Sosok Dadang 'Dewa Kipas', yang Kalahkan Pecatur Dunia GothamChess

News | Minggu, 7 Maret 2021 12:01
Sosok Dadang 'Dewa Kipas', yang Kalahkan Pecatur Dunia GothamChess

Reporter : Arini Saadah

Dadang Subur berhasil tekuk gamer catur online profesional GothamChess.

Dream – Nama Dadang Subur kini sedang ramai diperbincangkan lantaran kelihaiannya bermain catur. Bapak-bapak pecatur Tanah Air ini berhasil mengalahkan Levy Rozman alias GothamChess, yang tak lain dan tak bukan adalah master internasional dalam laga catur online.

Pertandingan sengit ini terjadi di situs catur online chess.com pada 2 Maret 2021 kemarin. Kemenangan Dadang Subur dengan nama akun Dewa_Kipas itu justru menimbulkan respons negative dari penggemar GothamChess.

GothamChess merupakan sosok master catur kelas dunia sekaligus YouTuber dengan 696 ribu subscriber. Bahkan ia kerap membagikan tips bermain catur di YouTube atau tayangan langsung di Twitch.

Sepertinya para penggemar GothamChess tidak menyukai kemenangan Dadang Subur karena dicurigai melakukann kecurangan. Akibatnya akun Dewa_Kipas milik Dadang Subur di-banned dari chess.com.

2 dari 9 halaman

Akun Diblokir Sistem

 Ilustrasi
© freepik.com

Tuduhan itu mencuat setelah akun Dewa_Kipas yang dipegang oleh Dadang Subur berhasil mengalahkan gamer catur kelas dunia Levy Rozman atau lebih dikenal sebagai GothamChess. Akun Dadang dinilai mencurigakan hingga akhirnya diblokir oleh sistem.

Pemblokiran akun milik Dadang itu diceritakan oleh putranya, Ali Akbar melalui akun facebook yang kemudian viral.

Cerita Ali tersebut viral hingga ramai di forum Reddit dan sampai ke telinga GothamChess. Tentu saja akun Dewa_Kipas menjadi buah bibir masyarakat dunia.

3 dari 9 halaman

Kalahkan Gamer Catur Dunia

Meskipun akunnya dibanned oleh pihak chess.com, Dadang tidak begitu mempermasalahkannya. Karena tujuan utama dia bermain catur di Chess.com adalah ingin mencapai ELO atau rating pemain dalam dunia percaturan yakni 2.200 hingga 2.300.

Kemudian Dadang meraih rating mengagumkan saat melawan GohtamChess dengan perolehann angka 2.311. Artinya tujuan utama Dadang sebenarnya sudah tercapai. Siapa sangka waktu yang ia gunakan untuk pencapaian itu sangatlah singkat yaitu hanya tiga minggu saja.

Untuk mencapai titik itu , pria usia 60 tahun tersebut seringkali lupa waktu dan kerap mendapat omelan sang istri karena dianggap kecanduan game.

Padahal rangking ELO sendiri biasanya tidak bisa didapatkan dalam waktu sesingkat itu. Tetapi jika terus-menerus bermain hal tersebut bisa saja terwujud.

4 dari 9 halaman

Bermain Jujur

 Ilustrasi
© Facebook/@Dadang Subur

Perihal kecurangan yang dituduhkan, Ali Akbar menjelaskan ayahnya tidak melakukan kecurangan apapun saat bermain game. Klarifikasi Ali tersebut dibagikan melalui halaman facebook pribadinya.

Dadang Subur mengawali debut di dunia catur sejak masih kuliah. Ia mengikuti banyak klub catur. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk pensiun setelah pindah ke Jakarta pada 2011 silam.

“ Bapak saya itu pemain yang dulunya sering ikut turnamen. Beliau juga sempat menjadi salah satu anggota Percasi dan menjuarai banyak turnamen. Salah satunya mendapat peringkat satu di kejuaraan catur ke-37 Kota Singkawang pada 2005,” jelas Ali.

Menurtu keterangan Ali, ELO rating 2.311 yang didapatkan Dadang merupakan murni dari hasil kerja cerdasnya memainkan catur di chess.com. Sebanyak 332 turnamen sudah ia lalui sejak bergabung main catur online sejak 12 Februari 2021.

