Video Viral Tentara Israel Serang Palestina, Klinik Ikut Digranat

News | Kamis, 13 Mei 2021 09:49
Video Viral Tentara Israel Serang Palestina, Klinik Ikut Digranat

Reporter : Putu Monik Arindasari

Peristiwa ini bermula ketika warga Palestina berbondong-bondong datang ke Masjid Al-Aqsa untuk melaksanakan sholat Jumat terakhir di bulan Ramadhan tahun ini.

Dream - Peristiwa bentrokan terjadi di komples Masjid Al-Aqsa Jumat lalu melibatkan warga palestina dengan polisi zionis Israel. Setidaknya sekitar 200 warga Palestina serta 17 aparat keamanan Israel dilaporkan mengalami luka-luka dalam peristiwa ini.

Tentara Israel menyerang warga palestina yang sedang melaksanakan ibadah salat terawih menggunakan peluru karet dan granat keju.

Peristiwa ini bermula ketika warga Palestina berbondong-bondong datang ke Masjid Al-Aqsa untuk melaksanakan sholat Jumat terakhir di bulan Ramadhan tahun ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Eye On Palestine (@eye.on.palestine)

Setelah sholat, banyak warga memilih tetap tinggal untuk ikut aksi protes menentang pengusiran warga Palestina di wilayah yang diklaim pemukim Yahudi.

Keributan mulai terjadi selepas salat maghrib. Polisi Israel menggunakan meriam air dari kendaraan lapis baja untuk membubarkan ratusan masa. Bentrokan pun tak terhindarkan saat pemuda Palestina membalas melempari tentara Israel dengan batu dan botol kaca.

2 dari 11 halaman

Melemparkan Granat Keju

Para tentara Israel kembali menyerang dan berusaha membubarkan jamaah yang sedang melaksanakan ibadah sholat tarawih. Kericuhan sempat tak terkendali saat para tentara Israel menerobos masuk ke dalam masjid dan berusaha membubarkan jamaah.

Penyerangan Masjid Al-Aqsa
© Merdeka.com

Ratusan jamaah yang ada di dalam masjid awalnya berusaha menghalangi para tentara Israel dengan menutup pintu masjid bersama-sama. Namun, aparat tetap memaksa masuk dengan memecahkan kaca pada pintu serta menembakkan tembakan peringatan. Puluhan jamaah yang sedang melaksanakan sholat tarawih itu lalu dipaksa keluar dari masjid.

Dilansir dari video yang unggahan oleh akun instagram @eye.on.palestine, terlihat para polisi Israel terus melemparkan granat kejut untuk membubarkan massa.

Sementara itu, ratusan jamaah terlihat berlarian ke segala arah. Terdengar pula pihak pengurus masjid Al-Aqsa berusaha menenangkan suasana dengan memberikan peringatan lewat pengeras suara.

      View this post on Instagram      

A post shared by Eye On Palestine (@eye.on.palestine)

 

Pada video lain yang diunggah, terekam tentra Israel sedang melemparkan granat dan tembakan karet ke sebuah klinik.Mereka juga terlihat masuk ke dalam klinik tersebut dan menimbulkan keributan.

3 dari 11 halaman

Indonesia Sebut Israel Keji

Insiden bentrokan ini menjadi sorotan dunia internasional termasuk Indonesia. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengaku prihatin atas bentrok yang terjadi di komplek masjid Al-Aqsa, Yerusalem.

Tindakan kekerasan polisi Israel terhadap warga Palestina khususnya umat Islam saat sedang melaksanakan ibadah puasa dinilai sebagai perbuatan yang sangat keji dan bentuk pelanggaran hak asasi manusia.

" Tindakan membubarkan ribuan jamaah yang menggelar salat tarawih di masjid Al-Aqsa untuk menyambut Lailatul Qadar, malam paling suci di bulan Ramadan, adalah perbuatan yang sangat keji dan bentuk pelanggaran hak asasi manusia," ujarnya dalam pesan singkat, Minggu 9 Mei 2021.

Wamenag juga mengatakan tindakan pengusiran terhadap warga Palestina yang bermukim di kawasan Sheikh Jarrah, sebelah timur Yerusalem merupakan bentuk kesewenang-wenangan terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Dia menegaskan sikap pemerintah Indonesia atas kekerasan yang terjadi terhadap warga Palestina.

" Saya mengajak kepada seluruh umat Islam Indonesia untuk terus memberikan dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina dan mendoakan mereka, semoga Allah SWT segera menurunkan pertolongan dan memberikan keselamatan bagi warga Palestina," tuturnya.

4 dari 11 halaman

Seruan Edorgan

Sementara itu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam keras tindakan Israel. Ia menyebut Israel sebagai 'negara teroris kejam'. Pernyataan ini disampaikan dalam pidatonya di Ankara, Sabtu 9 Mei 2021.

" Israel, negara teroris kejam, menyerang warga muslim di Yerusalem--yang sekadar ingin melindungi rumahnya dan apa yang mereka yakini--dengan tindakan keji," kata Erdogan dikutip dari Channel News Asia.

Erdogan kemudian menyerukan agar semua negara terutama negara muslim bereaksi dan meminta PBB agar menghentikan serangan ini.

(Sumber: Merdeka.com)

5 dari 11 halaman

Viral Video Gadis Palestina Pukul Mundur Tentara Zionis Israel

Dream - Tentara Israel semakin beringas. Pekan lalu, polisi Israel menyerbu Masjidl Aqsa, mengusir jemaah Muslim Palestina yang sedang melakukan sholat tarawih.

