Viral Video Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Gaza Demi Nelayan, Ini Faktanya

News | Minggu, 27 September 2020 12:00
Viral Video Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Gaza Demi Nelayan, Ini Faktanya

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Berikut ulasan lengkapnya.

Dream - Apapun yang berkaitan dengan Israel akan menjadi perhatian masyarakat. Sebagai negara yang mencaplok tanah Palestina, Israel yang selalu dapat dukungan Amerika Serikat kerap melakukan tindakan yang dianggap melanggar kesepakatan dunia. 

Meski kita mendukung Palestina dan menganggap Israel sebagai penjajah, kita tetap harus mendapatkan informasi yang akurat tentang kedua negara itu. Salah satu yang sedang viral adalah sebuah video ribuan ikan yang terdampar di bibir pantai Gaza, Palestina.

Disebutkan, ikan-ikan tersebut berenang ke tepi pantai supaya mudah ditangkap oleh para nelayan.

Video tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebo Yesica Putri Ramadhani. Dia membagikan video yang diungah oleh Nur Hasanah dengan narasi sebagai berikut:

" Masya allah...

Israel melarang warga Gaza menangkap ikan di laut. Tapi, Allah Swt Pemilik laut memerintahkan ikan ikan untuk berenang ke tepi pantai supaya mudah ditangkap oleh para nelayan seluruh warga Gaza, Allahu akbar.."

Unggahan Facebook© Liputan6.com

 

2 dari 4 halaman

Cek Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran video tersebut. Tim membuat tangkapan layar dan memasukkannya ke mesin pencari, Yandex.

Unggahan Facebook© Liputan6.com

Hasil penelusuran mengarahkan ke situs Saraya News dengan judul dalam bahasa Arab yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi: " Apa yang dilakukan Topan Mocono terhadap ikan laut di Oman dan Yaman" .

Dalam artikel yang dipublikasikan pada 25 September 2020 itu, ikan laut tersebut terdampar di pantai Yaman dan Oman karena topan tropis Mocono, yang melanda di wilayah itu.

" Ikan laut tersebut tersapu oleh badai hingga ke bibir pantai. Orang-orang berkumpul di sana dan mereka bingung dengan pemandangan yang langka dan menarik ini," begitu isi artikel di Saraya News.

 

3 dari 4 halaman

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs Yeni Safak dalam artikel berjudul: " Kas?rga sahilleri bal?kla doldurdu" yang dipublikasikan pada 26 Maret 2018.

Dalam artikel tersebut dijelaskan, ada 350 jenis ikan yang terdampar di pantai Yaman akibat Badai Mocono. Ikan-ikan yang terdampar tersebut juga bisa ditemui di pantai Oman.

 

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang menyebut ikan berenang ke tepi pantai Gaza adalah informasi yang salah. Faktanya, ikan itu terdampar di pantai Yaman dan Oman akibat Badai Mocono.

Sumber: liputan6.com

Join Dream.co.id