Video-Video Momen Mencekam Gunung Semeru Erupsi

News | Sabtu, 4 Desember 2021 18:03

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Video amatir dari masyarakat sempat merekam warga di sekitar Gunung Semeru yang merekam momen saat terjadi erupsi.

Dream - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi sore tadi sekitar pukul 15.00 WIB. Letusan gunung membuat banyak warga berhamburan dari rumah untuk menghindari debu dan awas panas yang meluncur.

" Terjadi peningkatan aktivitas gunung berapi, disertai APG. Pemantauan dan menyiagakan personel BPBD KAB. LUMAJANG," jelas Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari dikutip dari Merdeka.com.

Kabar mengenai Gunung Semeru meletus segera meramaikan lini Twitter. Tanda pagar atau hastag Semeru langsung menjadi trending topic setelah netizen mengetahui bencana alam yang sedang terjadi di Lumajang tersebut.

Salah satu netizen yang mengunggah kondisi Gunung Semeru yang meletus adalah Daryono, seorang peneliti dari BMKG. Dia mengunggah beberapa video yang memperlihatkan kondisi kepanikan masyarakat sesaat ketika Gunung Semeru memuntahkan awan panas.

 

Video-Video Momen Mencekam Gunung Semeru Erupsi
Video Kepanikan Warga Saat Gunung Semeru Erupsi (FotoL Twitter)
2 dari 4 halaman

Video Detik-Detik Awal Gunung Semeru Meletus

Salah satu unggahan Daryono memperlihatkan sebuah rekaman amatir Gunung Semeru yang baru memuntahkan abu dan awan panas. Video tersebut dengan jelas memperlihatkan kepanikan warga yang berhamburan menjauh dari lokasi.

Tampak beberapa anak-anak berlarian di sebuah jalan beraspal dengan layar belakang Gunung Semeru yang memuntahkan debu tebal.

 

 

3 dari 4 halaman

Video Gunung Semeru Membuat Gelap Dua Kecamatan

Di video lain, Daryono juga mengunggah ulang rekaman masyarakat yang memperlihatkan kondisi wilayahnya yang langsung gelap gulita. Debu yang sangat tebal membuat kondisi jalanan yang masih sore hari itu tampak gelap gulita seperti sudah malam hari.

" Beredar video keadaan pasca erupsi Semeru di Desa Sumberwuluh, Pronojiwo, Lumajang...," tulis Daryono dalam unggahannya.

 

 

4 dari 4 halaman

Video Gunung Semeru Buat Jembatan Runtuh

Sementara di unggahan berbeda, Daryono juga memposting ulang video dari masyarakat yang terkena dampak letusan Gunung Semeru.

Warga tersebut memperlihatkan sebuah jembatan yang runtuh akibat fenomena alam tersebut.

 

Join Dream.co.id