Dilaporkan ke Polisi, Ini Klarifikasi Ustaz Abdul Somad Soal Ceramah Salib

News | Senin, 19 Agustus 2019 12:02
Dilaporkan ke Polisi, Ini Klarifikasi Ustaz Abdul Somad Soal Ceramah Salib

Reporter : Ahmad Baiquni

Ceramah UAS dinilai telah meresahkan masyarakat.

Dream - Ustaz Abdul Somad (UAS) kembali menjadi sorotan setelah salah satu ceramahnya viral di media sosial. Ceramah itu membahas mengenai salib dan jin kafir yang ada di dalamnya.

Petikan video itu viral setelah diunggah di Twitter akun @P3nj3l4j4h. Dalam video tersebut, UAS mendapat pertanyaan dari jemaah lewat secarik kertas, mengenai perasaan bergetar ketika melihat salib.

UAS menyebut ada jin dalam patung salib. Dia juga mengingatkan jin kafir memang ada di setiap patung sehingga umat Islam tidak dianjurkan menyimpan patung.

 UAS

Video itu diunggah pada 16 Agustus 2019 dan sudah diputar sebanyak 818 ribu kali. Pengunggahan video tersebut langsung menimbulkan polemik.

 

2 dari 6 halaman

Laporan ke Polisi

Bahkan muncul kabar UAS dilaporkan oleh salah satu ormas, Brigade Meo Nusa Tenggara Timur ke polisi. Mereka menilai ceramah UAS membuat resah masyarakat dan menyinggung umat Kristen.

" Kami sangat menyesalkan apa yang dikatakan Ustaz Abdul Somad dalam video itu, yang kami laporkan adalah Ustaz Abdul Somad sebagai pribadi, tak ada kaitannya dengan Umat Muslim," kata angota Brigade Meo, Jemmy Ndeo, dikutip dari corpsnews.com.

Sejumlah tokoh Nasrani turut menyesalkan ceramah itu. Namun mereka meminta umat Nasrani tidak terpancing oleh video itu.

Salah satunya dari pemuka Katolik, Antonius Benny Susetyo. Dia mengimbau umatnya tidak risau dengan video tersebut.

 

3 dari 6 halaman

Klarifikasi UAS

Setelah video itu ramai, UAS memberikan klarifikasi. Pernyataan UAS ditayangkan dalam channel YouTube FSRMM TV.

" Saya sedang dilaporkan ke Polda Nusa Tenggara Timur karena dianggap penistaan agama. Sudah baca beritanya," ujar UAS kepada jemaah Masjid At Taqwa, Simpang Kelayang, Pekanbaru, Riau.

Dalam video klarifikasi itu, UAS menerangkan ceramahnya mengenai salib dan jin kafir disampaikannya dalam pengajian tiga tahun lalu. Dia mengatakan hal itu berlangsung dalam sesi tanya jawab tertutup usai ceramah rutin.

" Pertama itu saya menjawab pertanyaan bukan saya membuat-buat untuk merusak hubungan, ini perlu dipahami dengan baik," kata UAS.

Kemudian, UAS mengatakan ceramah itu disampaikan dalan forum tertutup dan terbatas. Bukan di lapangan, stadion maupun siaran televisi.

" Tapi untuk intern umat Islam menjelas pertanyaan tentang patung dan tentang kedudukan Nabi Isa AS untuk orang Islam dalam Alquran dan Sunah Nabi SAW," kata dia.

Dia juga menjelaskan materi itu tersampaikan tiga tahun lalu dalam kajian Subuh di Masjid An Nur. Dia juga mengaku heran mengapa baru diramaikan sekarang.

" Kenapa diviralkan sekarang? kenapa dituntut sekarang saya serahkan kepada Allah SWT. Sebagai warga yang baik saya tidak akan lari, saya tidak akan mengadu, saya tidak akan takut karena saya tidak merasa salah dan saya tidak pula ingin merusak persatuan dan kesatuan bangsa," kata dia.

 

4 dari 6 halaman

Deddy Corbuzier Ikut Komentar

Viralnya video UAS membuat Deddy Corbuzier berkomentar. Dia mengingatkan dasar negara Indonesia adalah Pancasila/

" Ingat, negara kita PANCASILA.. jangan munafik ketika teriak teriak 'Jangan pakai barang buatan kafir" ... Tapi teriaknya di microphone buatan Cina.."

Dia membuat beberapa cuitan atas video tersebut. Di cuitan terbarunya, Deddy mengajak umat Islam untuk menunjukkan indahnya Islam dengan tidak menjelekkan agama lain.

5 dari 6 halaman

Akhirnya Terungkap Alasan Akun Instagram Ustaz Abdul Somad Menghilang

Dream - Alasan menghilangnya akun Instagram pendakwah Ustaz Abdul Somad (UAS) mendapat kejelasan. Dalam video yang diunggah selebritis Dimas Seto @dimasset_1, UAS menceritakan pengakuan mengejutkan. .

Abdul Somad yang tampil mengenakan kemeja putih, UAS menegaskan akun Instagram pribadinya dengan laman @ustadzabdulsomad sengaja dimatikan.

"Saya menyatakan bahwa akun IG saya yang lama atas keinginan pribadi saya dihapus," kata Abdul, Kamis, 27 Juni 2019.

      View this post on Instagram

Bismillah, semoga tdk menimbulkan kesalah pahaman, ig baru UAS masih dalam proses peralihan harap bersabarya, yg baru alamat ig nya @ustadzabdulsomad_official

A post shared by DimasSeto (@dimasseto_1) on

Abdul mengatakan dia memang sengaja ingin mengganti dengan Instagram yang baru.

"Dan peralihan ke akun pribadi yang baru ini tidak terkait kondisi apapun.
Semoga semua pihak dapat memaklumi," ucap dia.

6 dari 6 halaman

Disebut Syahid, Akun Instagram Ustaz Abdul Somad Tak Bisa Diakses

Dream - Kabar heboh muncul dari media sosial terkait ulama kondang, Ustaz Abdul Somad. Dai Derry Sulaiman mengabarkan akun Instagram yang selama ini dipakai UAS tak bisa diakses.

Derry dalam unggahannya menyebut matinya akun instagram UAS yang memiliki alamat @ustadzabdulsomad, sebagia syahid.

" Innalillahi wa inna ilaihi raji'un... telah syahid akun instagram nya guru kita @ustadzabdulsomad hari ini, smg hanya kematian yg sementara (mati suri)....,"  tulis Derry di akunnya, @derrysulaiman, diakses pada Rabu 26 Juni 2019.

 UAS

Unggahan Derry Sulaiman (Instagram/@derrysulaiman)

Dream mencoba mengakses akun @ustadzabdulsomad yang memang sudah tidak bisa diakses. Terdapat keterangan yang menyatakan akun tersebut tidak tersedia.

" Sorry, this page isn't available. The link you followed may broken, or the page may have been removed. Go back to Instagram (Maaf, halaman ini tidak tersedia. Link yang Anda ikuti mungkin rusak, atau halaman telah dihapus. Kembalilah ke Instagram," demikian keterangan pada halaman akun tersebut.

 Akun UAS

Kondisi akun @ustadzabdulsomad kini tidak bisa diakses (Instagram)

Derry sepertinya kecewa dengan tidak bisa diaksesnya akun sahabatnya tersebut. Dia menulis kalimat sindiran ditujukan kepada pihak yang merusak akun tersebut.

" Allah kuasa menghidup kan lagi yg telah mati... Laa ilaaha illAllah... Smg Allah curahkan hidayah buat semua org yg telah mendzalimi buya... aamiiiin...," tulis Derry.

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id