Beredar SPDP Prabowo Subianto, Jadi Tersangka Kasus Makar?

News | Selasa, 21 Mei 2019 11:37
Beredar SPDP Prabowo Subianto, Jadi Tersangka Kasus Makar?

Reporter : Ahmad Baiquni

Prabowo diduga terlibat dalam upaya makar bersama dengan Eggy Sudjana.

Dream - Beredar Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus dugaan makar dengan nama Prabowo Subianto. SPDP tersebut diterbitkan oleh Polda Metro Jaya tertanggal 17 Mei 2019.

Penerbitan surat tersebut berdasarkan laporan dari DR Suriyanto SH MH MKn pada 19 April 2019. Tetapi, status Prabowo dalam SPDP tersebut sebagai terlapor.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 21 Mei 2019, terdapat beberapa pasal yang dituduhkan kepada Prabowo. Seperti Pasal 107 KUHP, Pasal 110 juncto Pasal 87, Pasal 14 ayat (1) dan (2), Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Prabowo diduga terlibat bersama-sama Eggy Sudjana melakukan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara atau makar dan atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat dan atau menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau tidak lengkap.

Saat ini, Eggy Sudjana sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar. Eggy harus mendekam di tahanan untuk kepentingan pemeriksaan.

Ketua Bidang Advokasi Partai Gerindra, Habiburrokhman, mengatakan, belum ada SPDP atas nama Prabowo Subianto. Dia juga mengaku belum menerima salinan SPDP tersebut.

" Enggak ada SPDP untuk Pak Prabowo, yang ada SPDP Eggi Sudjana," kata Habiburrokhman.

Sumber: Liputan6.com/Andry Haryanto

2 dari 4 halaman
PKB Berharap Jatah Menterinya Tidak Dikurangi
Join Dream.co.id