Viral Surat Suara Pilpres Telah Tercoblos di Malaysia

News | Kamis, 11 April 2019 20:25
Viral Surat Suara Pilpres Telah Tercoblos di Malaysia

Reporter : Maulana Kautsar

KPU dan Polisi akan cek kebenaran surat suara itu.

Dream - Video berdurasi satu menit yang berisi informasi paket surat suara pemilihan umum Indonesia yang sudah tercoblos di Selangor, Malaysia, viral di media sosial. Informasi yang berkembang, surat suara itu ditemukan pengawas pemilu di Malaysia.

Temuan surat suara tercoblos itu mengarah ke paslon presiden dan wakil presiden nomor urut tertentu. Selain itu, ada pula surat suara yang tercoblos untuk caleg DPR asal partai tertentu.

" Benar, Panwaslu Kuala Lumpur sebagai penemu dan kami well informed. Kami meminta KPU melakukan evaluasi kinerja. Sebab, terbukti PPLN tidak melaksanakan tugas dengan benar," kata anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 11 April 2019.

Sementara, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra, mengatakan, akan mendalami video tersebut. " Kami sedang cek kebenarannya dan kejadian persisnya ke Pokja panitia pemilihan luar negeri (PPLN)," kata Ilham.

2 dari 2 halaman

Polri Turun Tangan

Rencananya Polri akan turun tangan menangani kasus ini. Penelusuran Polri dilakukan dengan menghubungi liaison officer (LO) kepolisian di Kuala Lumpur dan Selangor.

" Kepolisian sudah mengonfirmasi kepada liaison officer di Kuala Lumpur, langsung mengecek LO di Selangor, apakah video yang viral tersebut benar atau tidak," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo.

Polisi meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi atas video yang muncul tersebut. " Masyarakat diimbau tidak mudah percaya terhadap video tersebut, tunggu pihak-pihak terkait merilis hasil penyelidikan atau pemeriksaan resmi," kata Dedi.

Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark
Join Dream.co.id