54 Karyawan Positif Covid-19, RRI Surabaya Lockdown 3 Minggu

News | Selasa, 14 Juli 2020 10:00
54 Karyawan Positif Covid-19, RRI Surabaya Lockdown 3 Minggu

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Sumarlina mengatakan, sebanyak 54 orang karyawannya terkonfirmasi positif corona berdasarkan hasil tes swab pertama.

Dream - Sebanyak 54 karyawan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) di Surabaya, Jawa Timur, terinfeksi Covid-19. Akibatnya, stasiun RRI Surabaya ditutup selama tiga minggu.

" Sejak 27 Juni manajemen sudah mengambil sikap dengan melakukan lockdown kepada seluruh karyawan sampai 12 Juli," kata Kepala LPP RRI Surabaya, Sumarlina, dikutip dari , Selasa 14 Juli 2020.

Keputusan lockdown itu diambil meski hasil tes usap pertama yang dilakukan 26 Juni baru keluar pada 11 Juli 2020. Di tengah masa menunggu hasil tes usap pertama, RRI Surabaya melakukan tes usap ke dua pada 6 Juli silam. Hasil tes usap ke dua itu keluar lebih cepat, diketahui keesokan harinya.

Hasil tes usap ke dua menyatakan 100 persen pegawai RRI Surabaya negatif Covid-19. Sehingga, RRI Surabaya berencana mengakhiri status lockdown pada 13 Juli 2020. " Dan akan kembali operasional optimal," ujar Sumarlina.

2 dari 3 halaman

Tapi, pada 11 Juli hasil tes usap pertama keluar. Hasil swab test pertama menunjukkan bahwa ada 54 karyawan RRI Surabaya positif terinveksi Covid-19.

Sehingga rencana pencabutan status lockdown pada 13 Juli dibatalkan. Akhirnya, lockdown dinyatakan diperpanjang dua hingga tiga minggu ke depan.

3 dari 3 halaman

Untuk menindaklanjuti hasil tes usap berbeda tersebut, 54 karyawan yang telah melakukan swab pertama dan ke dua, menjalani tes swab lagi untuk ke tiga kalinya, di rumah sakit Premier. Namun sayang, belum diketahui kapan hasil tes ke tiga itu bisa diketahui.

Sumarlina mengatakan, swab test tersebut difasilitasi oleh Pemerintah Kota Surabaya. " Swab dilakukan atas dukungan atau bantuan Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya," ujarnya.

Join Dream.co.id