat sunah biasa.

Perbedaan terletak pada takbir di setiap rakaat. Pada sholat Id, rakaat pertama diisi dengan tujuh kali takbir dan lima kali takbir di rakaat kedua.

Sholat ini juga menggunakan khutbah seperti sholat Jumat. Bedanya, khutbah sholat Id dilaksanakan usai sholat, sedangkan khotbah Jumatan dilaksanakan sebelum sholat.

Banyak sunah yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW sebelum sholat Id. beberapa di antara seperti mandi, memakai pakaian terbaik, wangi-wangian, makan pagi, bertakbir menuju tempat sholat.

Sahabat Dream, setelah menjalani ibadah penuh selama Ramadan, sebisa mungkin kita mampu mempertahankan kualitasnya. Akan lebih baik jika kita mampu meningkatkan amalan soleh di bulan Syawal.

Sahabat Dream, berikut jadwal imsak terakhir untuk Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Untuk daerah lain, dapat disimak pada tautan ini.

Waktu Imsak Jakarta

 Jadwal imsakiyah Jakarta

Waktu Imsak Bandung

 Jadwal imsakiyah bandung 2

Waktu Imsak Surabaya

 Jadwal imsakiyah surabaya 2

Waktu Imsak Medan

 Jadwal imsakiyah medan 2

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id