Survei: Kepercayaan pada Vaksin Covid-19 Naik, Kekhawatiran Efek Samping Turun

News | Senin, 8 Maret 2021 07:01
Survei: Kepercayaan pada Vaksin Covid-19 Naik, Kekhawatiran Efek Samping Turun

Reporter : Ahmad Baiquni

Survei ini melibatkan 13 ribuan responden dari berbagai negara.

Dream - Tingkat kepercayaan publik terhadap vaksin Covid-19 di sejumlah negara mengalami peningkatan. Sementara kekhawatiran akan efek samping yang timbul menunjukkan penurunan.

Temuan ini diperoleh dari hasil survei Imperial College London's Institute of Global Health Innovation (IGHI) dan firma survei YouGov.

Survei tersebut mendapat temuan kesediaan orang untuk menerima suntikan meningkat di sembilan dari 14 negara lokasi survei seperti Prancis, Jepang, dan Singapura.

Data terkini survei yang berlangsung 8-21 Februari 2021 mendapat temuan warga Inggris sangat ingin divaksin. Sebanyak 77 persen responden menyatakan mereka akan mengambil vaksin dalam kerangka melindungi diri dari Covid-19.

Jumlah ini meningkat dari November lalu sebanyak 55 persen. Peningkatan terjadi cukup cepat setelah vaksin pertama Covid-19, yang dikembangkan Pfizer-BioNTech, mendapat izin penggunaan dari regulator Inggris.

Masyarakat di Prancis, Singapura, dan Jepang juga mengungkapkan hal senada. Mereka menyatakan ingin mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, dengan tingkat responden masing-masing 40 persen, 48 persen, dan 48 persen.

2 dari 2 halaman

Angka ini juga mengalami peningkatan. Dibandingkan pada November, responden di tiga negara itu yang menyatakan ingin menerima vaksin sekitar 25 persen, 36 persen, dan 39 persen.

Survei ini juga mendapat temuan kekhawatiran terhadap efek samping vaksin menurun di sebagian besar negara. Sekitar 45 persen responden menyatakan khawatir dengan efek samping yang timbul.

Demikian halnya dengan warga di Prancis, Singapura dan Jepang. Saat ini responden paling khawatir tentang efek samping, dengan sekitar 6 dari 10 orang, dengan tingkat masing-masing 56 persen, 59 persen, 61 persen), sedangkan Inggris adalah yang paling tidak khawatir.

Survei terbaru melibatkan lebih dari 13.500 orang di Australia, Inggris, Kanada, Denmark, Prancis, Jerman, Israel, Italia, Jepang, Belanda, Norwegia, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, dan Swedia, dkutip dari Voice of America.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id