Saking Kurusnya, Penjahat Kabur dengan Menyelip di Antara Jeruji Sel

News | Rabu, 10 Juli 2019 09:36
Saking Kurusnya, Penjahat Kabur dengan Menyelip di Antara Jeruji Sel

Reporter : Maulana Kautsar

Video aksinya lolos membuat malu polisi.

Dream - Pencuri di Bolivia menghebohkan dunia internasional. Penjahat bernama Jorge Mantilla atau Coco itu lolos dari balik jeruji penjara dengan teknik pelarian yang tak lazim. 

Tanpa merusakn tembok atau besi jeruji penjara, Coco kabur berkat tubuh kurusnya.

Dilaporkan OddityCentral, Coco awalnya ditangkap polisi di La Paz, pekan lalu. Sebuah rekaman kamera keamanan menunjukkan dia bisa melewati jeruji besi penjara di Bolivia.

Coco diamankan polisi karena aksi pencurian di Villa Fatima. Polisi berhasil menangkapnya dan dia dibawa ke penjara setempat untuk menunggu hukuman.

Tapi, dia tidak menghabiskan banyak waktu di penjara karena mampu melarikan diri dari penjara Sabtu, 6 Juli 2019. Coco lolos dari penjara dengan cara melewati jeruji besi saat petugas tak melihatnya.

Video rekaman kamera keamanan ini bocor dan beredar di media sosial. Kondisi ini membuat malu polisi setempat. Sekaligus memotivasi polisi untuk menangkap buron tersebut.

Selama operasi skala besar di La Paz, polisi berhasil menangkap Coco. Dia dilaporkan akan melarikan diri ke negara tetangga, Peru.

2 dari 7 halaman

Di Malaysia, Booking Tempat Parkir Biar Tak Diserobot Bisa Dipenjara

Dream – Kesulitan terbesar saat pergi ke pusat perbelanjaan saat weekend adalah mencari tempat parkir. Areal parkir yang disediakan pengelola sudah bisa dipastikan penuh. Kamu yang tetap ngotot mesti punya kesabaran ekstra tinggi. 

Saat melihat satu spot parkir kosong, biasanya pengemudi akan langsung menginjak gas agar tak ditempati pengemudi lain. 

Kalau trik ini tak mempan, ada juga yang nekat menyuruh penumpang lain untuk berdiri di spot parkir kosong itu. Tentu cara ini akan membuat kesal pengendara lain.

Cara ini juga tak bisa kamu lakukan di Malaysia ya. Di negara ini biasanya orang akan memasng kerucut jalan atau kursi agar tak ditempati pengendara lain.

Walaupun cara ini legal untuk lokasi parkir berbayar, orang-orang tetap tidak bisa secara acak menandai lokasi parkir dengan kerucut jalan. Jika melakukannya, mereka akan dikenakan denda, seperti di Malaysia.

Dikutip dari World of Buzz, Jumat 5 Juli 2019, Departemen Transportasi Jalan Malaysia akan menjatuhkan denda kepada orang-orang yang booking tempat parkir dengan kursi, sepeda motor, pot bunga, atau kerucut jalan.

Berani melanggar, mereka akan dikenakan denda sesuai denganp pasal 50 ayat 3 Undang-Undang 1987 tentang Transportasi Jalan.

Aturan ini berlaku untuk parkiran di tempat umum atau swasta, seperti pusat perbelanjaan. Misalnya, menandai tempat parkir di parkiran apartemen, akan dikenakan denda.

3 dari 7 halaman

Berapa Dendanya?

Ada dua sanksi yang akan dijatuhkan bagi para pelanggar. Sanksi bagi pelanggaran pertama adalah kurungan penjara kurang dari enam bulan atau denda sebesar 2 ribu ringgit (Rp6,84 juta).

Pelanggaran kedua dan seterusnya adalah hukuman penjara tak lebih dari 12 bulan atau denda 4 ribu ringgit (Rp13,67 juta).

