Supermoon Terbesar dan Tercerah pada 2020 Terjadi Malam Ini

News | Selasa, 7 April 2020 20:50
Supermoon Terbesar dan Tercerah pada 2020 Terjadi Malam Ini

Reporter : Maulana Kautsar

Tetap amati supermoon dari rumah ya.

Dream - Puncak supermoon atau bulan purnama perige akan terjadi malam ini hingga Rabu, 8 April 2020 dini hari.

"Akan terlihat bulatan Bulan yang ukurannya cukup besar dibandingkan biasanya. Ya, karena pada malam itu ia sedang menuju jarak terdekatnya dari Bumi pada tahun ini," info Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa, 7 April 2020.

Bulan purnama akan mendekat ke bumi pada pukul 01.08 WIB pada 8 April 2020. Di waktu itu, bulan berada pada posisi 356.910 kilometer dari Bumi.

Saat jarak tersebut, jari-jari bulan tampak dari Bumi sebesar 16,73 menit busur. Delapan jam 27 menit kemudian, bulan berada di fase purnama.

Menurut BMKG, bulan purnama perige malam nanti merupakan satu dari tiga supermoon pada 2020. Dua supermoon lainnya terjadi pada 10 Maret 2020 yang sudah lewat dan 7 Mei 2020 nanti.

"Pada kedua supermoon ini, ukuran jari-jari Bulan sedikit lebih kecil daripada ukuran Bulan purnama perige pada 8 April 2020 nanti. Karena itu, supermoon 8 April 2020 merupakan “puncak” supermoon pada 2020 ini," kata BMKG.

Meski berpotensi untuk mengamati, BMKG meminta masyarakat menikmati Supermoon dari rumah. Ini sesuai dengan anjuran pemerintah untuk menjaga social distancing untuk mencegah penularan Covid-19 akibat virus Corona.

2 dari 5 halaman

Ada Supermoon Malam Ini, Masyarakat Diimbau Berhati-hati

Dream - Badan Meteorolgi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengimbau masyarakat mewaspadai potensi gelombang pasang, Selasa 19 Februari 2019. Sebab, malam nanti terjadi fenomena Super Snow Moon yang berpotensi memicu air pasang maksimum.

Pada fenomena itu, posisi bulan berada pada titik terdekat dengan bumi. Dengan posisi tersebut, gravitasi bulan akan semakin besar, sehingga memicu air pasang. 

Melalui keterangan tertulisnya, BMKG meminta masyarakat, khususnya yang berada di pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan, mewaspadai datangnya gelombang tinggi.

BMKG juga mengingatkan adanya potensi gelombang tinggi yang berpotensi mengganggu trasnportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Aktivitas bongkar muat yang ada di pelabuhan juga berpotensi terdampak akibat adanya pasang maksimum air laut serta aktivitas petani garam dan perikanan darat juga akan terdampak.

BMKG meminta masyarakat memperhatikan imbauan BMKG melalui maritim.bmkg.go.id, Twitter, dan Instagram BMKG @BMKGmaritim. Masyarakat juga dapat menghubungi langsung melalui call center 021-6546315/18 atau dapat menghubungi kantor BMKG terdekat.

3 dari 5 halaman

Jangan Lewatkan Fenomena Purnama Perigee Malam Ini

Dream - Fenomena bulan besar kembali mewarnai langit malam ini, Selasa 19 Februari 2019. Kali ini memang tidak akan terjadi gerhana, namun hanya akan terjadi Purnama Perigee atau dikenal dengan Supermoon.

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi purnama perige mulai terjadi mulai pukul 16.02 WIB. Puncak purnama terjadi pada 22.53 WIB.

Saat Purnama Perigee, ukuran bulan terlihat lebih besar dari purnama biasanya. Ini disebabkan bulan berada pada jarak yang dekat dengan bumi. Tidak hanya itu, bulan juga terlihat lebih terang. Bentuk bulan akan terlihat seperti bola kuning besar.

Dikutip dari laman Langitselatan.com, bulan di perigee akan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi, yaitu 356.761 kilometer. Bulan akan berada di cakrawala sejak matahari terbenam hingga fajar tiba.

"Kesempatan baik untuk mengamati bulan dan kawah-kawahnya," demikian informasi yang tertera di laman tersebut.

Bulan Purnama Perigee adalah supermoon. Ini disebabkan bulan memasuki fase purnama saat berada di jarak terdekat dengan bumi. Sepanjang 2019, purnama perigee diprediksi terjadi sebanyak 3 kali.

4 dari 5 halaman

Ada Supermoon, Warga di Pesisir Jakarta Diminta Waspada

Dream - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengimbau masyarakat di pesisir pantai berhati-hati. Imbauan ini dibuat lantaran pada 19 hingga 21 Januari 2019 ada fenomena Supermoon yang dapat menyebabkan gelombang tinggi.

"Malam Minggu nongkrong di pantai? Waspadai pasang maksimum air laut," tulis akun Instagram @infobmkg, seperti diakses Dream, Jumat 18 Januari 2019.

BMKG menjelaskan, fenomena Supermoon ini terjadi karena jarak bulan dan bumi dalam posisi terdekat. Kondisi ini ditambah dengan adanya bulan purnama.

BMKG mengimbau masyarakat yang berada di wilayah pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, Cilacap, pesisir Tanjung Benoa, Bali, pesisir Kalimatan Barat, dan pesisir Makassar untuk berhati-hati.

"Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," kata BMKG.

5 dari 5 halaman

Pernyatan BMKG

Berikut pernyataan BMKG dari akun Instagram @infobmkg:

" MALAM MINGGU NONGKRONG DIPANTAI? WASPADAI PASANG MAKSIMUM AIR LAUT

Adanya fenomena supermoon disertai dengan bulan purnama dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia.

Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi disekitar pelabuhan dan pesisir, aktifitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Oleh karena itu dihimbau untuk masyarakat pesisir pantai agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena ini terutama yang berada didaerah yang disebutkan pada infografis" .

Join Dream.co.id