5 dari 9 halaman

Gagap Teknologi

Sebagai orang yang sudah usia lanjut dan gagap teknologi, kiprah Dadang Subur di dunia catur online tak lepas dari campur tangan sang anak.

Ali mengenalkan game tersebut kepada ayahnya, bahwa melalui game online itu ayahnya bisa bertemu dengan para pemain professional kelas dunia.

Lantas Ali membuatkan akun dan mengajari cara bermainnya. Tentu saja Dadang belajar keras memahami cara bermain game catur online ini karena dirinya mengaku gagap teknologi.

Dikarenakan kesulitan memahami berbagai menu yang ada di Chess.com, Dadang hanya memainkan mode rapid (10 menit) di Chess.com yang lebih mudah dipakai.

“ Rapid adalah satu-satunya mode yang bisa diakses dengan mudah dengan sekali klik di menu utama Chess.com. Itu satu-satunya mode yang dimainkan tanpa mengubaj pengaturan,” jelas Ali.

6 dari 9 halaman

Tiap Langkah Dicatat

Hal unik yang dilakukan Dadang saat bermain catur adalah kebiasaan mencatat tiap langkahnya. Sebelum mengenal Chess.com, Ali menyebut ayahnya sering bermain melawan komputer (bot) di aplikasi Shredder Chess.

Menurut Ali bot ini, dirancang sedemikian rupa sehingga kemampuannya setara dengan pecatur yang memiliki ELO 2.600 ke atas. Tak sekadar melawan bot, Dadang juga kerap mencatat tiap langkah yang ia buat agar paham bagaimana pola permainan orang yang memiliki ELO 2.600.

“ Di tiap pertandingan ia selalu mencatat semua langkah yang dibuat ke dalam buku notasi catur dan mengingatnya untuk dipakai di pertandingan lainnya,” ucap Ali.

7 dari 9 halaman

Gabung di Percasi

 Ilustrasi
© Facebook/Gitu Oke Ya

Bukan hal yang instan, kecerdasan Dadang dalam permainan di atas bidak catur juga berasal dari pengalamannya di masa lampau. Diketahui ia pernah bergabung dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi). Bahkan Dadang juga menjuarai berbagai turnamen catur.

" Bapak saya pernah menjuarai tujuh turnamen catur daerah. Tidak selalu juara 1, pernah juara 3, 7, hingga 13. Kalau turnamen yang diselenggarakan oleh kantor tempat ayah saya bekerja, itu (gelar juaranya) sudah tak terhitung," klaim Ali.

Buktinya Ali memiliki sejumlah dokumen yang disebar melalui akun Google Drive-nya. Dokumen-dokumen tersebut mencakup Piagam Penghargaan Kejuaraan Catur Sekota Singkawang, Kalimantan Barat, dan foto Dadang yang terpampang di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-18 Zona Kalimantan.

8 dari 9 halaman

Ingin Bertemu Pecatur Handal Tanah Air

Mengetahui akun di Chess.com yang diblokir tersebut, Dadang Subur sempat merasa sedih karena harus menanggalkan sejumlah mimpi yang ia buat. Sejak mulai bermain di situs catur online tersebut ia mengaku ingin bertemu dengan para pecatur handal Tanah Air seperti Susanto Megaranto dan Sean Winshand.

“ Salah satu tujuan awal (main catur di Chess.com) belum terwujud, yaitu bertemu dengan pemain terkenal Indonesia, seperti Susanto Megaranto atau Sean Winshand,” kata Ali.

Tentu saja impian tersebut terpaksa harus direlakan karena akunnya sudah diblokir oleh sistem.

9 dari 9 halaman

Tidak Ada Rencana Kembalikan Akun

 Ilustrasi
© freepik.com

Terlepas dari impiannya tersebut, Dadang mengaku bersyukur apabila akunnya diblokir. Sebab ia tidak lagi kecanduan game yang membuatnya kerap diomeli istrinya.

Sebab kerapkali ia lupa waktu saat sudah ikut turnamen dengan para gamer online tersebut. Selain itu ia bisa kembali menjalani hidup dengan normal.

Terkait dengan akun Dewa_Kipas, Dadang belum memiliki rencana untuk mengembalikan akunnya yang terblokir tersebut.

“ Tidak ada rencana untuk mengembalikan akun yang terblokir, biarlah bapak saya beristirahat dengan tenang,” ucap Ali.

Join Dream.co.id