Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Naik Motor Ikuti Google Maps, Turis Perancis Nyelonong Masuk Tol di Malang

Naik Motor Ikuti Google Maps, Turis Perancis Nyelonong Masuk Tol di Malang Wisatawan Asal Prancis Masuk Jalur Jalan Tol Pakai Sepeda Motor Pada Senin, 7 Oktober 2019. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Dream - Seorang wisatawan asal Perancis, Philippe masuk ke Jalan Tol Singosari Malang, Jawa Timur dengan motor matic-nya. Philippe memasuki jalan bebas hambatan itu karena mengikuti panduan Google Maps.

"Peristiwa tersebut terjadi pagi tadi atau sekitar pukul 08.30 WIB.Saat itu kepala unit 410 Sat PJR Ditlantas Polda Jatim, AKP Suwarno beserta anggota melaksanakan patroli rutin di ruas Tol JSM Pandaan-Malang (JPM)," kata Kasat PJR Polda Jatim, AKBP Bambang Sukmo, Senin, 7 Oktober 2019.

Bambang mengatakan, polisi menemukan Philippe saat berpatroli. Sebelum itu, ada informasi dari petugas tol mengenai seorang pengendara sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi AG 3164 RAP masuk Tol Singosari-Malang.

"Karena searah dengan jalur patroli maka tidak lama kemudian pengendara tersebut ditemukan dan dihentikan," ucap dia.

Akibat Pakai Google Maps Teman

Phillipe, kata Bambang, berkendara dari tempatnya menginap di Hotel Solaris, Singosari, Malang. Dia ingin menuju ke Taman Safari Sukorejo Pasuruan.

Phillipe menyebut salah masuk jalur tol karena aplikasi panduan Google Maps yang dipinjam dari kendaraan mobil temannya.

"Dia bercerita bila sudah sesuai dengan petunjuk arah dari Google Maps, yaitu masuk jalur Tol Karanglo Singosari untuk menuju ke Taman Safari Sukorejo Pasuruan," ujar dia.

Setelah memeriksa kelengkapan berkendara, dipandu Petugas PJR, Philippe dipandu keluar tol.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Bahaya Memakai Teknik Slipstream di Jalan Tol, Apa Itu?

Dream – Hampir di setiap negara memiliki akses tol untuk mempermudah pengendara untuk tetap mendapatkan akses cepat untuk sampai ke lokasi tujuan.

Ada beberapa hal kebiasaan yang harus dihilangkan ketika sedang melintasi jalur tol yang panjang. Salah satu kebiasaaannya adalah teknik slipstream atau memanfaatkan aliran udara.

Dikutip dari Garda Oto, Senin 23 September 2019, slipstream adalah kondisi saat salah satu mobil mengikuti kendaraan lain dari belakang.

Cara ini membuat mobilmu bisa melaju lebih cepat tanpa memerlukan tenaga penuh, karena tak berbenturan dengan aliran udara yang datang dari depan mobilmu.

Biasanya ini dilakukan dengan melaju di belakang bis besar atau mobil-mobil lain yang lebih besar daripada mobilmu. Dengan teknik ini pula, kita bisa mencapai kecepatan tinggi tanpa menggunakan banyak bahan bakar.

Teknik ini merupakan teknik yang sering digunakan para pembalap mobil, motor ataupun sepeda di arena balapan yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam melakukannya.

Para pembalap mengikuti pembalap lain di depannya untuk mengimbangi kecepatannya tanpa harus mengeluarkan tenaga besar.

Tapi, Bahaya

Perlu dicatat, aksi ini sangat membahayakan semua orang. Sebab, pengendara tak bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada mobil depanmu.

Kalau terjadi tabrakan, kamu akan sulit menghindar. Risiko terburuknya, ya, kamu akan terlibat kecelakaan beruntun dengan mobil di depanmu.

Kalau mau irit, gunakan teknik eco-driving. Caranya, menggunakan kecepatan yang digunakan 80 km per jam dengan jarak 80 m.

Atau, kamu bisa menggunakan teori jarak dengan hitungan detik. Kamu memperkirakan kecepatan tersebut bisa sampai ke mobil depan selama tiga detik.

Ini teknik yang lebih tepat diterapkan. Dengan begitu, bahan bakar lebih hemat dan pengendara aman.   (ism)

5 Tips Berkendara Aman di Jalan Tol

Dream – Berkendara di jalan tol memerlukan perhatian ekstra. Di jalan tol, para pengemudi diperbolehkan mengemudikan berkendara tinggi hingga minimal 40 km per jam dan maksimal 100 km per jam.

Dalam kecepatan itu, seseorang bisa saja berpeluang mengalami kecelakaan jika kehilangan konsentrasi.

