Remaja Bakar Motor Karena Tak Terima Ditilang

News | Senin, 16 September 2019 14:00
Remaja Bakar Motor Karena Tak Terima Ditilang

Reporter : Maulana Kautsar

Pelaku dibawa ke Mapolsek Ciranjang.

Dream - Aksi pengemudi sepeda motor yang ditilang di Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat menjadi sorotan warganet. Pengemudi bernama Muhadi, 20 tahun, itu membakar motor miliknya usai ditilang polisi karena tak memiliki surat-surat dan tak mengenakan helm.

Aksi pemuda asal Desa Karangwangi, Kecamatan Ciranjang, itu diunggah di Instagram.

Dilaporkan Cianjur Ekspres, Kapolres Ciranjang, Kompol Kuslin mengatakan, pembakaran itu dilakukan pada Sabtu, 14 September 2019 sekitar pukul 4 sore.

Awalnya, kata Kuslin, anggota Satuan Lalu Lintas Polsek Ciranjang, Brigadir Cep Ismatullah menghentikan Muhadi yang sedang membonceng kawannya tanpa mengenakan helm. Sepeda motor yang mereka tumpangi juga tidak dipasangi plat nomor.

 

2 dari 6 halaman

Alasannya?

Setelah diperiksa, Muhadi tidak bisa menunjukkan surat kepemilikan kendaraan dan surat izin mengemudi. Dia beralasan, surat-surat itu tertinggal di rumah.

" Tapi di belakangnya ternyata ada orang tua dari pengendara tersebut, melaju di belakangnya. Ketika ditanyakan ke orangtuanya, ternyata kendaraan tersebut tidak ada surat-suratnya atau bodong," ujar Kuslin.

Anggota kepolisian sempat berbincang dengan orang tua Muhadi mengenai asal kendaraan. Tetapi, tiba-tiba Muhadi yang tak terima dengan penangkapan itu membakar sepeda motor Yamaha Vega tersebut.

" Pengendara tersebut membuka bagian karburator sepeda motor dan membakarnya," ujar dia.

Kuslin mengatakan, Muhadi kini dibawa ke Mapolsek Ciranjang untuk dimintai keterangan terkait aksi nekatnya membakar motor pribadinya.

Sumber:  Cianjur Ekspres

4 dari 6 halaman

Tangis Adi Saputra, Perusak Motor yang Dijerat Pasal Berlapis

Dream - Pengendara motor yang mengamuk dan merusak motor usai ditilang, Adi Saputra, ditetapkan Polres Tangerang Selatan sebagai tersangka. Dia dijerat pasal berlapis oleh polisi.

" Atas kejadian itu, Satreskrim melakukan penyelidikan, kita cek berdasarkan pelat nomor di samsat, ternyata tidak sesuai peruntukannya artinya tidak sesuai," kata Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ferdy Irawan, dilaporkan Merdeka.com, Jumat, 8 Februari 2019.

Ferdy mengatakan, motor tersebut diketahui milik Nur Iksan. Motor itu digadaikan Iksan kepada seorang berinisial D.

" Waktu itu, digadaikan si pemilik seharga Rp6 juta kepada D, dengan perjanjian satu juta per bulan dan ketika mampu diambil," ujar dia.

Tetapi, D tidak bisa dihubungi. Motor Iksan kemudian dibawa oleh Adi.

Atas informasi Nur Iksan itu, polisi bergerak mengamankan Adi Saputra.

" Adi saputra kami telah tetapkan sebagai tersangka, tadi malam kami amankan di rumah kontrakannya di Rawa Mekar, Serpong. Ada beberapa pasal yang kami sangkakan," ucap dia.

 

5 dari 6 halaman

Dikenakan Pasal Berlapis

Polisi menjerat Adi dengan pasal 263 pidana tentang Pemalsuan Dokumen, pasal 372 tentang Penggelapan, dan pasal 378 tentang Penipuan. Adi juga dikenakan pasal 480 tentang Penadah barang hasil kejahatan.

" Pasal 233 KUHP karena tersangka merusak barang yang digunakan untuk pembuktian sesuatu di depan petugas umum," kata dia.

Selain lima pasal itu, Adi juga dikenai pasal 406 KUHP tentang Perusakan sepeda motor. " Yang pasti Nur Iksan keberatan karena sepeda motornya dirusak," ucap dia.

 

6 dari 6 halaman

Minta Maaf Sembari Mewek

Saat gelar perkara, Adi menyampaikan permintaan maafnya. Dia mengatakan, berjanji tidak akan mengulangi perbuatan buruknya.

" Saya minta maaf atas perbuatan saya yang tidak terpuji. Saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Saya sangat berterimakasih kepada pihak kepolisian yang telah menegur saya agar lebih baik dalam berkendara dan mematuhi lalu lintas. Sekali lagi saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia dan khususnya kepada pihak kepolisian. Mohon permohonan maaf saya diterima," kata Adi sembari menangis.

Usai meminta maaf, Adi Saputra langsung mencium tangan Bripka Oky, Polantas yang menilangnya.

Sumber:

Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?
Join Dream.co.id