Citilink Beber Kronologis Penumpang Gelap Diduga Sakit Jiwa Masuk Pesawat

News | Rabu, 12 Agustus 2020 19:00
Citilink Beber Kronologis Penumpang Gelap Diduga Sakit Jiwa Masuk Pesawat

Reporter : Ahmad Baiquni

Insiden ini terjadi di Bandara Radin Inten II Lampung.

Dream - Video pria diduga sakit jiwa masuk pesawat di Bandara Radin Inten II Lampung viral di dunia maya. Pria tersebut kemudian dipaksa keluar oleh petugas avian security (avsec).

Terlihat dalam video, pesawat yang dimasuki pria tersebut milik maskapai penerbangan Citilink. Pesawat ATR tersebut terparkir di apron Bandara Radin Inten II.

Vice President Corporate Secretary & CSR Citilink, Resty Kusandarina, memberikan klarifikasi atas kejadian tersebut. Dia menegaskan orang yang diamankan dalam insiden tersebut bukanlah penumpang Citilink.

" Bahwa orang yang masuk ke dalam pesawat Citilink bukan merupakan penumpang kami, melainkan orang yang tidak dikenal dan tanpa sepengetahuan dan seizin pihak keamanan Bandara Radin Inten II," ujar Resty melalui keterangan tertulis diterima Dream, Rabu 12 Agustus 2020.

 

 

2 dari 5 halaman

Kronologis Penumpang Masuk Pesawat

Menurut Resty, saat kejadian berlangsung pesawat dalam keadaan terparkir dan bermalam di Bandara Radin Inten II. Sehingga pesawat tersebut tidak terisi penumpang.

Sedangkan pria yang diduga sakit jiwa tersebut ditemukan dan ditangani oleh otoritas keamanan Bandara Radin Inten II.

" Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Bandara Radin Inten II yang telah menangani permasalahan ini dengan cepat sehingga pesawat Citilink dapat kembali beroperasi sesuai dengan jadwal setelah dipastikan tidak ada kerusakan atau hal-hal yang menyangkut keselamatan dan keamanan penerbangan," ata Resty.

" Citilink senantiasa mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan dalam setiap penerbangannya," ucap dia melanjutkan.

Sementara, Executive General Manager Bandara Radin Inten II Lampung, M Hendra Iriawan, mengatakan pihaknya selalu meningkatkan pengawasan terhadap prosedur keamanan bandara. Juga memperketat aspek keamanan.

3 dari 5 halaman

Viral Pria Diduga Sakit Jiwa Masuk Pesawat, Dikeluarkan Paksa Petugas

Dream - Sebuah video penumpang dan petugas Bandara tengah viral di media sosial. Pemicunya, seorang pria diduga mengalami sakit jiwa masuk ke dalam pesawat.

Akun Instagram @aviatren mengunggah video pengamanan orang diduga sakit jiwa tersebut. Mereka terlihat menggotong orang itu dan berusaha mengeluarkannya dari dalam pesawat.

Peristiwa itu disebutkan terjadi di Bandara Radin Inten II Lampung. Petugas memaksa agar orang tersebut keluar pesawat ATR lewat pintu belakang dengan cara menggotongnya.

Terlihat seorang petugas avian security (avsec) berhati-hati menuruni tangga dengan berjalan mundur dan memegang kaki orang sakit jiwa tersebut. Sementara petugas lainnya terlihat memegangi orang tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Beberapa saat kemudian, petugas yang berjalan mundur loncat dari tangga pesawat. Dia menarik kaki orang sakit jiwa tersebut sampai keluar pesawat.

Sejumlah petugas lainnya juga melemparkan orang tersebut. Alhasil, si sakit jiwa itu terjatuh di apron bandara dalam posisi terlentang dan bagian tubuh belakangnya terbentur aspal.

Kemudian, petugas langsung memegangi tangan dan kaki pria tersebut. Mereka lalu membawanya keluar dari apron.

 

5 dari 5 halaman

Warganet bereaksi mengecam aksi para petugas tersebut. Banyak yang menyebut mereka tidak manusiawi meski kepada penderita sakit jiwa.

"Kok bisa masuk ini ceritanya gimana ? Disayangkan juga sih kalau di perlakukan seperti itu. Mau bagaimanapun dia. Masih tetap manusia," tulis salah satu warganet.

"Ketahuan banget petugas nya mungkin dia sering lempar-lempar koper penumpang jadi kebiasaan, orang gila pun di lempar juga," tulis warganet lain.

"Emangnya harus yak dilempar begitu? Jawab dong min," tulis warganet.

      Lihat postingan ini di Instagram

Petugas Avsec menangani Orang dengan gangguan jiwa yang masuk bandara TKG, ngacak-ngacak ATR Wings dan Citilink. Kok bisa ya masuk airside ????

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aviatren.com (@aviatren) pada 11 Agu 2020 jam 8:41 PDT

Join Dream.co.id