Terbongkar! Hotel Bintang 5 Ini Cuci Gelas Pakai Sikat WC

News | Kamis, 28 Desember 2017 17:03

Reporter : Eko Huda S

Tamu yang harus membayar jutaan rupiah harus menerima kenyataan pahit menggunakan peralatan makan dan minum yang menjijikkan.

Dream - Status bintang lima ternyata tak menjamin kebersihan sebuah hotel. Nyatanya, tiga hotel mewah di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China, kedapatan melakukan praktik menjijikkan.

Kasus ini terungkap setelah video yang direkam secara sembunyi-sembunyi beredar di internet pada Selasa lalu. Dalam video itu terlihat staf pembersih di hotel menggunakan sikat yang sama untuk membersihkan toilet, bak mandi, wastafel, dan permukaan perabot lainnya. 

Video itu bahkan menunjukkan staf hotel menggunakan sikat yang sama untuk membersihkan cangkir air minum. Kemudian mengeringkannya dengan handuk mandi bekas.

Praktik di tiga hotel yang dijalankan korporasi jaringan internasional ini memicu kekhawatiran masyarakat akan kebersihan ketiga penginapan itu.

Tiga hotel bintang lima ini mendapat hukuman. Namun, komisi kesehatan dan keluarga kota setempat belum mengungkapkan hukuman apa yang diberikan ke ketiga hotel itu.

Ketiga hotel mewah itu didakwa gagal mengganti handuk mandi, sprei, dan sarung bantal untuk tamu baru.

Padahal mereka mengenakan tarif menginap sekitar 800 yuan sampai 2.800 yuan, sekitar Rp1,6 juta sampai Rp5,8 juta, permalam.

...

Terbongkar! Hotel Bintang 5 Ini Cuci Gelas Pakai Sikat WC
Sumber Foto: Asia One
2 dari 4 halaman

Hasil Uji Tim Kesehatan

Dream - Tak lama setelah video itu menyebar secara online, inspektur dari komisi kesehatan, kantor pariwisata, departemen pengawasan pasar, administrasi makanan dan obat-obatan, dan kantor legislatif di Harbin diturunkan mengumpulkan sampel untuk pengujian.

Hasil pengujian menegaskan, ketiga hotel itu memiliki masalah kebersihan.

" Kami merasa menyesal mengetahui kondisi di bawah standar yang ditemukan di hotel kami," kata salah satu pengelola hotel terkenal itu, di Sina Weibo pada hari Selasa.

" Kami telah berupaya menyediakan suasana yang ramah dan aman kepada para tamu kami dengan kebijakan yang ketat. Kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang dan memperbaiki kekurangan kami untuk menghindari masalah serupa."  

3 dari 4 halaman

Saat Tamu Merekam Kamar Hotel Lain

Dream - Kasus ini tentu saja memengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap kualitas akomodasi bintang lima di China. Sebelumnya, rekaman video sembunyi-sembunyi juga berhasil mengungkapkan masalah kebersihan serupa di lima hotel kelas atas di Beijing pada bulan September.

" Saya memiliki klien di berbagai kota, jadi saya sering bepergian untuk bisnis," kata Sun Chang, 36 tahun, manajer biro iklan di Beijing.

" Saya pernah mendengar hal seperti itu terjadi di beberapa hotel kelas menengah. Jadi saya biasanya memilih hotel bintang lima yang terkenal selama perjalanan saya, saya tidak membayangkan mereka juga masalah yang sama seriusnya."

Chang sekarang akan mempertimbangkan untuk membawa sprei, kantung tidur, teko dan handuk mandi sendiri di perjalanan bisnis berikutnya.

Akibat kasus di bulan September itu, pemerintah kota Harbin sekarang telah meluncurkan operasi pemeriksaan di seluruh hotel di kota tersebut.

" Sangat sulit untuk memantau staf pembersih di kamar hotel tanpa kamera pengawas," kata Wu Ben, seorang profesor manajemen hotel di Universitas Fudan Shanghai, kepada majalah Caixin.

" Tanpa peralatan pendeteksi yang tepat, seseorang tidak mungkin memperhatikan tempat tidur kotor dan tempat duduk toilet yang kurang bersih," pungkasnya. 

4 dari 4 halaman

Lihat Buktinya di Sini

 Hotel© asia one

 hotel© asia one

 hotel© asia one

 hotel© asia one

Terkait
Join Dream.co.id