Tega! Cucu di Sulsel Kuras Tabungan Kakek, Rp100 Juta Ditransfer ke Wanita

News | Sabtu, 8 Mei 2021 15:33
Tega! Cucu di Sulsel Kuras Tabungan Kakek, Rp100 Juta Ditransfer ke Wanita

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Lukman ditangkap polisi dengan sejumlah barang bukti setelah mencuri uang kakeknya.

Dream – Hubungan seorang cucu dengan kakeknya seharusnya menjadi hubungan yang penuh kasih sayang. Saking sayangnya seorang kakek, tidak jarang cucunya selalu dimanjakan melebihi orang tuanya. Begitu pun dengan cucu yang seharusnya juga menyayangi dan menghormati kakeknya yang sudah tua.

Namun hal ini berbeda dengan cucu yang berada di Pinrang, Sulawesi Selatan. Ia tega mencuri tabungan sang kakek hingga ratusan juta untuk diberikan pada seorang wanita dan membeli barang keinginannya.

Tentu saja perbuatan ini menjadi kekecewaan besar bagi sang kakek karena pencuri uang tabungannya adalah cucunya sendiri.

Hingga akhirnya kakek itu melaporkan kejadian tersebut pada pihak kepolisian untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Untuk mengetahui bagaimana cerita lengkapnya, berikut sebagaimana dilansir dari laman Tribratanews.

2 dari 7 halaman

Salah Nomor PIN

 Sang Kakek Mengecek PIN di ATM-nya tetapi Salah
© Instagram @makassar_iinfo

Kasus pencurian tabungan bermula saat Yunus (64) sedang berada di ATM BRI pada Senin, 3 Mei 2021. Dia terkejut ketika hendak memeriksa saldo tabungan di mesin ATM. Berulang kali memasukkan nomor PIN yang diyakininya benar, Yunus berulang kali gagal mengakses tabungannya.

Hingga akhirnya Yunus mendatangi kantor BRI Marawi dan melakukan pengecekan pada kartu ATM miliknya itu. Namun, yang terjadi justru pihak kantor mengatakan bahwa kartu tersebut bukanlah miliknya.

Maaf pak, ini bukan kartu bapak,” ucapa pegawai BRI sebagaimana dilansir melalui caption Instagram @makassar_iinfo.

3 dari 7 halaman

Saldo Terkuras Ratusan Juta

Betapa kagetnya Yunus saat tahu bahwa saldo di tabungannya sudah terkuras sebesar Rp 190.541.300. Melihat uangnya hilang, Yunus pun langsung melaporkan kejadian tersebut pada Polsek Tiroang, Pinrang, Sulawesi Selatan.

Yunus tambah was-was. Dia lalu meminta pegawai mencetak rekening korannya. Alangkah kagetnya melihat saldonya terkuras Rp 190.541.300. Yunus lalu melapor ke Polsek Tiroang, Pinrang,” tulis di caption Instagram @makassar_iinfo.

 

4 dari 7 halaman

Cucunya Sendiri yang Mencuri

 Cucunya Sendiri yang Mencuri Uang Sang Kakek
© Instagram @makassar_iinfo

Setelah dilakukan penyelidikan, betapa terkejutnya sang kakek saat tahu ternyata yang mencuri uang ratusan juta itu adalah cucunya sendiri, Lukman Fathir (20). Lukman pun akhirnya dipanggil ke Polsek Tiroang pada Selasa, 4 Mei 2021, pukul 10.30 WITA.

Dalam panggilannya tersebut, Lukman pun mengakui apa yang sudah diperbuatnya. Ia mengatakan bahwa saat itu ia mengambil kartu ATM milik kakeknya yang diletakkan di laci tempat berjualan sang kakek. Kemudian kartu ATM BRI itu ia tukar dengan nama Syamsiah.

5 dari 7 halaman

Mentransfer Rp 100 Juta pada Seorang Wanita

 Mentransfer Uang Rp 100 Juta pada Seorang Wanita
© Instagram @makassar_iinfo

Pada tanggal 3 Mei 2021 dini hari, Lukman melakukan perjalanan ke Parepare untuk bertransaksi di Bank BRI Unit Lapadde. Di bank itulah, ia melakukan pengiriman uang milik kakeknya yang berjumlah Rp 100 juta ke rekening seorang wanita atas nama Irma Nawing.

Tidak hanya itu saja, ia juga menggunakan uang sebesar Rp 10 juta untuk ditransfer ke rekening dengan nama Syamsiah dan Rp 10 juta lagi ia tarik secara tunai.

Uang tersebut ia gunakan untuk membeli emas batangan ANTAM dengan cara online menggunakan aplikasi dengan harga Rp 69 juta. Dengan begitu, keseluruhan uang yang sudah ia gunakan adalah sebesar Rp 189 juta.

6 dari 7 halaman

Ditahan Bersama Sejumlah Barang Bukti

 Sejumlah Barang Bukti yang Ditemukan Polisi
© Instagram @makassar_iinfo

Melalui akun Instagram @makassar_iinfo, setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, Lukman pun akhirnya ditahan bersama dengan sejumlah barang bukti yang ditemukan polisi berupa 3 batang emas ANTAM 75 gram, kartu telepon, dan HP iPhone 10.

Usai diperiksa, pelaku ditahan bersama bukti, 3 batang emas Antam Kl 75 gram, kartu telepon Hp iPhone 10,” ujar Kapolsek Tiroang, AKP Gatot Yani dalam caption Instagram @makassar_iinfo.

Selain itu, AKP Gatot juga menyatakan bahwa buku rekening dengan nama Irma Nawing serta Syamsiah itu sudah dibeli pelaku dari online melalui media sosial Facebook. Rekening itu pun saat ini sudah ditutup oleh pihak bank.

7 dari 7 halaman

Komentar Warganet

 Komentar Seorang Warganet
© Instagram @makassar_iinfo

Atas kasus tersebut yang dibagikan oleh akun Instagram @makassar_iinfo, hal ini memancing beragam komentar dari warganet. Sampai saat ini diketahui sudah ada 1.700 lebih komentar yang diberikan.

berani-beraninya. Saya saja uang 1k di atas meja kamarnya kakekku tidak berani kuambil,” tulis akun @theakbarady.

Wah kok bisa transaksi besar dilakukan sm yg bukan pemilik rek, pdhl untuk transaksi besar iti perlu approval org2 tinggi di bank tersebut kok ini loss2 sj,” tulis akun @munawirsyahrir.

Astaga SADAR KO WEEEEEEEE,” tulis akun @winfortuna.

 

Join Dream.co.id