Pengamanan Sidang Rizieq Shihab Diperketat Paska Bom Makassar

News | Selasa, 30 Maret 2021 11:00
Pengamanan Sidang Rizieq Shihab Diperketat Paska Bom Makassar

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Polisi menurunkaan sebanyak 1.194 personel gabungan untuk pengamanan sidang lanjutan Rizieq Shihab. Kali ini hakim mengabulkan permintaan Rizieq Shihab untuk menggelar sidang secara offline.

Dream - Pasca aksi teror bom bunuh diri di Gereja Katerdal Makasssar akhir pekan lalu, personel gabungan Polri diturunkan guna mengawal sidang lanjutan dugaan pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab.

Diketahui sidang lanjutan Rizieq Shihab akan berlangsung hari ini (Selasa, 30 Maret 2021) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Berbeda dengan sidang sebelumnya yang berlangsung virtual, kali ini Rizieq Shihab hadir langsung di pengadilan. 

Langkah pengetatan pengamanan disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi Liputan6.com, Selasa 30 Maret 2021.

" Ya (kita perketat) pascaitu (penangkapan terduga teroris)," ucap dia.

2 dari 5 halaman

1.194 Personel Diterjunkan

Yusri menerangkan, personel yang ditempatkan di PN Jaktim berjumlah 1.194 personel. Menurut dia, selain menyiagakan personel di lokasi, kepolisian juga memasang kawat berduri di sekitar area pengadilan.

" Sekarang kita pasang kawat barikade di situ supaya ada batasan," ujar dia.

Yusri menerangkan, pengunjung sidang Rizieq Shihab yang hadir di PN Jaktim akan diseleksi ketat. Setiap orang yang hadir di sekitar lokasi sidang akan diperiksa polisi. 

Dalam kesempatan itu, Yusri juga mengimbau kepada simpatisan untuk tidak menyaksikan sidang secara langsung di PN Jaktim.

" Sebaiknya tidak usah ke sana, nanti kita dengar saja hasilnya seperti apa," tandas dia. 

3 dari 5 halaman

Agenda Sidang

Pengadilan Negeri Jakarta Timur dijadwalkan menggelar sidang kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Bogor dengan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab. Agenda sidang kali ini yakni tanggapan JPU.

" Sidang ditunda Selasa 30 Maret 2021, untuk agenda sidang tanggapan jaksa penuntut umum terhadap keberatan yang dibacakan terdakwa maupun penasihat hukum," ujar kata Hakim Ketua Suparman Nyompa di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat 26 Maret 2021 lalu.

Diketahui, Rizieq Syihab didakwa atas tiga perkara, yaitu perkara Nomor 221/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim terkait kasus kerumunan di Petamburan.

Selanjutnya perkara dengan nomor 225/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim terkait tes usap di RS Ummi dan perkara Nomor 226/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim terkait kasus kerumunan di Megamendung.

Sumber: liputan6.com

4 dari 5 halaman

Ledakan Bom di Makassar, Ketum PGI Imbau Masyarakat Tak Resah

Dream - Bom yang meledak di Gereja Katedral Makassar pada Minggu 28 Maret 2021 menyisakan duka mendalam. Peristiwa naas ini pun menambah daftar panjang aksi kekerasan dan teror yang terjadi di nusantara.

Ketua Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Pendeta Gomar Gultom, menyampaikan duka cita yang mendalam atas insiden ini.

" Saya mengungkapkan duka cita mendalam atas ledakan bom yang terjadi di depan Katedral Makassar," ujar Gomar.

Gomar juga mengungkapkan kesedihannya atas jatuhnya korban luka pada ini. Dia mengimbau agar masyarakattetap tenang dan mempercayakan sepenuhnya penanganan masalah ini kepada aparat terkait.

" Saya menyerukan seluruh umat untuk tidak takut dan resah, tapi tetap waspada," kata Gomar.

 

5 dari 5 halaman

Minta Masyarakat Tak Sebarkan Foto dan Video Ledakan

Selain itu, dia juga meminta masyarakat untuk tak menyebar serta memposting gambar dan video tentang peristiwa ini.

Gomar juga menyayangkan bahwa peristiwa naas ini terjadi saat umat Kristen di Indonesia sedang merayakan Minggu Palmarum. Menurut dia, ini merupakan salah satu peristiwa suci dalam keyakinan Kristen yaitu masuknya Yesus ke Jerusalem mengendarai keledai betina.

Gomar menjelaskan kedatangan Yesus ke Yerusalem sedang membangun persepsi tentang diri-Nya sebagai Mesias, Raja Damai yang lemah lembut, rendah hati dan menghadirkan kehidupan. Oleh sebab itu, dia meminta masyarakat tidak terprovokasi.

" Dalam semangat kelembutan seperti itulah saya mengajak umat Kristen menghadapi peristiwa ini, seraya berdoa bagi kedamaian masyarakat kita," tambah Gomar.

 

Join Dream.co.id