Terungkap Jumlah Warga yang Nekat Mudik, Wajib Unjuk Bebas Covid-19 Pas Balik

News | Sabtu, 15 Mei 2021 16:12
Terungkap Jumlah Warga yang Nekat Mudik, Wajib Unjuk Bebas Covid-19 Pas Balik

Reporter : Syahid Latif

Jumlah pemudik tahun ini turun dari perkiraan awal pemerintah meski sudah dikeluarkan imbauan peniadaan mudik.

Dream - Pemerintah melaporkan 1,5 juta masyarakat tetap nekat pulang kampung meski telah dikeluarkan kebijakan peniadaan mudik. Jumlah itu mencapai 7 persen dari data awal yang diperkirakan Kementerian Perhubungan sebanyak 17 juta orang.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan operasi ketupat dan penyekatan yang dilakukan telah sukses mengurangi jumlah calon pemudik pada Lebaran lalu.

" Tentunya kebijakan diambil dengan memperketat PKPM Mikro," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sabtu, 15 Mei 2021 dikutip dari Liputan6.com

Airlangga meyakini langkah memperketat implementasi PPKM Mikro mampu menekan lonjakan penularan virus Covid-19 selama periode Libur Lebaran berlangsung. Upaya lain adalah pembatasan interaksi secara langsung dan mobilitas masyarakat di masa kedaruratan kesehatan ini.

" Dengan demikian ketatnya PPKM Mikro diharapkan mereka yang terdampak atau di tes positif bisa dilakukan isolasi di daerah masing-masing," tambahnya.

 

2 dari 3 halaman

Pemudik Wajib Surat Bebas Covid-19

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus memastikan operasi penyekatan pemudik Lebaran 2021 telah dihentikan. Kini petugas di lapangan fokus pada kendaraan yang akan kembali ke ibu kota.

Untuk pemudik yang akan kembali ke Jakarta, Yusri menegaskan mereka harus mengantongi surat bebas Covid-19.

" Warga Jakarta yang mudik yang akan masuk ke Jakarta diwajibkan membawa surat antigen bebas Covid-19 dari daerah mereka mudik, diperlihatkan surat bebas Covid-19 di titik pemeriksaan," kata Yusri, kemarin.

 

3 dari 3 halaman

Ini Titik Pemeriksaannya

Yusri menuturkan, kepolisian akan melakukan pemeriksaan kelengkapan surat bebas Covid-19 tersebut mulai besok (Minggu,16 Mei 2021). Polda Metro Jaya akan mendirikan pos pemeriksan di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan di Pos Cikupa.

Untuk ruas jalan arteri, pemeriksaan surat bebas Covid-19 akan dilakukan di Jatiuwung serta Kedungwaringin.

" Teknisnya semua kita lakukan pemeriksaan, bahwa semua pengendara wajib memperlihatkan surat bebas Covid-19," katanya dikutip dari Antara dari Liputan6.com.

Yusri juga mengimbau kepada pemudik untuk lebih dulu melakukan tes usap (swab test) antigen sebelum kembali ke Jakarta untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.

Join Dream.co.id