Munarman Ditangkap, Ini Temuan Mengejutkan Densus 88 di Bekas Markas FPI

News | Selasa, 27 April 2021 20:01
Munarman Ditangkap, Ini Temuan Mengejutkan Densus 88 di Bekas Markas FPI

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tim Densus 88 Antiteror Polri melakukan penggeledahan didampingi Ketua RT dan RW setempat.

Dream - Tim Densus 88 Antiteror Polri menyita barang mencurigakan di bekas Markas Front Pembela Islam atau FPI di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, Selasa 27 April 2021.

Tim Densus 88 Antiteror Polri melakukan penggeledahan didampingi Ketua RT dan RW setempat.

" Petugas menemukan bahan-bahan berbahaya berbentuk serbuk dan cairan bahan kimia di dalam tabung," ujar Ahmad Ramadhan, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri dalam konfrensi pers, Selasa 27 April 2021.

Cairan yang ditemukan disebutkan merupakan bahan kimia yang mirip dengan temuan di Condet, Jakarta Timur. 

Saat ini, tim penjinak bom bersama labfor Mabes Polri sedang melakukan penelitian bahan berbahaya itu, untuk mengetahui jenisnya.

Polres Metro Jakarta Pusat dan Dandim 0501 Jakarta Pusat membantu Densus 88 Antiteror mengawal penggeledahan. " Saat ini sedang berlangsung penggeledahan," ujar dia.

2 dari 4 halaman

Detik-detik Munarman Digelandang Densus 88

Beredar dua video saat penangkapan Munarman di kalangan wartawan. Dalam video pertama berdurasi 5 detik, terlihat sejumlah orang diduga penyidik berada di dalam ruangan rumah. Nampak ada dua orang perempuan dan sejumlah orang lainnya. Mereka terlihat memeriksa sejumlah berkas.

Sementara dalam video berdurasi 22 detik berisi penangkapan Munarman. Dalam video itu terlihat Munarman yang memakai koko warna putih dan bawahan loreng diapit sejumlah anggota menuju warna putih terparkir di depan rumah.

Tangan Munarman nampak dipegangi petugas. Penangkapan itu disaksikan sejumlah orang.

" Ini tidak sesuai hukum. Ini seharusnya ya," ucap Munarman seraya dibawa menuju mobil.

" Udah pak nanti aja nanti aja," jawab petugas.

" Enggak saya pakai sendal pakai sendal,"  kata Munarman.

" Udah enggak usah,"  kata petugas.

3 dari 4 halaman

Munarman Diduga Hadiri Baiat ISIS di 3 Kota

Munarman setelah ditangkap, dibawa ke Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan lanjutan.

Munarman ditangkap karena dugaan menghadiri pembaiatan sumpah setia kepada pimpinan ISIS pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi di 3 kota, yakni Makassar, Jakarta dan Medan.

Selain itu, Munarman diduga menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme.

Selain itu, diduga bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme dan menyembunyikan informasi tentang tindak pidana teroris.

4 dari 4 halaman

Densus, Polres, dan Kodim Turun ke Petamburan

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi mengatakan sebanyak 60 personel gabungan mengawal jalannya penggeledahan di bekas markas FPI.

Polres Metro Jakarta Pusat dan Dandim 0501 Jakarta Pusat mendampingi Densus 88 Antiteror melakukan penggeledahan. Hengki menyebut, saat didatangi rumah dalam keadaan kosong.

" Kami laksanakan perbantuan atau backup personel Densus 88 Antiteror saat ini tengah laksanakan penggeledahan di bekas kantor FPI. Di lokasi kosong maka kami panggil RT dan RW untuk sama-sama dampingi penggeledahan," kata dia di lokasi.

 

Join Dream.co.id