Orang Tua Tak Mampu Beli Susu, Bayi di Polewali Diberi Kopi 5 Gelas Tiap Hari

News | Jumat, 20 September 2019 07:12
Orang Tua Tak Mampu Beli Susu, Bayi di Polewali Diberi Kopi 5 Gelas Tiap Hari

Reporter : Idho Rahaldi

Sangat berbahaya...

Dream - Boleh saja pemerintah mengklaim perekonomian negeri sudah membaik. Angka kemiskinan sudah turun. Tapi nyatanya, masih saja ada cerita miris di tengah masyarakat kita.

Dengarlah kisah balita di Desa Tonro Lima, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berikut ini. Karena keluarga yang tidak mampu membelikan susu, orang tuanya terpaksa meminumkan kopi kepada bayi berusia 14 bulan ini.

Bagi keluarga yang mampu secara materi, memberi asupan bergizi kepada anak mereka tentu tidaklah berat. Susu sebagai sumber protein menjadi asupan wajib untuk anak-anak mereka.

Tapi bagi keluarga kurang mampu, tentu tidak demikian. Susu benar-benar menjadi menu mewah. Jangankan susu untuk anak, terkadang beras pun tidak terbeli.

Dan, kisah miris ini menjadi sorotan media, tak hanya di tanah air, tapi juga dari negeri seberang lautan sana. Salah satu yang mengangkat kisah memprihatinkan ini adalah World Of Buzz.

2 dari 6 halaman

Kopi Tubruk

Laman World Of Buzz menulis bahwa bayi malang bernama Hadijah Haura ini ramai menjadi perbincangan di media sosial karena sudah meminum kopi tubruk, bahkan sejak usianya masih enam bulan.

Orang tua Hadijah mengaku tak mampu memberikan susu pada anaknya. Mereka pun terpaksa memberi kopi tubruk sebagai pengganti susu.

Hadijah mampu menghabiskan lima gelas atau setara dengan 1,5 liter kopi tubruk setiap harinya. Tetapi, meskipun telah mengonsumsi susu sejak berusia enam bulan, pertumbuhan Khadijah tak berbeda dari bayi pada umumnya.

Bahkan pada usia satu tahun dua bulan, Hadijah sudah bisa berjalan dan bermain bersama teman-temannya.

3 dari 6 halaman

Berbahaya

Orang tua Hadijah hanya bekerja sebagai buruh kupas kopra. Jika kerja berdua, sehari-harinya mereka hanya mendapat Rp40 ribu. Itupun digunakan untuk makan dan keperluan lainnya.

Viralnya kisah Hadijah mengundang simpati masyarakat. Hingga kini banyak masyarakat yang berdatangan kerumah Anita dan Sarifuddin selaku orang tua Hadijah untuk memberikan bantuan.

Hal ini juga menjadi atensi Dinas Kesehatan Polewali Mandar langsung turun tangan mengurus kesehatan Hadijah.

Andi Suaib Nawawi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, menegaskan bahwa memberikan kopi pada balita bukanlah tindakan yang tepat untuk dilakukan, karena kopi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan untuk bayi.

Meski tubuh Hadijah tidak menunjukkan tanda-tanda gangguan alias normal. Namun jika dalam jangka panjang masih mengonsumsi kopi bisa berpotensi untuk mengganggu pertumbuhannya.

Sehingga, petugas kesehatan menganjurkan untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan minum kopi.

4 dari 6 halaman

Mungkin Inilah Bayi Paling Keren di Dunia

Dream - Angel Taylor, ibu tiga anak dari Bremerton, Washington, terkejut saat melahirkan anak ke empatnya melalui bedah Caesar awal bulan ini.

Bagaimana tidak? Setelah empat hari yang menakutkan dan menegangkan, bayi Sullivan lahir dengan gaya yang tidak tidak biasa

Menurut laman People, bayi Sullivan mengangkat kedua tangannya tinggi-tinggi sambil tersenyum lebar, seolah merasa sangat bahagia bisa lahir ke dunia.

