Tangis Bahagia Korban Kebakaran Dapat Perhatian dari Wali Kota Bengkulu

News | Jumat, 18 September 2020 15:46
Tangis Bahagia Korban Kebakaran Dapat Perhatian dari Wali Kota Bengkulu

Reporter : Ahmad Baiquni

Program HD Bahagia ditujukan untuk membantu masyarakat yang rumahnya terbakar.

Dream - Kesedihan Umar Hasan dan keluarga kehilangan rumah akibat dilalap api awal Agustus lalu berakhir sudah. Berganti tangis bahagia karena mendapat ganti dari Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan lewat program HD Bahagia.

" Alhamdulillah, rumah kami yang sebelumnya terbakar kini sudah dibangun kembali. Kami merasakan perhatian, kepedulian dan bantuan dari Pemerintah," ujar Umar dengan mata berkaca saat menerima bantuan yang diserahkan oleh Walikota Helmi.

Umar tak lupa mengucap terima kasih atas perhatian dari semua pihak meliputi Walikota, Wawali, BazNas, Dinas PUPR, Dinas Permukiman, Himpera, Camat, Lurah, RT, dan masyarakat.

" Sekali lagi, terima kasih, Pak Wali," kata Umar,

Pada kesempatan itu, Helmi mengatakan program renovasi rumah HD Bahagia diluncurkan pada 17 Agustus lalu. Program ini tak menyasar tak hanya rumah terbakar namun juga hunian tak layak milik warga miskin.

" Kita akan mulai program HD Bahagia sehingga 100 persen rumah di Kota Bengkulu betul-betul layak huni, dan kita anggarkan di APBD, insya Allah, mohon doanya," kata Helmi.

 

2 dari 2 halaman

Bukti Pemerintah Hadir

Lewat program ini, pemerintah hadir saat masyarakat terkena musibah. Yaitu dengan membangun kembali hunian warga yang rusak.

Plt Dinas Kominfosan Kota Bengkulu, Eko Agusrianto, mengatakan anggaran untuk program HD Bahagia diperkirakan mencapai Rp1 miliar dari APBDP dengan leading sector pada Dinas PUPR. Renovasi tiap rumah dianggarkan sekitar Rp35-40 juta.

Program ini dilaksanakan oleh tim. Tim tersebut bertugas memantau kondisi rumah warga yang layak menerima bantuan rehab.

Syarat untuk mendapatkan bantuan, salah satunya, status rumah adalah kepemilikan sendiri. Selain itu, rumah harus memenuhi kriteria tidak layak huni.

" Mudahan-mudahan melalui program ini nanti bisa mewujudkan program kebahagiaan bagi masyarakat Bengkulu, dan ini sebagai stimulan diharapkan semua dapat berpartisipasi, baik BUMN, swasta maupun individu," kata Eko.

Sumber: Media Center Kota Bengkulu

Join Dream.co.id