Ustaz Abdul Somad: Jangan Tonton Drama Korea

News | Sabtu, 7 September 2019 11:30
Ustaz Abdul Somad: Jangan Tonton Drama Korea

Reporter : Maulana Kautsar

"Jangan lagi ditonton sinetron-sinetron Korea-korea-an itu, rusak, nanti pas mau sakaratul datang dia ramai-ramai," kata UAS.

Dream - Ustaz Abdul Somad kembali menjadi pembicaraan warganet. Dalam potongan rekaman ceramah yang beredar di media sosial, pendakwah yang karib disapa UAS itu melarang umat Islam menonton sinetron atau drama Korea.

"Jangan lagi ditonton sinetron-sinetron Korea-korea-an itu, rusak, nanti pas mau sakaratul datang dia ramai-ramai," kata UAS, dalam video yang diakses akun @maklambeturah, Sabtu 09 September 2019.

UAS yang mengutip hadis Nabi Muhammad, `man tasyabbaha bi qowmin, fahuwa minhum` mengingatkan kepada umat Islam agar tak meniru orang kafir. Sebab, kata dia, orang yang menyukai orang kafir akan condong hatinya kepada orang kafir itu.

Alasan itulah yang dia buat dan lontarkan sebagai pengingat kepada jemaah yang hadir. Dia meminta jemaah tak menonton drama Korea.

"Apa yang selalu kita tengok, apa yang selalu kita dengar, itulah yang akan datang saat sakaratul maut nanti. Pas kita sedang (adegan sekarat) datang artis-artis Korea, Sanjay Dutt, Amitabh Bachchan," ujar dia.

2 dari 7 halaman

Reaksi Netizen

Dakwah UAS itu segera disambut tawa jemaah. Dia mengingatkan kembali ke jemaah, " Datang orang membisikkan di sebelah kuping kanan, lailahaillallah, datang dari (menggumam nada lagu India)"

Reaksi warganet yang melihat video ini pun berragam. Ada yang menyinggung asal sosok Sanjay Dutt dan Amitabh Bachchan.

" Mohon maaf, wajar karena nggak pernah nonton drakor (drama korea), jadi ngga tahu artisnya, tapi hanya mengingatkan Sanjay Dutt dan Amitabh Bachchan itu artis India, mohon maaf hanya mengingatkan," tulis seorang warganet.

" Yakali imanku remuk setelah liat drakor. Maaf saya tidak selemah itu," tulis yang lain.

3 dari 7 halaman

Ustaz Abdul Somad Sholat Hajat untuk Deddy Corbuzier

Dream - Ustaz Abdul Somad membagikan unggahan mengenai hubungannya dengan pembawa acara, Deddy Corbuzier. Dalam unggahan itu, UAS, sapaan Abdul Somad, menyebut tak pernah ada masalah dengan Deddy Corbuzier.

" UAS tidak pernah ada masalah dengan Dedy Corbuzier. Semoga kita memiliki skala prioritas untuk mencurahkan perhatian," kata UAS dalam unggahannya, diakses Senin, 26 Agustus 2019.

Pernyataan ini membantah kabar perselisihan UAS dengan Deddy. Sebab, beberapa waktu lalu, Deddy menulis cuitan mengenai lambang salib merah di ambulans.

Pernyataan itu seolah membantah dakwah UAS mengenai lambang salib yang digunakan umat Kristiani.

Selain menjelaskan `perselisihan`, UAS juga membagikan doa yang pernah dia buat untuk Deddy. Ulama asal Asahan Sumatera Utara itu pernah mendoakan Deddy Corbuzier.

" Sholat hajat dua rakaat Deddy Corbuzier masuk Islam," tulis UAS.

 

4 dari 7 halaman

Sholat Hajat

 Unggahan Ustaz Abdul Somad

Unggahan Ustaz Abdul Somad

Tulisan itu dibuat UAS pada tanggal 21 Januari 2019. Beberapa bulan sebelum Deddy mengucap syahadat, 31 Mei 2019.

" Ketika baca berita ada niat DC (Deddy Corbuzier) ingin jadi mualaf, UAS sholat sunnat hajat dua rakaat, 21 Januari 2019," ucap dia.

