Tentang BOS, BOP PAUD & Pendidikan Kesetaraan, Begini Panduan dari Kemendikbud

News | Sabtu, 11 Juli 2020 10:00
Tentang BOS, BOP PAUD & Pendidikan Kesetaraan, Begini Panduan dari Kemendikbud

Reporter : Zaki

Berikut beberapa poin penting yang dibahas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru saja merumuskan Keputusan Bersama Empat Kementerian tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Dilakukan secara online melalui webinar, penyusunan kebijakan tersebut juga merupakan hasil kerja sama dan sinergi dengan kementerian lain. Di antaranya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Komisi X DPR RI.

Keputusan Bersama Empat Kementerian tersebut juga membahas tentang BOS, BOP PAUD, dan Pendidikan Kesetaraan. Berikut beberapa poin penting yang dibahas.

2 dari 4 halaman

Penggunaan BOS dan BOP PAUD

 Shutterstock© Shutterstock

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD dan Pendidikan Kesetaraan di masa kedaruratan Covid-19 bisa dipakai untuk mendukung kesiapan satuan pendidikan. Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19/2020 tentang Perubahan Petunjuk Teknis BOS dan Permendikbud Nomor 20/2020 tentang Perubahan Petunjuk Teknis BOP PAUD dan Kesetaraan di masa kedaruratan Covid-19, dana dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, dan/atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan/atau peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah.

Selain itu, dana BOS serta BOP PAUD dan Kesetaraan juga dapat digunakan untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman, masker atau penunjang kebersihan dan kesehatan lainnya termasuk alat pengukur suhu tubuh tembak (thermogun).

3 dari 4 halaman

Pembayaran Guru Honorer

 Shutterstock© Shutterstock

Untuk pembayaran honor, dana BOS dapat digunakan membayar guru honorer yang tercatat pada data pokok pendidikan (Dapodik) per 31 Desember 2019, belum mendapatkan tunjangan profesi dan telah memenuhi beban mengajar termasuk mengajar dari rumah. Mengenai persentase penggunaannya, ketentuan pembayaran honor dilonggarkan menjadi tanpa batas.

4 dari 4 halaman

Digunakan Juga untuk Mendukung Biaya Transportasi Pendidik

 Shutterstock© Shutterstock

Khusus BOP PAUD dan Kesetaraan juga dapat digunakan untuk mendukung biaya transportasi pendidik. Selain itu, ketentuan persentase penggunaan BOP PAUD dan Kesetaraan dilonggarkan menjadi tanpa batas. Sedangkan penggunaan BOS Madrasah dan BOP Raudhatul Athfal (RA) disesuaikan dengan petunjuk teknis yang sudah ditetapkan Kementerian Agama. 

" Prinsip dikeluarkannya kebijakan pendidikan di masa Pandemi Covid-19 adalah dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat," pungkas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. (*)

Terkait
Join Dream.co.id