TKW Diikat di Pohon dan Dijemur oleh Majikan

News | Kamis, 16 Mei 2019 14:00
TKW Diikat di Pohon dan Dijemur oleh Majikan

Reporter : Maulana Kautsar

Berhasil diviralkan dan dipulangkan lembaga terkait.

Dream - Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Filipina, Lovely Acosta, dihukum oleh sang majikan di Riyadh, Arab Saudi. Hukuman itu diberikan karena Acosta meninggalkan furnitur milik keluarga itu di luar ruangan.

Gambar yang beredar di dunia maya menunjukkan pergelangan tangan dan kaki Acosta terikat tali. Dia diikat di pohon di taman taman sang majikan.

Dikutip dari laman Mirror, Kamis 16 Mei 2019, Acosta telah bekerja untuk keluarga kaya di Riyadh, Arab Saudi, itu selama beberapa bulan.

Namun dia membuat marah majikannya setelah meninggalkan sebuah furnitur mahal di luar yang panas terik sehingga berisiko membuat pudar barang mahal itu.

Majikannya diduga mencoba menunjukkan kepadanya efek tinggal di luar, di bawah sinar matahari.

Seorang kolega, yang juga dari Filipina, memotret peristiwa itu.

2 dari 3 halaman

Dipulangkan ke Filipina

Departemen Luar Negeri Filipina (DFA) mengatakan telah mengetahui situasi dan berhasil membantu ibu dua anak itu untuk kembali ke Filipina.

" Departemen Luar Negeri (DFA) melaporkan bahwa Pekerja Luar Negeri Filipina (OFW) Lovely Acosta Baruelo dari Arab Saudi tiba di Manila pada pukul 8.55 sore pada 9 Mei," tulis keterangan itu.

" Kedutaan Besar Filipina di Riyadh melaporkan bahwa kasus OFW Baruelo dirujuk ke mereka pada 9 Mei dan dia dipulangkan pada hari yang sama. OFW Baruelo diduga dihukum oleh majikannya dengan diikat ke pohon."

 

3 dari 3 halaman

Apa Kata TKW Itu

Seorang wanita yang mengaku sebagai rekan kerja Acosta memohon bantuan dan mengatakan bahwa majikan mereka menyakiti mereka setiap kali mereka melakukan kesalahan kecil.

Acosta berterima kasih karena dapat kembali ke Filipina. Dia berharap, para pekerja migran Filipina yang senasib dengannya juga dapat dipulangkan.

" Mereka adalah orang-orang yang membantu saya dan mengunggah foto-foto saya. Saya takut keselamatan mereka. Saya harap mereka juga diselamatkan," ujar dia.

Terkait
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida
Join Dream.co.id