Perkembangan Terkini Umroh di Masa Pandemi Covid-19

News | Kamis, 26 November 2020 06:00
Perkembangan Terkini Umroh di Masa Pandemi Covid-19

Reporter :

Apakah akan dilanjutkan kembali?

Dream - Para calon tamu Allah SWT sempat mendapat kabar gembira kala pemerintah Arab Saudi membuka perjalanan umroh di awal November 2020 lalu. Indonesia dan Pakistan menjadi dua negara yang diizinkan mengirimkan jemaah di masa Pandemi Covid-19 ini.

Penutupan umrah sudah berlangsung hampir delapan bulan atau sejak 27 Febuari 2020. Tak ada satupun negara yang bisa memberangkat jemaah umroh ke Tanah Suci Mekah dan Madinah. Dibukanya umroh sebulan lalu seperti menjadi mata air di tengah kerinduan beribadah di Baitullah. 

Seperti kehidupan yang mengalami perubahan, pelaksanaan umroh di masa pandemi Covid-19 juga sebagian besar berubah. Para jemaah wajib menjaga keamanan dan kesehatan bersama agar tak muncul lagi klaster baru di Tanah Suci.

Protokol kesehatan selama pandemik Covid-19 ini menjadi perhatian semua pihak. Semua aturan terkait kesehatan wajib dilakukan pihak penyelenggara maupun calon jemaah umrah kemarin.

 

2 dari 6 halaman

Yuk tonton siaran ulang #NgobrasDream

Namun pelaksanaan umroh perdana di masa pandemi ini sedikit menghadapi tantangan. Belasan jemaah umrah sempat terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani karantina. Namun semua jemaah tersebut sudah dipastikan sembuh dan kembali ke Tanah Air. 

Pelaksanaan umroh awal November itu menjadi evaluasi dari kerajaan Saudi. Alhasil, pengurusan visa Saudi untuk sementara dihentikan. 

Kira-kira bagaimana ya update terkini tentang Umrah saat pandemi?

Yuk tonton siaran ulang live #NgobrasDream bersama Firman M Nur selaku Ketua Umum AMPHURI (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia), di IGTV berikut ini.

      View this post on Instagram      

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 6 halaman

Dapur Petet: Tetap Berbagi di Tengah Pandemi COVID-19

Dream - Di tengah pandemi COVID-19 beberapa sektor justru berdampak meningkat, salah satunya urusan perut.

Yup, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) food and beverage bisa dibilang sektor yang meningkat tajam pada masa pandemi. Makanan dan minuman dijadikan teman setia ketika harus menetap di rumah saja.

Salah satu UMKM yang melihat peluang di tengah pandemi COVID-19 adalah Dapur Petet. Menjual berbagai jenis roti seperti cinnamon roll, roti sobek, dan juga tersedia frozen food, toko makanan ini bisa kamu jadikan pilihan untuk jajan.

ilustrasi© Shutterstock

4 dari 6 halaman

Saling berbagi

Nerviadi atau yang biasa disapa dengan Petet, memulai bisnis UMKMnya sebelum pandemi. Pada mulanya, Petet menjual mie ayam tapi karena dampak dari pandemi, untuk penyediaan bahan baku mie ayam kesulitan.

Akhirnya Petet berpikir peluang apa yang harus diambil, ia melihat ternyata roti memiliki potensi.

Uniknya Dapur Petet memiliki program untuk tetap berbagi walau di tengah kesulitan seperti saat ini, yaitu #RabuBerkah dan #JumatBerbagi.

Yuk simak kisah lengkap program berbagi ala Dapur Petet di siaran ulang Live Instagram Dream di IGTV Dream.co.id berikut ini.

5 dari 6 halaman

Jadi, Siapa yang 'Jahat' di Badai Romantic Project?

Dream - Kriminalitas ternyata tidak cuma terjadi pada realita sehari-hari, namun dalam dunia percintaan juga ada. Namanya, kriminalitas cinta.

Badai Romantic Project (BRP) mengangkat kriminalitas cinta pada single terbarunya yang berjudul “ Jahat”.

Single 'Jahat' milik BRP ini sebenarnya sudah dibuat sejak tiga tahun lalu. Diciptakan Badai, mantan personel Kerispatih, lagu ini terasa dekat dengan realita serta drama-drama Korea yang sedang marak saat ini.

Tak cuma alunan musik 'Jahat' yang sudah bisa dinikmati Sahabat Dream di seluruh platform musik digital, video musik pun dapat kamu tonton di akun YouTube GP Records.

Syuting video klip di tengah pandemi

Dikatakan Badai pada #NgobrasDream Selasa, 17 November 2020, proses pembuatan musik video ini dilakukan di tengah pandemi.

Hal itu pun jadi tantangan tersendiri bagi BRP di mana selama proses syuting harus menerapkan protokol kesehatan.

Ingin tahu cerita lengkap tentang single ‘Jahat’ dari Badai Romantic Project?

Langsung saja tonton siaran ulang Live Instagram Dream bersama Julian (vokalis BRP) dan Badai (pianis BRP & pencipta single ‘Jahat’) di IGTV Dreamcoid.

Selain membicarakan tentang lagu terbarunya, Badai juga memberikan edukasi dan pendapatnya terkait Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HAKI) yang sedang ramai dibicarakan pada media sosial.


6 dari 6 halaman

Investasi Emas Secara Digital, Boleh Tidak Secara Islam?

Dream - Investasi ada berbagai macam, mulai dari saham, reksadana, properti, hingga emas.

Pekembangan zaman yang sudah serba digital membuat investasi menjadi lebih mudah, dan bisa dilakukan dari gengaman tangan, atau handphone dari rumah.

LAKUEMAS adalah salah satu platform jual beli yang menyediakan emas digital, dalam menjadi pilihan Sahabat Dream ketika ingin memulai berinvestasi emas.

Pandemi yang membuat kita dianjurkan pemerintah untuk beraktivitas dari rumah tidak menjadi halangan untuk memulai investasi emas digital di LAKU EMAS.

“ LAKU EMAS sendiri adalah platform jual beli emas secara digital, karena kita melihat tren digital ini masyarakat di dunia semakin meningkat. Itulah alasan kita membuat platform hadir sebagai fasilitator bagi orang-orang yang ingin membeli emas secara digital,” ungkap Reza, Head of Business Development Laku Emas, di Ngobras Dream, Kamis, 12 November 2020.

Bagaimana dengan hukum Islam?

“ Selain digital, kita juga memiliki beberapa channel offline, jadi ketika member LAKUEMAS membeli emas di aplikasi, dan ingin melihat fisik atau mendapatkan fisiknya. Kita sebagai pioner ATM emas di Indonesia, kita memiliki 8 ATM emas di Indonesia. Jadi member kita dapat menukar saldo emasnya di ATM emas kita dengan logan mulia,” tambah Reza.

Manfaat lain untuk menabung emas digital adalah tidak perlu keluar rumah untuk membeli emas, cukup membelinya via aplikasi LAKUEMAS. Dalam aplikasinya emas yang dijual LAKUEMAS dapat dibeli mulai dari harga Rp50 ribu saja.

Emas sudah dikenal sejak jaman dulu menjadi salah satu alat jual-beli, tapi sebenarnya bagaimana hukumnya berinvestasi emas secara digital dalam agama Islam?

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa nomor No. 77/DSN-MUI/2010 terkait dengan investasi emas.

Join Dream.co.id