Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sosok Bripda LL, Adik Brigadir J yang Dimutasi Usai Baku Tembak di Rumah Irjen Ferdy Sambo

Sosok Bripda LL, Adik Brigadir J yang Dimutasi Usai Baku Tembak di Rumah Irjen Ferdy Sambo Sosok Bripda LL, Adik Brigadir J Yang Dimutasi Usai Baku Tembak Di Rumah Irjen Ferdy Sambo (Facebook Roslin Emika)

Dream - Adik Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Bripda LL Hutabarat, dimutasi dari Mabes Polri ke Polda Jambi tak lama usai sang kakak tewas dalam baku tembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Kabar mutasi Bripda LL Hutabarat ini telah dikonfirmasi kuasa hukum keluarga Brigadir J, Martin Lukas Simanjuntak. "Infonya seperti itu ya (mutasi ke Polda Jambi). Sudah beberapa hari yang lalu," ujar Martin, Senin 18 Juli 2022.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, pun membenarkan kabar mutasi Bripda LL tersebut. "Iya sudah dimutasikan ke Polda Jambi," kata Dedi.

Dedi menjelaskan, mutasi terhadap adik almarhum Brigadir J atas permintaan keluarga dan Bripda LL. "Jadi masalah mutasi itu adalah permintaan yang bersangkutan untuk dapatnya bisa kembali ke Jambi dan itu sudah dipenuhi oleh Mabes Polri," ujarnya.

Selain itu, adik Brigadir J memilih dimutasi ke Polda Jambi agar dekat dengan keluarga. Brigadir J dan Bripda LL berasal dari Kecamatan Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

"Karena adik Brigadir Yoshua sudah dimutasikan ke Polda Jambi, dalam rangka lebih dekat keluarga memberikan support kepada orangtuanya," kata dia.

Saat di Mabes Polri, Bripda LL berdinas di bagian Pelayanan Markas. Ia melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pelayanan umum di Mabes Polri.

Bintara tingkat satu ini menjalankan tugas mulai dari angkutan, perumahan, pengawalan protokoler, penjagaan markas, dan urusan di lingkungan Polri.

Selain itu, Brigadir LL di Yanma juga bertugas untuk mengurus kebersihan hingga pintu masuk markas. Fungsi lainnya, mulai dari pemberian bimbingan dan arahan teknis pelaksanaan pelayanan markas.

Termasuk kantor kepada penyelenggara urusan dalam di semua satuan kerja (satker) lingkungan kepolisian.

Dalam salah satu unggahan di media sosial Facebook, kerabat Brigadir J mengunggah sejumlah video dan foto momen pengantaran jenazah.

Dalam akun Roslin Emika itu diketahui jika Brigadir J sangat berharap sang adik dapat berdinas bersamanya di Mabes Polri.

"Waktu adek pupu masuk polisi si abang berharap agar adeknya dapat penempatan di Mabes. Doa abangnya terkabul akhirnya adek pupu ditugaskan di Mabes. Harapan si abang agar adek pupu bisa mandiri dan siabang bisa mendidik ,membina si adek pupu," tulis akun tersebut.

Harapan Brigadir J untuk bekerja bersama sang adik harus pupus. Justru Bripda LL yang akhirnya mengantarkan kakaknya berpulang ke rumah duka dari Jakarta ke Jambi.

"Harapan siabang berakhir dengan direnggut teman sekerja nya nyawa nya. Bukan nya menjaga si adek pupu malah si adek yg mengawal dan mengantar jenazah abang baiknya ke rumah orang tua nya," ungkapnya

Terungkap Alasan Adik Brigadir J Dimutasi ke Polda Jambi usai Insiden Penembakan

Dream - Adik Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, Bripda LL dimutasi dari Mabes Polri ke Polda Jambi. Mabes Polri menyebut alasan Bripda LL dimutasi ke Polda Jambi agar dekat dengan keluarga.

Kabar mutasi Bripda LL dari Mabes Polri ke Polda Jambi diungkapkan oleh kuasa hukum keluarga Brigadir J, Martin Lukas Simanjuntak, usai membuat laporan polisi di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin 18 Juli 2022.

" Infonya seperti itu ya (mutasi ke Polda Jambi). Sudah beberapa hari yang lalu," ungkap Martin.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan mutasi Bripda LL, yang merupakan adik dari Brigadir J atau Yoshua, dari Mabes Polri ke Polda Jambi merupakan permintaan sendiri.

" Jadi, masalah mutasi itu adalah permintaan yang bersangkutan untuk bisa kembali ke Jambi," kata Dedi di Mabes Polri, Selasa 19 Juli 2022.

Menurut Dedi, alasan Bripda LL mengajukan mutasi adalah untuk dekat dengan keluarga pascainsiden baku tembak di rumah dinas eks Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo yang menewaskan Brigadir J.

Permintaan mutasi tersebut dipenuhi Mabes Polri dalam rangka memberikan dukungan kepada orang tua Brigadir J dan Bripda LL.

" Adik Brigadir Yosua sudah dimutasi ke Polda Jambi dalam rangka lebih dekat dengan keluarga, memberikan support kepada orang tuanya," kata Dedi.

Sebelumnya, Kapolri menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo dari jabatan Kepala Divisi Propam sebagai buntut baku tembak di rumah dinasnya, yang menewaskan Brigadir J. Keputusan ini diambil untuk memudahkan pengusutan kasus tersebut.

" Kita melihat ada spekulasi-spekulasi yang muncul tentunya ini akan berdampak terhadap proses penyidikan yang kita lakukan," kata Kapolri Jenderal Gigit Listyo di Mabes Polri, Senin 18 Juli 2022.

" Oleh karena itu, malam hari ini kita putuskan untuk Irjen Ferdy Sambo sementara jabatannya dinonaktifkan dan kemudian jabatan tersebut saya serahkan ke Pak Wakapalori," tambah dia.

Melaporkan Adanya Dugaan Pembunuhan Berencana

Keluarga almarhum Brigadir J juga melaporkan kasus adu tembak polisi itu dengan dugaan pembunuhan berencana di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Aduan tersebut tertuang dengan Laporan Polisi Nomor: LP/B/0386/VII/2022/SPKT/ Bareskrim Polri tanggal 18 Juli 2022.

" Laporan kita telah diterima," tutur Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J, Jhonson Pandjaitan.

Dalam aduan tersebut tertulis bahwa laporan itu terkait dengan dugaan tindak pidana pembunuhan berencana dan atau pembunuhan dan atau penganiayaan berat, sebagaimana dimaksud Pasal 340 KUHP dan atau Pasal 338 KUHP dan atau Pasal 351 KUHP.

" Tiga pasal sudah diterima," kata Jhonson.

Sumber: Liputan6.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP