Bicimaquinas, Sepeda Inovatif Pembuat Makanan hingga Sabun

News | Jumat, 17 Juli 2015 09:30
Bicimaquinas, Sepeda Inovatif Pembuat Makanan hingga Sabun

Reporter : Maulana Kautsar

Walaupun sederhana, masyarakat sangat terbantu dengan adanya teknologi ini
Dream - Murah dan ramah lingkungan itulah kesan pertama yang didapat dari mesin ini. Selain tak berasap, mesin ini sangat berguna di daerah minim listrik. Di Guatemala, Amerika Tengah, mesin ini diberi nama bicimaquinas. Atau berarti sepeda-mesin.
 
Mesin ini terbuat dari bagian-bagian sepeda yang dibuang dan menyisakan pengayuhnya. Di sana, bicimaquinas digunakan untuk mengolahan makanan dan membuat sampo dan sabun.
 
Mesin unik ini berawal dari gagasan dari 'Maya Pedal', sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berbasis di kota pedesaan San Alamat Itzapa. Lembaga itu didirikan pada tahun 1997, kolaborasi organisasi asal Kanada bernama Pedal dan seorang mekanika lokal bernama Carlos Marroquín.
 
Keunikan dari bicimaquinas (sepeda-mesin) ialah produk ini buatan tangan di bengkel Pedal Maya. Alat ini mengombinasikan sepeda tua, beton, kayu, dan logam. Desainnya fungsional dan ekonomis. Dengan harga sekitar $ 40 (atau sekitar Rp. 533.600 dalam kurs sekarang) masyarakat Guatemala sudah bisa mendapatkan mesin ini.
 
Mesin ini dapat difungsikan sebagai penggiling biji-bijian atau jagung. Dalam sehari Bicimaquina dapat menggiling 3 pons biji-bijian per menit. Biasanya biji-bijian yang digiling adalah jagung, kedelai, dan kopi.
 
Selain difungsikan sebagai mesin giling, bicimaquina juga dimanfaatkan sebagai mesin blender. Caranya dengan menambahkan stasioner dan blender di atas ban depan. Motor listrik yang digunakan ialah rotor sepeda. Artinya, semakin cepat padal dikayuh, maka semakin cepat pula pisau bleder berputar. Kecepatan putarannya pun mampu mencapai angka 6.400 rotation per minute (rpm). 
 
Bicimaquinas sangat berguna di desa-desa Guatemala yang tidak terjangkau listrik. Dilansir dari odditycentral, Marroquín, mengatakan jika bicimaquinas merupakan alat alternatif. 
 
" Kita bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan alat ini," katanya.
 
Sekarang, lebih dari 4.500 buah mesin Maya Pedal telah digunakan di San Andrés Itzapa dan masyarakat sekitar. Marroquín dan anaknya, Carlos Jr terus mengembangkan beberapa ide mereka. Mereka juga masih membuka pengembangan ide baru dari tamu-tamu asal Eropa dan Amerika Serikat yang berdatangan.

 

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id