Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sholat Tarawih di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Ditiadakan

Sholat Tarawih di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Ditiadakan Masjidil Haram

Dream - Kepala Pengurus Dua Masjid Suci, Syeikh Abdulrahman As Sudais, menyatakan ibadah sholat Tarawih berjemaah di Masjidil Haram Mekah dan Masjid Nabawi Madinah akan ditiadakan pada Ramadhan tahun ini. Tak hanya itu, masjidil haram juga akan disterilkan dari aktivitas ibadah itikaf.

Pernyataan tersebut disampaikan Syeikh Sudais melalui cuitan di akun resmi Twitternya. Dalam cuitannya, Syeikh Sudais menyatakan ditiadakannya ibadah Ramadhan maupun sholat fardlu berjemaah di dua masjid suci tersebut untuk mencegah meluasnya pandemi virus corona.

Dikutip dari Alarabiya, setiap Ramadhan tiba, umat Islam memadati area Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk melaksanakan sholat Tarawih. Terlebih ketika 10 malam terakhir, banyak yang menjalankan itikaf.

Bulan lalu, Arab Saudi telah menangguhkan sholat jemaah di seluruh masjid di kawasan kerajaan untuk mencegah penularan Covid-19. Umat Islam Saudi diminta melaksanakan sholat di rumah.

Selama masa tersebut, sholat di luar rumah hanya boleh dikerjakan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tetapi, tidak dengan berjemaah namun sendiri-sendiri.

Awal pekan ini, Dewan Ulama Senior Saudi menyerukan umat Islam di dunia untuk menjalankan ibadah Ramadhan di rumah. Terutama untuk mereka yang tinggal di negara-negara menerapkan lockdown.

Keputusan untuk menangguhkan sholat di masjid muncul usai pertemuan antara Dewan Ulama Senior dengan Menteri Kesehatan Saudi.

"Ini sejalan dengan kewajiban agama yang ditentukan oleh syariat Islam dan aturan umum serta rinciannya. Setiap orang tahu pandemi ini membutuhkan tindakan pencegahan, termasuk mencegah setiap orang berkumpul tanpa terkecuali," kata Sekjen Liga Muslim Dunia yang berbasis di Mekah, Mohammed Al Issa.

Dewan Ulama Saudi: Umat Islam Dunia Harap Ibadah Ramadan di Rumah

Dream - Dewan Ulama Senior Arab Saudi menyerukan umat Islam di seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah Ramadan di rumah. Terutama mereka yang tinggal di negara-negara yang menerapkan penguncian wilayah atau lockdown untuk mencegah pandemi virus corona.

"Umat Islam harus memberikan contoh dengan melaksanakan kewajiban keagamaan mereka, sembari mematuhi langkah-langkah pencegahan yang dikeluarkan oleh otoritas terkait di negara tempat mereka tinggal," demikian pernyataan Dewan Ulama Senior Saudi, dilaporkan Saudi Press Agency.

Dikutip dari Alarabiya, dewan juga meminta umat Islam untuk tetap menjalankan ibadah baik wajib maupun sunah selama Ramadan, namun tetap menahan diri dan tidak membahayakan orang lain. Caranya dengan melaksanakan ibadah di rumah.

Virus corona dapat menyebar melalui cairan lendir ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Atau bisa lewat air liur maupun ingus yang keluar dari hidung.

Pada Jumat pekan lalu, Mufti Agung Saudi menyatakan sholat tarawih Ramadan dan sholat Idul Fitri harus dilakukan di rumah. Ini untuk menekan penyebaran Covid-19.

Sejumlah negara kawasan Timur Tengah seperti Persatuan Emirat Arab, Mesir, telah meniadakan sholat jemaah di masjid hingga waktu yang belum ditentukan. Mesir sendiri juga telah meniadakan buka puasa bersama dan seluruh aktivitas Ramadan.

Pandemi Corona Belum Reda, Masjidil Aqsa Ditutup Selama Ramadan

Dream - Masjidil Aqsa di Yerusalem, Palestina, akan berbeda pada Ramadan nanti. Tidak akan ada lagi keramaian orang ibadah selama bulan puasa di masjid tersebut.