UAS tak hanya mendoakan Deddy. Dia juga mengirimkan buku-buku karyanya ke Deddy setelah pria plontos itu masuk Islam.

" Setelah mendapat kabar DC masuk Islam, UAS mengirimkan buku-buku karyanya tanggal 22 Juni 2019," kata dia.

5 dari 7 halaman

Disebut Sindir Ustaz Abdul Somad, Ini Jawaban Deddy Corbuzier

Dream - Deddy Corbuzier akhirnya buka suara terkait cuitannya di Twitter yang dituding menyindir Ustaz Abdul Somad. Menurut pria yang baru saja menjadi mualaf itu kicauan yang ramai dibincangkan netizen itu bukan untuk Ustaz Abdul Somad, melainkan ditujukan kepada para haters.

" Saya Mohon Maaf. Tapi Justru tweet saya tujuan nya adlh untuk MENUTUP KESEDIHAN SAYA melihat komen NETIZEN2 di sosmed saya yang tiba tiba bertanya APAKAH SAYA MENYESAL MUALAF!? SAKIT MENDENGARNYA," tulis Deddy Corbuzier dikutip Dream, Rabu 21 Agustus 2019.

Deddy mengaku mendapatkan komentar sinis setelah menjadi mualaf. Warganet, kata dia, mengaitkan dirinya dengan isi ceramah Ustaz Abdul Somad yang sedang viral.

" MRK blg : SUKUR skrg kalau LOE/ ibu LOE sakit ga bisa naik ambulance lagi gara gara lambang salib.. ga bisa pake HP lagi Krn yg buat kafir.. bla bla.. Ternyata cobaan seorang Mualaf sangat berat," tambah Deddy.

 Deddy Corbuzier Tanggapi Video Wanita Bawa Anjing Ke Masjid

Deddy Corbuzier (Adrian Utama Putra/ Kapanlagi.com)

Dalam cuitan itu, Deddy juga menggunakan nama Bambang. Banyak netizen menduga nama itu digunakan untuk menyebut Ustaz Abdul Somad. Namun menurut Deddy, nama itu dia pakai untuk menyebut para hater.

" Itulah akhirnya saya panggil woi Bambang.. (buat jawaban ke mereka! bukan untuk satu orang)," kata dia.

6 dari 7 halaman

Bukan Ditujukan ke Satu Orang

Deddy menegaskan bahwa cuitan yang viral itu bukan ditujukan ke satu orang. Dia tak akan menuliskan istilah atau perumpamaan seandainya mengomentari satu orang.

" Krn kalau tujuan nya ke satu org, tipe saya sejak dulu langsung tulis nama org nya tanpa pake perumpamaan lagi.. Kalian tahu sifat saya.. itu dia juga MAKANYA yg saya bahas di tweet HANYA masalah Ambulance dan produk buatan NON Muslim,"  kata dia.

" Krn saya yakin betul tdk ada satupun Ustad yg melarang itu (Dan Ustad yg dimaksud banyak org jelas tidak bicara tentang hal itu) Dan saya juga ga bahas masalah yg heboh skrg ttg Jin Kafir dll,"  imbuhnya.

Pria bertubuh kekar ini juga enggan menanggapi viralnya video tentang ustaz yang dianggap melecehkan agama lain.

" Kalau masalah sikap saya ttg siapapun Ustad yg bicara ttg agama lain dan jadi viral jujur saya ga mau ikutan.. kan ilmu saya masih CETEK.. Saya saja pernah janjian dgn asst beliau tuk ktm dll," tuturnya.

 deddy corbuzier

7 dari 7 halaman

Banjir Dukungan

Klarifikasi Deddy Corbuzier pun ramai dikomentari warganet. Mereka memberi dukungan dan semangat. " Semangat bro," tulis akun @thereal_rezkyadhitya.

" Belajar sabar bersama Kyai2 NU, pilihan tepat. Dan jd nahdliyin mmg hrs super sabar. Diem aja salah apalagi ngomong. Sabar mas dedy," tulis akun @nick_mama_renoa.

" Sabar Om.. Rosululloh yg terjamin mulianya aja banyak yg gak suka. Apalagi kita, yg hanya orang biasa," tulis akun @dwi_aw99.

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id