Update Corona 4 Juli: Sehari 1.447 Orang Positif Covid-19, Jawa Timur Terbanyak

News | Sabtu, 4 Juli 2020 16:18
Update Corona 4 Juli: Sehari 1.447 Orang Positif Covid-19, Jawa Timur Terbanyak

Reporter : Cynthia Amanda Male

Menggantikan DKI Jakarta yang sebelumnya berstatus episentrum virus.

Dream - Terjadi penambahan kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia sebanyak 1.447 pada Sabtu, 4 Juli 2020. Adapun totalnya mencapai 62.142 kasus.

" Penambahan kasus hari ini 1.447 pasien, sehingga total konfirmasi menjadi 62.142 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto di Media Center Gugus Tugas, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Sabtu 4 Juli 2020.

Jawa Timur masih melaporkan angka kasus baru cukup tinggi, yakni 413, kemudian DKI Jakarta 223 kasus baru, Sulawesi Selatan (195), Jawa Tengah (110) dan Bali (91).

Jatim sudah berkali-kali mencatatkan kasus harian tertinggi. Menggantikan DKI Jakarta yang sebelumnya berstatus episentrum virus.

Sementara untuk kasus sembuh pada hari ini, Yuri melaporkan ada penambahan sebanyak 651 jiwa. Sehingga secara total yang sudah dinyatakan negatif dari paparan Virus Corona COVID-19 ada 28.219 orang.

Untuk angka kematian akibat Corona di Indonesia, bertambah sebanyak 53 menjadi 3.089 jiwa.

2 dari 4 halaman

Kabar Baik! 30 Juta Dosis Diklaim Vaksin Covid-19 Diproduksi Oktober

Dream - Jika semua berjalan sesuai dengan rencana yang dibuat ilmuwan Oxford University, vaksin Covid-19 kemungkinan mulai tersedia pada bulan Oktober tahun ini.

Sementara itu, perusahaan farmasi AstraZeneca siap memproduksi 30 juta dosis vaksin Covid-19 jika uji coba terhadap manusia telah selesai dilakukan Oxford University.

Seperti yang disebutkan seorang peneliti terkemuka Oxford University, Profesor Adrian Hill, hasil uji klinis vaksin Covid-19 akan keluar pada bulan Agustus atau September.

" Jika tidak ada halangan dan sesuai dengan skenario, maka vaksin Covid-19 akan tersedia di pasar pada bulan Oktober," kata Profesor Hill.

 

 
3 dari 4 halaman

Hasil Uji Coba Vaksin Diklaim Sukses

Kabar menggembirakan itu diungkapkan Profesor Hill, Direktur Institut Jenner di Universitas Oxford, di webinar Perhimpunan Rheumatologi Spanyol baru-baru ini.

Profesor Hill meyakinkan kembali peserta webinar bahwa vaksin Oxford ChAdOx1 telah sukses dalam uji coba terhadap hewan dan sekarang sedang diuji pada manusia.

" Vaksin ini telah menunjukkan hasil yang sangat baik saat diuji coba terhadap simpanse, dan sekarang telah beralih ke fase uji coba kepada manusia," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Diklaim Tidak Berbahaya Bagi Manusia

Profesor Hill kemudian memamerkan salah satu kelebihan vaksin ChAdOx1 tersebut. Menurut Profesor Hill, vaksin Covid-19 dari Oxford University ini tidak berbahaya bagi manusia.

Laman Express.co.uk melaporkan vaksin buatan Oxford University menjadi satu-satunya yang terdepan dalam uji coba terhadap manusia dibandingkan semua kandidat vaksin di seluruh dunia.

Laporan tersebut menambahkan Inggris akan menjadi negara pertama yang mendapatkan vaksin Covid-19 buatan Oxford University jika uji coba terhadap manusia terbukti berhasil.

Vaksin Oxford ChAdOx1 bukan satu-satunya yang sedang diuji coba pada manusia. China National Biotec Group Co. yang berbasis di Beijing baru-baru ini mengumumkan telah menerima izin untuk menguji vaksin Covid-19 pada manusia di Uni Emirat Arab.

Sumber: IndianTimes.com

Join Dream.co.id