Kronologi Detik-detik Penangkapan Ustaz Maaher At-Thuwailibi

News | Kamis, 3 Desember 2020 12:46
Kronologi Detik-detik Penangkapan Ustaz Maaher At-Thuwailibi

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Sejumlah barang bukti diamankan dari lokasi penangkapan.

Dream - Bareskrim Polri menangkap Ustaz Maaher At Thuwailibi. Pria yang bernama asli Soni Ernata itu dijerat dengan dugaan kasus SARA.

" Ya benar, ditangkap oleh tim Bareskrim," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, dikutip dari humas.polri.go.id.

Menurut Argo, Ustaz Maaher ditangkap di kediamannya di Cimanggu Wates, Gg H. Ciong RT 003 / 010 Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat pada Kamis, 3 Desember 2020 pukul 04.00 WIB.

2 dari 5 halaman

Barang Bukti Diamankan

Sejumlah barang bukti diamankan dari lokasi penangkapan. Beberapa di antaranya merupakan dokumen.

" Ada empat buah handphone berbeda merek dan satu KTP," ucap Argo.

Ustaz Maaher dijerat Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pasal tersebut memuat ketentuan tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

" Saat ini sedang diperiksa di Bareskrim untuk pendalaman lebih lanjut," kata dia.

3 dari 5 halaman

Kasus SARA

Sebelumnya, ia juga dilaporkan oleh pihak Nahdlatul Ulama (NU) karena dianggap menghina Ulama NU.

Ustadz Maaher dilaporkan atas cuitan ‘cantik pakai jilbab kaya kiai Banser’ dengan memasang foto Habib Luthfi. Muannas Alaidid selaku pengacara pihak NU menyebut, cuitan Maaher At-Thuwailibi itu merupakan sebuah penghinaan.

4 dari 5 halaman

Ustaz Maher At-Thuwailibi Tulis Permintaan Maaf, Damai dengan Nikita Mirzani?

Dream - Ustaz Maher At-Thuwailibi menuliskan permohonan maaf melalui akun instagramnya. Namun unggahan Ustaz Maher At-Thuwailibi telah menghilang dan kembali diunggah akun gosip.

Dalam unggahannya, ustaz Maher meminta maaf yang sebesar-besarnya. Namun ucapan permintaan maaf dari ustaz Maher tidak dirujukan kepada siapa. Hanya saja permintaan maaf ustaz Maher diduga ditunjukan kepada Nikita Mirzani artis yang sedang berseteru dengannya.

" Intinya saya meminta maaf yang sebesar-besarnya,"  tulis ustaz Maaher dikutip dari akun gosip @maklambeturah, Rabu 18 November 2020.

5 dari 5 halaman

Unggahan tersebut langsung ramai komentar netizen. Tak sedikit netizen yang bingung permintaan maaf itu ditujukan untuk siapa, Habib Luthfi atau Nikita Mirzani.

Pasalnya ustaz Maher menghina Habib Luthfi dan Nikita Mirzani dengan menyebut kata kasar. Namun tak sedkit dari netizen yang mengingatkan tentang proses hukum untuk Ustaz Maher atas laporan dari Nikita Mirzani.

" Maaf boleh,tp hukum hrs tetap berjalan,biar gk seenak jidad menghina seorg wanita," kata akun @kulsum5559.

" Dimaafkan tapi proses hukum tetap berjalan," tulis akun @esuka_024.

" Minta maaf sm siapa?? Tangkap, proses hukum!!. Minta tolong sm junjungan yg kau bela, bisa gaak," kata akun @mamaicha123.

 

 

Terkait
Join Dream.co.id