Dewan Wakaf Islam Yerusalem menutup Masjidil Aqsa selama Ramadan. Langkah ini perlu diambil oleh lembaga resmi Pemerintah Yordania tersebut untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona.

Dewan Wakaf Islam menyatakan keputusan tersebut diambil dengan sangat berat dan menyakitkan. Tetapi harus diambil mengikuti fatwa para ulama dan anjuran dari otoritas kesehatan.

Setiap Ramadan, Masjidil Aqsa dibanjiri umat Islam dari seluruh dunia. Ruangan masjid dipenuhi para jemaah Sholat Tarawih.

Laman The Star melaporkan, pengumuman ini memperpanjang larangan sholat berjemaah di Al Aqsa yang sebelumnya diumumkan pada 23 Maret lalu.

 

Anjuran Ibadah di Rumah

Walaupun Ramadan tiba tidak lama lagi, dewa menganjurkan umat Islam tetap menjalankan ibadah di rumah demi menghindari terpapar dan meluasnya virus corona.

"Warga muslim dianjurkan sholat di rumah selama Ramadan demi keselamatan mereka," demikian pernyataan dewan.

Yerusalem merupakan tempat suci bagi tiga agama besar di dunia yaitu Yahudi, Kristen dan Islam. Para pemuka dari tiga agama ini sudah mengumumkan larangan beribadah di masing-masing tempat ibadah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pekan lalu ibadah Paskah di Tembok Barat Yerusalem dan seantero Israel juga ditiadakan. Warga dianjurkan tetap berada di rumah merayakan hari besar keagamaan itu bersama keluarga.

Israel hingga kini melaporkan sedikitnya 12.600 kasus positif corona dengan 140 kematian. Di Jalur Gaza dan Tepi Barat sudah ada dua kematian dari 300 kasus.

Semua masjid di Gaza juga ditutup sejak 25 Maret dan di Tepi Barat sejak 14 Maret.

Saudi Tiadakan Sholat Tarawih di Masjid Selama Pandemi Corona

Dream - Arab Saudi meniadakan ibadah Sholat Tarawih Ramadan di semua masjid. Keputusan ini diumumkan menyusul situasi yang semakin mengkhawatirkan akibat pandemi virus corona.

Menurut laporan media berbahasa Arab, Al Riyadh, Menteri Urusan Agama Islam Saudi, Abdul Latif Al Sheikh, menyatakan Sholat Tarawih lebih baik dijalankan di rumah. Hal ini selama situasi masih tetap sama akibat pandemi yang melanda Saudi.

"Penangguhan sholat lima waktu di masjid lebih penting dari pada penangguhan Sholat Tarawih. Kami memohon kepada Allah SWT agar menerima amalan Sholat Tarawih, baik yang dikerjakan di masjid-masjid ataupun di rumah," kata Abdul Latif, dikutip dari Khaleej Times.

Penangguhan sholat di masjid dijalankan untuk mencegah meluasnya pandemi Covid-19. Sudah ada sejumlah kasus positif Covid-19 di Saudi.

Selain mengenai sholat di Masjid, Abdul Latif juga menyatakan Sholat Jenazah untuk kematian pasien Covid-19 cukup dikerjakan oleh 5 hingga 6 orang saja. Selebihnya, bisa dilakukan di rumah.

150 Bangsawan Saudi Diduga Tertular Covid-19

Dream - Pangeran senior Arab Saudi yang juga menjabat Gubernur Riyadh, menjalani perawatan intensif di rumah sakit karena Covid-19.

Tidak hanya dia, beberapa orang anggota keluarga kerajaan Arab Saudi juga dikabarkan sakit.

Rumah Sakit Spesialis King Faisal menyiapkan 500 tempat tidur untuk para bangsawan lain dan orang-orang yang terdekatnya.

"Arahan harus siap untuk para VIP dari seluruh negara," tulis Rumah Sakit Spesialis King Faisal, dikutip The New York Times, akhir pekan lalu. 

"Kami tidak tahu berapa banyak kasus yang akan kami dapatkan, tetapi waspada," tulis pesan itu.

Pesan itu juga tertuang, instruksi untuk memindahkan pasien kronis secepatnya. Rumah sakit hanya akan menerima kasus mendesak utama.

Saat ini, setiap anggota staf yang sakit akan memberikan ruang bagi para bangsawan.