Bentrokan tidak terhindarkan. Warga Muslim Palestina hanya bisa melempari polisi Israel dengan batu dan botol. Sementara, polisi Zionis membalasnya dengan geranat kejut dan bom asap.

Ratusan warga Muslim Palestina terlika. Di pihak polisi Israel, hanya segelintir yang cedera. Meski demikian, perlawanan warga Palestina tidak surut menentang aksi pendudukan negara zionis itu.

Baru-baru ini, viral seorang remaja Palestina berani memperjuangkan hak atas tempat tinggalnya.

 

 

6 dari 11 halaman

Kekejaman Tentara Zionis Isarel

Meski kebrutalan yang dilakukan zionis Israel terhadap rakyat Palestina kerap dikecam dan menjadi sorotan dunia, tak membuat mereka berhenti. Hingga kini, belum ada pihak yang berani mendorong mundur dan memberhentikan kekejaman mereka.

Menurut Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA), pada 19 Oktober 2020, otoritas Israel telah menghancurkan 568 rumah warga Palestina. Lalu bangunan lain di Tepi Barat di tahun yang sama. Termasuk di Yerusalem Timur, menyebabkan 759 orang mengungsi.

Kemudian tanggal 3 November 2020, zionis Israel menghancurkan sebagian besar rumah penduduk di Khirbet Humsah, Lembah Jordan, Palestina. Karena warganya berada di daerah yang ditetapkan sebagai " zona tembak" yang diakui milik Israel. Hal itu membuat 73 orang mengungsi, 41 di antaranya adalah anak-anak.

7 dari 11 halaman

Para Wanita Halau Tentara Zionis

 Remaja halau tentara zionis
© Instagram @viralyes

Dalam video viral yang beredar tampak seorang wanita membawa bendera Palestina tengah diseret dan didorong oleh tentara zionis Israel hingga tubuhnya tersungkur. Terlihat pula dua rekan sesama wanita korban datang menolong. Sementara seorang lagi berlari dari kejauhan melayangkan pukulan kepada tentara Israel.

Keempat gadis itu terlihat seperti menjaga wilayah tempat tinggalnya.

Tampak tentara berseragam lengkap, rompi anti peluru, dan dipersenjatai laras panjang itu menyerang warga satu per satu. Hal itu tentu tak sebanding dengan para wanita yang hanya mengenakan kaus oblong biasa.

8 dari 11 halaman

Pukul Mundur Tentara Zionis

Dokumentasi yang direkam oleh Hisham Abu Shaqrah itu memperlihatkan seorang gadis berambut panjang yang tak memiliki rasa takut. Melansir dari laman Instagram akun @viralyes, gadis itu hanya bermodalkan tangan kosong, ia mendorong tentara sekian kali.

 Gadis remaja pukul tentara mundur
© Instagram

Ia membentak sambil menunjukkan bahwa tanah yang dipijaknya adalah milik Palestina. Beberapa wanita yang tadi diadang pun sengaja berpencar supaya tentara zionis bisa menyerang satu per satu. Sementara warga lain masih berjuang bersama di sudut lain.

Hanya bermodalkan ranting kecil, ia terus saja memukulkan ranting yang patah itu kepada tentara zionis. Dia terus mengadang tentara zionis Israel yang hendak masuk ke perkampungan.

Teriakan dan keberanian wanita itu patut diteladani. Hingga akhirnya para tentara berjalan mundur menjauhi tempat mereka.

 

9 dari 11 halaman

Video

Berikut video gadis Palestina pemberani pukul mundur tentara zionis Israel

10 dari 11 halaman

Warga Israel Bersorak Kegirangan Lihat Pohon di Masjidil Aqsa Terbakar

Dream - Warga Israel di Yerusalem bersorak kegirangan, menyusul terbakarnya satu pohon di komplek Masjidil Aqsa. Peristiwa itu bersamaan dengan bentrok antara polisi Israel dengan jemaah Masjidil Aqsa yang sedang beribadah.

Sejumlah video viral di media sosial, menunjukkan puluhan warga Israel bernyanyi bersama-sama di depan tembok pembatas Masjidil Aqsa. Mereka meneriakkan yel-yel dan berlompat-lompat kegirangan.

Sementara api terlihat berkobar di balik tembok. Satu pohon mengalami kebakaran hebat.

Dikutip dari Alarabiya, seorang saksi mata mengatakan pohon tersebut terbakar akibat warga Palestina melemparkan kembang api sebagai serangan balik ke polisi Israel. Peristiwa itu terjadi pada Senin malam, 10 Mei 2021.

Bentrokan di Masjidil Aqsa terus terjadi dalam beberapa hari terakhir Ramadan. Lebih dari 200 warga Palestina terluka akibat serangan polisi Israel di luar komplek Masjidil Aqsa di Yerusalem Timur.

Insiden ini dipicu pengusiran paksa warga Palestina dari tempat tinggal mereka di Yerusalem. Ini menyusul kekalahan warga Palestina dalam sengketa di pengadilan melawan warga Israel yang melakukan pendudukan.

Sejumlah aksi perlawanan terus dilakukan warga Palestina. Mulai dari duduk diam di rumah dan mengabaikan perintah pengosongan yang dikeluarkan Israel.

11 dari 11 halaman

Ini Videonya


 
Join Dream.co.id