Fakta Video Viral Digetok Warung Pinggir Jalan Seporsi Rp700 Ribu

News | Kamis, 30 Mei 2019 10:00
Fakta Video Viral Digetok Warung Pinggir Jalan Seporsi Rp700 Ribu

Reporter : Maulana Kautsar

Berawal dari Youtube, beredar di Facebook

Dream - Media sosial diramaikan dengan beredarnya video masakan kaki lima yang berharga hingga ratusan ribu. Peristiwa itu beredar di grup Facebook, Komunitas Warga Tegal.

Video itu awalnya dibagikan oleh akun Facebook, Rian Supriyatna, ke grup Facebook, Berita Tegal. Akun tersebut hanya menuliskan `warung makan yang sedang viral`. Dia menulis, sumber video itu berasal dari Youtube.

Video ini kemudian diunggah ulang oleh akun Tijee Uyee Selalu di grup Komunitas Warga Tegal. " Ikut viralkan, harga bintang lima rasa kaki lima, lesehan jaman now," tulis si pemilik akun.

Sebanyak 408 komentar mengisi unggahan itu.

 Video lama yang diunggah, seolah-olah baru saja terjadi

Video lama yang diunggah, seolah-olah baru saja terjadi

 

2 dari 3 halaman

Muncul di Akun Instagram Resmi

Video itu kemudian diunggah oleh akun Instagram Tribun Video. Akun bercentang biru tersebut menjelaskan kasus yang viral dan ramai terjadi tersebut.

"Dalam postingan tersebut disebutkan yang bersangkutan membeli 1 piring nasi, 1 porsi cah kangkung, dan 1 porsi cumi. Ia terkejut ketika pedagang meminta bayaran sebesar Rp220 ribu saat selesai makan," tulis akun Tribun_Video, Selasa 29 Mei 2019.

Informasi tersebut memang muncul di video. Dalam percakapan terjadi obrolan soal kebingungan pembeli soal harga yang dipatok penjual.

      View this post on Instagram

Viral Warung Seafood Kaki Lima Berharga 'Galak' di Tegal, Pembeli Tanyakan Nota dan Harga per Porsi TRIBUN-VIDEO - Sebuah postingan perihal pengalaman seorang pembeli di warung seafood kaki lima viral di media sosial. Postingan tersebut salah satunya diunggah akun Facebook Tijee Uyee Slalu pada Senin (27/5/2019). Postingan viral tersebut berisi keluhan seorang pembeli atas harga makanan yang dipesannya di sebuah warung seafood kali lima. Dalam postingan tersebut disebutkan yang bersangktuan membeli 1 piring nasi, 1 porsi cah kangkung, dan 1 porsi cumi. Ia terkejut ketika pedagang meminta bayaran sebasar Rp220 ribu saat selesai makan. Harga tersebut dinilai terlalu mahal untuk menu dan porsi yang telah dipesan. Sementara pembeli lain yang memesan 1 porsi kepiting, 1 porsi cumi, 1 porsi udang, 1 piring nasi, dan 2 gelas es teh dimintai bayaran sebesar Rp700 ribu. Pembeli yang merasa terkejut pun berusaha meminta penjelasan kepada sang pedagang. Karena masih tak percaya, bahwa mereka menanyakan harga cumi hingga mentah per kilonya. "Cumi emang sekilonya berapa sih?, itu kan gaada sekilo cuminya," ujar pembeli. "Sekilonya cumi 110, ya 85. kalo porsi kecil ya kecil mas, tapi ini porsi besar mas," jawab pedagang. "Ya kecil besar sama aja ya kira-kira aja, satu porsi gaada sekilo," ujar pembeli. Pembeli pun meminta nota untuk mengetahui harga makanan per porsi, namun sang pedagang mengaku tak memiliki nota. Mereka meminta nota karena tak tercantum harga pada pilihan menu. Selain itu, mereka hanya menerima harga total seluruh pesanan, bukann harga per menu yang dipesan. "Saya minta notanya bisa nggak?" pinta pembeli. "Ga punya nota mas," jawab pedagang. Postingan tersebut pun viral. Postingan itu viral karena banyak netizen yang menilai bahwa harga yang diberikan pedagang memang terlalu mahal. Terlebih hal tersebut terjadi di warung kaki lima, bukan restoran. Terkait kasus tersebut, banyak netizen yang mengingatkan untuk menanyakan harga sebelum membeli jika menemukan warung yang tak menyantumkan harga di menu makanan.(Tribun-Video/Alfin Wahyu Yulianto)

A post shared by Tribun-Video.com Official (@tribun_video) on

3 dari 3 halaman

Sumber Video Lama

Tetapi, dalam kabar tersebut, tidak tercantum waktu peristiwa terjadi.

Berdasarkan penelusuran Dream, video tersebut sudah terunggah di kanal berbagi video Youtube sejak 2017. Judulnya, Viral Pedgang curng/nakal di warung lamongan indah bu ani di seblah barat kantor kec slawi lesehan.

Video tersebut diunggah akun Agus Saputra pada 8 Oktober 2017. Akun tersebut mencantumkan keterangan, " Kepada warga Slawi maupun pendatang jangan pernah beli di sini."

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id