Viral Foto Perusuh AS Bertato Peta Indonesia di Lengan

News | Senin, 1 Juni 2020 15:30
Viral Foto Perusuh AS Bertato Peta Indonesia di Lengan

Reporter : Syahid Latif

Pemuda yang mengaku warga naturalisasi AS yang lahir di Jawa itu menyampaikan permintaan maaf kepada komunitas Indonesia di Philadelphia

Dream - Media sosial Indonesia tengah viral dengan kemunculan sebuah foto perusuh yang tengah melempar gedung dalam asksi demonstrasi yang berujung pengrusakan di Amerika Serikat. Kerusuhan massal yang diikuti penjarahan di AS muncul setelah kasus kematian pria Afrika-Amerika, George Floyd oleh seorang polisi.

Foto perusuh itu jadi perhatian karena tato di lengan pemuda itu dengan jelas memperlihatkan gambar peta Indonesia.

Dalam foto yang beredar terlihat pria yang mengenakan topi putih tengah berusaha melepas sesuatu ke depan sebuah gedung. Saat foto diperbesar, lengan pria tersebut tampak jelas bergambarkan peta Indonesia.

Sosok pria tersebut terungkap setelah akun dengan nama @rainsfordthegreat mengaku sebagai pemuda dalam foto tersebut.

Pemilik akun tersebut menyadari jika fotonya tersebut telah beredar di media sosial dalam beberapa jam terakhir.

" Jika Anda mengenal saya secara pribadi, Anda akan tahu bahwa apa yang diwakili di sana (foto,red) sangat berbeda dengan saya," tulis pemilik akun tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Awalnya Mau Bersepeda

Si pemuda menceritakan jika kejadian itu berlangsung saat dia hendak bersepeda dan melintasi kawasan Center City. Tepat di lokasi tersebut terjadi aksi protes.

Terjebak dalam situasi tersebut, si pemuda mengatakan awalnya dia memang tak berniat ikut dalam aksi demonstrasi yang berakhir ricuh tersebut.

" Pada awalnya, saya hanya ingin mendokumentasikan cerita Instagram saya tentang apa yang saya lihat untuk mereka yang ada di rumah," ujarnya.

Namun terdorong oleh amarah massa akan kasus kematian George Floyd serta emosi di dalam dirinya sendiri, pemuda itu ikut larut dalam aksi tersebut. Diakuinya, jika dia turut merasakan ketidakadilan rasial yang sering diarahkan pada orang kulit berwarna, termasuk dirinya sendiri. " Emosi ini sangat dalam," tulisnya.

Menyadari tindakan pengrusakan yang dilakukannya salah, si pemuda mengaku menyesal telah melampiaskan kemarahan tersebut. Dia masih menganggap aksi demonstrasi tidak sama dengan pengrusakan.

 

3 dari 5 halaman

Bukan WNI, Minta Maaf ke Komunitas Indonesia

Akun @rainsfordthegreet pun menyampaikan permintaan maaf dengan tindakannya tersebut. Tak lupa pemuda ini juga menyampaikan maaf secara khusus kepada komunitas Indonesia yang berada di Philadelphia.

Permintaan maaf itu disampaikan karena tato di lengannya dengan jelas menunjukkan peta pulau-pulau di Indonesia. Pemilik akun ini mengaku jika dirinya adalah warga naturalisasi yang lahir di Pula Jawa.

" Saya juga ingin meminta maaf kepada masyarakat Indonesia di Philadelphia," tulisnya.

Menyadari tindakan kelirunya tersebut, si pemuda itu mengakui kebodohannya dengan mengunggah foto selfie berupa posenya memegang sepatu sampai ke telinga saya di instastorynya.

 

4 dari 5 halaman

Siap Bertanggung Jawab

Dia juga menegaskan tidak ikut menjarah dan membawa pulang apa pun dari aksi demonstrasi yang berakhir ricuh tersebut.

" Jalanan dipenuhi dengan pakaian dan sepatu dan saya pikir itu akan menekankan jumlah penjarahan yang terjadi jika saya berpose dengan mereka dengan cara ini."

" Saya sekarang menyesal memposting foto-foto itu. Sekali lagi, saya meminta maaf kepada semua komunitas yang telah terkena dampak negatif dan malu. Saya bersedia bertanggung jawab penuh atas tindakan saya. Saya telah belajar banyak dari kejadian ini."

 

5 dari 5 halaman

Unggahan Lengkapnya

 Pemuda bertator peta Indonesia© Instagram @rainsfordthegreat

Kamu bisa melihat unggahan lengkap pemuda peserta aksi demonstrasi itu di akun Instagram ini @rainsfordthegreat. 

Join Dream.co.id