Kalau ada yang masih melakukan praktik ini, orang bisa mengirimkan aduan ke aduantrafik@jpj.gov.my. Saat menyampaikan aduan, kamu harus memberikan informasi berupa nomor identitas penduduk pelapor, lokasi insiden, tanggal insiden, pelat nomor kendaraan, dan rincian insidennya.

4 dari 7 halaman

Terungkap! Kegiatan 'Tak Biasa' Saipul Jamil Selama di Penjara

Dream - Sudah 3 tahun Saipul Jamil menghuni di Lapas Cipinang, Jakarta Timur. Lumayan cukup lama mendekam di balik jeruji besi, namun Ipul memiliki kegiatan yang cukup padat selama di sana.

Hendra Ekaputra, Kepala Lapas Cipinang menjelaskan bahwa selama menjadi penghuni Rutan, Saipul jamip banyak melakukan kegiatan positif.

" Kegiatan dia banyak, berhubung dia orang seni jadi jadi disesuikan kaya dia menayngi menghibur para napi," kata He dra saat si Lapas Cipinang, Jakarta Timur, Jumat, 14 Juni 2019.

Tak hanya itu, Ipul juga aktif dikegiatan keagamaan, diapun situnjuk sebagai salah satu anggota masjid. Karena memang selama ini Ipul dikenal sebagai orang yang rajin ibadah.

" Dia ini remaja masjid jadi kegiatannya banyak, dan belajar lagu-lagu agama juga," imbuhnya.

 

5 dari 7 halaman

Wih Mahir Bikin Ini

Selain menyanyi dan aktif di Masjid, Ipul juga melakukan kegiatan keterampilan seperti melukis, sampai Saipul sudah pintar membuat tempe.

" Di dalam ada kegiatan keterampipan seperti membatik, ada melukis ada membuat tempe, ada budidaya jamur dan peternakan," katanya.

6 dari 7 halaman

Kabur dari Penjara, Napi Sidoarjo Sembunyi di Lemari

Dream - Pelarian tahanan pendamping Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Sidoarjo, HS berakhir dengan tragis. Sempat bersembunyi beberapa jam setelah melarikan diri, HS tertangkap di lemari rumahnya.

" Benar petugas sudah berhasil menangkap narapidana tersebut," kata Kepala LP Sidoarjo, Mohammad Susanni, kepada Liputan6.com, Jumat, 22 Februari 2019.

Susanni mengatakan, kaburnya narapidana kasus perlindungan anak itu bermula ketika dia hendak membuang sampah pada pukul 16.00 WIB. Kegiatan tersebut biasa dilakoni HS tiap pagi dan sore hari dengan pengawalan petugas LP.

Tetapi, HS memiliki rencana melarikan diri pada sore itu.

" Setelah buang sampah dan mau masuk pintu, dia menghampiri temannya untuk meminjam korek api. Namun, dijawab tidak ada oleh rekannya. Nah, pada saat bersamaan dia langsung lari ke jalan raya," ucap dia.

HS terpantau lari ke arah utara alun-alun Sidoarjo. Dia juga terlihat sempat melepas baju tahanannya.

7 dari 7 halaman

Suara Memancing Kecurigaan

Kepala Sub Sie Pembinaan Kemasyarakatan LP Sidoarjo, Rudi Kristiawan, memimpin pengejaran. Pukul 16.30 WIB, petugas sempat memantau HS di depan masjid besar Gedangan Sidoarjo.

Petugas melihat HS telah mengenakan kaus kuning dan topi bersama adik kandungnya.

" Setelah diikuti ternyata mereka masuk ke perkampungan dekat stasiun Gedangan. Lalu, keduanya masuk ke sebuah rumah yang diketahui rumah napi dan orangtuanya," kata dia.

Keberadaan HS terpantau petugas lantaran suara keras yang berasal dari lemari tempat tinggalnya. Suara itu memancing kecurigaan petugas.

" Jadi, dia sempat bersembunyi di dalam lemari," ucap dia.

Sumber: Liputan6.com/Dian Kurniawan

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival
Join Dream.co.id