Lebih dari enam pekan setelah Arab Saudi melaporkan kasus pertamanya, virus corona membuat teror ke jantung keluarga kerajaan kerajaan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Keutamaan Sholat Tarawih 10 Malam Terakhir Ramadhan yang Luar Biasa, Sayang Dilewatkan!

Keutamaan Sholat Tarawih 10 Malam Terakhir Ramadhan yang Luar Biasa, Sayang Dilewatkan!

Menunaikan sholat Tarawih secara khusyuk dan penuh keikhlasan di 10 malam terakhir Ramadhan akan meningkatkan kualitas ibadah seseorang.

Baca Selengkapnya
Jadwal Imsakiyah Rabu 20 Maret 2024, dan Amalan Sunah Puasa Ramadan

Jadwal Imsakiyah Rabu 20 Maret 2024, dan Amalan Sunah Puasa Ramadan

Bukan hanya menunaikan ibadah puasa wajib, umat islam sebaiknya memperbanyak amalan sunah selama Ramadan.

Baca Selengkapnya
Bisakah Meraih Pahala Malam Lailatul Qadar Hanya dengan Begadang? Begini Penjelasan Quraish Shihab

Bisakah Meraih Pahala Malam Lailatul Qadar Hanya dengan Begadang? Begini Penjelasan Quraish Shihab

I'tikaf di masjid dan menjalankan berbagai amalan menjadi cara untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Sebentar Lagi Usai, Inilah 6 Doa Akhir Ramadan yang Sebaiknya Diamalkan Umat Islam

Sebentar Lagi Usai, Inilah 6 Doa Akhir Ramadan yang Sebaiknya Diamalkan Umat Islam

Sebagai umat Islam tentu memiliki harapan besar agar dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan di tahun mendatang.

Baca Selengkapnya
Jadwal Imsakiyah Senin 18 Maret 2024 dan Waktu Utama Sholat Tarawih

Jadwal Imsakiyah Senin 18 Maret 2024 dan Waktu Utama Sholat Tarawih

Beberapa ulama berpendapat tentang waktu utama menunaikan salat tarawih.

Baca Selengkapnya
Keutamaan Sholat Subuh yang Luar Biasa, Apalagi jika Berjamaah, Pahalanya Setara Haji dan Umrah

Keutamaan Sholat Subuh yang Luar Biasa, Apalagi jika Berjamaah, Pahalanya Setara Haji dan Umrah

Meski jumlah rakaatnya paling sedikit, namun keutamaan sholat subuh sangat luar biasa.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Gak Semudah Itu

NOTED KAK! Gak Semudah Itu

Sahabat Dream, kalian pasti pernah kan membayangkan bekerja di Jakarta bakal enak? Harapan seringkali tak sesuai kenyataan lho.

Baca Selengkapnya
Benarkah Salaman setelah Sholat Adalah Bid'ah? Begini Pendapat Para Ulama yang Penting Diketahui Umat Islam

Benarkah Salaman setelah Sholat Adalah Bid'ah? Begini Pendapat Para Ulama yang Penting Diketahui Umat Islam

Setelah menyelesaikan sholat, setiap jemaah akan menyalami jemaah lainnya yang berada di samping, depan, maupun belakang.

Baca Selengkapnya
Umat Islam Wajib Tahu! Inilah Tanda-Tanda Puasa Ramadan Diterima Allah SWT

Umat Islam Wajib Tahu! Inilah Tanda-Tanda Puasa Ramadan Diterima Allah SWT

Meski sudah berusaha menjalankan puasa sebaik mungkin, namun tidak baik jika terlalu percaya diri puasa kita diterima Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Jumat Terakhir Bulan Syaban Sebelum Muslim Menyongsong Ramadan, Inilah Doa yang Sebaiknya Diamalkan

Jumat Terakhir Bulan Syaban Sebelum Muslim Menyongsong Ramadan, Inilah Doa yang Sebaiknya Diamalkan

Pada akhir bulan Syaba adalah kesempatan untuk meningkatkan ibadah dan keimanan.

Baca Selengkapnya
Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah milik Ustad Abudl Somad atau UAS berada di perkampungan dengan jalan yang cuma muat dilintasi satu mobil.

Baca Selengkapnya