Momen menggemaskan di ruang bersalin itu sempat diabadikan oleh seorang fotografer profesional bernama Laura Shockley.

" Saya pikir itu sangat lucu karena dia mungkin sering seperti itu di dalam perut saya, dia selalu meregangkan tangannya," kata Taylor kepada People.

" Saya pernah bilang saat dia masih di dalam kandungan 'Kamu bisa melakukannya dengan leluasa saat sudah keluar'. Dan ternyata dia benar-benar melakukannya," tambah wanita 33 tahun itu.

Ibu dan bayi tersebut sekarang sudah pulang dari rumah sakit, dan dalam keadaan sehat di rumah mereka.

 Bayi Paling Keren Telah Lahir

Karena gayanya saat lahir terbilang unik, Sullivan mendapat julukan sebagai bayi paling keren di dunia dari ibunya.

" Dia memang benar-benar bayi paling keren. Dia sangat manis dan sangat tenang. Dia sangat jarang menangis.

" Sullivan sangat senang didekap. Pokoknya dia bayi yang keren abis," pungkas Taylor.

5 dari 6 halaman

Bayi Ini Hidup Lagi Jelang Dimakamkan

Dream - Sepasang suami istri terkejut ketika bayi mereka yang meninggal dunia tidak lama selepas dilahirkan, hidup kembali ketika dibawa untuk dikebumikan.

Varsha Bidawat, 21, melahirkan sepasang bayi kembar di sebah rumah sakit swasta di Shalimar Bagh pada 30 November lalu.

Namun bayi perempuannya dinyatakan meninggal dunia setelah dilahirkan. Begitu juga dengan kembarannya, bayi lelaki mengalami nasib serupa. Meninggal setelah mendapatkan perawatan.

Suami Varsha, Aashish Kumar, berkata selepas mengetahui kematian anak kembarnya, dokter membungkus jenazah bayi itu dan diletakkan ke dalam plastik.

Ujarnya, ketika mayat anaknya dibawa ke tempat penguburan, plastik yang membungkus bayi laki-laki tiba-tiba bergerak.

" Kami terus menghentikan mobil dan membuka bungkusan itu karena mendapati bayi itu bergerak-gerak.

" Kami kemudian bergegas ke sebuah rumah sakit dan dokter menyatakan bayi lelaki kami masih hidup," katanya.

Bayi seberat 75 gram itu kini ditempatkan di unit perawatan khusus anak. Sementara itu, pihak berwenang mengatakan kasus itu sedang diselidiki dan pihak rumah sakit mungkin akan dikenakan sanksi jika terbukti melakukan kelalaian.

6 dari 6 halaman

Tingkah Bayi Baru Lahir Ini Bikin Dunia Terharu

Dream - Setiap bayi yang lahir adalah anugerah dari Allah SWT. Setiap ibu pasti tidak bisa menahan air mata saat melihat pertama kali melihat anaknya yang baru lahir.

Momen itu adalah saat yang paling emosional dan menggembirakan bagi seorang ibu. Apalagi jika bayi yang baru dilahirkan memperlihatkan tingkah lucu dan menggemaskan.

Itulah yang diperlihatkan oleh bayi bernama Agata Ribeiro Coelho yang baru lahir melalui operasi Caesar. Saat pertama kali diperkenalkan di dunia, Agata langsung memeluk wajah ibunya.

Yang lebih menggemaskan, Agata tidak mau melepaskan pelukannya. Dia seolah telah menemukan kenyamanan saat pertama kali berada dekat dengan ibunya di dunia.

Brenda Coelho de Souza, ibunda Agata, sangat tersentuh oleh tingkah bayi perempuan yang baru lahir itu. " Sungguh momen yang luar biasa saat putriku memelukku untuk pertama kalinya.

" Tim medis telah bekerja dengan hebat dan semua benar-benar terkejut saat dia bertingkah seperti ini. Mereka tidak percaya betapa sayangnya dia kepadaku," kata Brenda.

Terkait
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id