Sowan ke Ketum MUI, Kapolri: Perlu Sinergi Antara Polri dan Ulama

News | Senin, 1 Februari 2021 14:00
Sowan ke Ketum MUI, Kapolri: Perlu Sinergi Antara Polri dan Ulama

Reporter : Ahmad Baiquni

Silaturahmi terjalin pada Minggu malam.

Dream - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke kediaman Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, KH Miftachul Akhyar, Minggu malam, 31 Januari 2021. Listyo Sigit ingin membangun sinergisitas antarlembaga.

" Kami tidak berani ke mana-mana sebelum bertemu dengan Pak Kiai. Kedatangan kami untuk bersilaturahmi malam ini dalam rangka menjaga silaturahmi, dan kami Polri tentunya tidak dapat bekerja sendiri, perlunya sinergi dan kerja sama antara Polri dengan para ulama," ujar Listyo, dikutip dari Merdeka.com.

Listyo Sigit berharap para ulama dapat membantu tugas Polri dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Dia juga memohon masukan kepada Kiai Miftach mengenai wajah Polri yang diharapkan masyarakat.

" Tentunya, kami perlu koreksi dan kami tidak dapat menilai diri kami sendiri, perlu ada yang mengoreksi dan menilai di antaranya dari para ulama," kata dia.

2 dari 2 halaman

Kiai Miftach mengaku senang mendapat kunjungan Listyo Sigit. " Mohon maaf, karena agenda kegiatan yang padat maka silaturahmi ini dilaksanakan malam ini di kediaman saya," kata Kiai Miftach.

Keduanya terlibat perbincangan internal di kediakan Kiai Miftach. Pertemuan itu ditutup dengan penyerahan cindera mata dari Kapolri ke Ketum MUI.

Sebelumnya, Listyo bersilaturahim ke Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, serta Rabithah Alawiyah. Di NU, Listyo disambut Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj, di Muhammadiyah berjumpa dengan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, dan di Rabithah Alawiyah berbincang dengan sang Ketua Umum, Habib Zen Umar Smith.

Dalam silaturahmi yang berjalan, Listyo berharap dukungan dari para ulama untuk turut menyampaikan pesan kamtibmas melalui dakwah. Selain itu, Listyo menyatakan akan menggunakan pendekatan moderasi beragama.

Terkait
Join Dream.co.id