Dikutip dari Nissan, Rabu 4 September 2019, salah satu hal yang membuat berkendara di jalan tol semakin berbahaya adalah ketika harus mendahului mobil lain.

 

 

Saat mendahului, sudah pasti kecepatan yang dibutuhkan harus lebih tinggi dari pengendara lain.

Salah perhitungan sedikit saja bisa berakibat fatal. Lalu, bagaimana cara aman mendahului mobil di jalan tol? Berikut ini adalah lima cara berkendara aman di jalan tol:

Tidak Ugal-ugalan

1. Dahului dengan Cepat dan Tanpa Ugal-ugalan

Ketika mendahului mobil lain, wajib memiliki kecepatan tinggi. Setidaknya, kecepatan kamu 16 km/jam lebih cepat dibandingkan mobil yang akan didahului. Jika kurang atau tak cukup, jangan dahului.

Pastikan juga berhati-hati mendahului kendaraan melalui blind spot. Jangan menganggap sang pengendara bisa melihatmu. Gaya mengemudi ini hanya menjadikan kamu sebagai pengendara yang ugal-ugalan.

2. Lihat Spion sebelum Memberikan Tanda

Sebelum menyalakan tanda lampu sein, kamu harus melakukan pengamatan visual di sekitar mobil.

Gunakan spion untuk melihat, tak hanya kondisi tetapi juga lajur jalan yang ingin digunakan untuk mendahului kendaraan. Hal ini untuk memastikan tak ada mobil bergerak di lajur jalan yang sama.

3. Jika Melihat Kedipan Lampu, Sebaiknya Kembali ke Lajur Asal

Ketika mendahului kendaraan pada saat berada di jalan tol, jangan pernah kembali mundur ke lajur asal. Kecuali, mobil belakang mengedipkan lampu.

Kedipan lampu menandakan, kamu tidak boleh menghalangi laju kendaraan itu. Alasannya, kecepatan yang terlalu tinggi atau ketidakmampuan pengendara untuk memberikan jalan.

Hati-hati Jika Ada yang Mendahului

4. Berhati-hati Jika Mobil Lain Meningkatkan Kecepatan saat Mendahuluinya

Ada beragam karakter pengendara di jalan raya. Ada orang yang membiarkan kamu mendahului mereka.

Ada pula yang merasa kurang senang jika kamu mendahuluinya dan menganggap itu adalah tantangan balapan. Orang yang seperti ini biasanya justru akan menambah kecepatannya ketika kamu mendahuluinya.

Jika hal ini terjadi padamu, lebih baik mundur ke kendaraan itu dan menjauhlah. Tak ada gunananya menanggapi tantangan itu. Sangat berbahaya jika kamu berada di sekitarnya. Jauhilah dan tunggu dia keluar dari jalan tol.

5. Beriklah Tanda Klakson Atau Kedipan Lampu Jika Tak Ada Celah

Umumnya mobil yang lebih cepat bergerak di lajur paling kanan dan yang paling lambat berada di sebelah kiri. Meskipun begitu, ada juga kendaraan yang melaju pelan justru menempati lajur kanan dan hal ini membuat kamu sulit untuk mendahuluinya.

Menunggu agar lajur kosong tentu butuh waktu lama. Biasanya orang akan memberikan tanda klakson atau kedipan lampu agar pengendara tersebut minggir dari lajur kanan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cerita Seram Berangkat Malam-Malam Buat Wisata Kuliner, Diganggu Sosok Putih Terbang di Belakang Mobil Saat Lewat Kawasan Angker

Cerita Seram Berangkat Malam-Malam Buat Wisata Kuliner, Diganggu Sosok Putih Terbang di Belakang Mobil Saat Lewat Kawasan Angker

Benda seram itu tampak terbang mengikut mobil ketika mereka melalui kawasan berbukit di Gua Musang.

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Dilarang Ngeres! Inilah Daftar 6 Nama Desa Unik di Kabupaten Pamekasan, No 3 dan Terakhir Bikin Pikiran Traveling ke Mana-mana

Dilarang Ngeres! Inilah Daftar 6 Nama Desa Unik di Kabupaten Pamekasan, No 3 dan Terakhir Bikin Pikiran Traveling ke Mana-mana

Kabupaten dengan bahasa sehari-hari Bahasa Madura ini ternyata memiliki banyak nama desa yang terdengar unik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Destinasi Liburan di Jawa Timur: Malang Night Paradise, Jam Buka, Harga Tiket, dan Wahana Seru

Destinasi Liburan di Jawa Timur: Malang Night Paradise, Jam Buka, Harga Tiket, dan Wahana Seru

Dengan suasana yang eksotis dan penuh warna, Malang Night Paradise menawarkan berbagai wahana yang seru dan menarik.

Baca Selengkapnya