Siswi MTsN 1 Malang Temukan Alat Pembasmi Bakteri Susu

News | Rabu, 24 Februari 2016 11:47
Siswi MTsN 1 Malang Temukan Alat Pembasmi Bakteri Susu

Reporter : Ahmad Baiquni

Temuan dua siswi madrasah setingkat SMP ini menjadi solusi terbaik untuk menggantikan antibiotik yang kerap dipakai peternak sapi perah untuk membunuh bakteri pada susu.

Dream - Inovasi kembali dicatatkan oleh generasi bangsa. Kali ini datang dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Malang, lembaga pendidikan yang sejenjang dengan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dua siswinya, Amelia Putri Wulandari dan Nalita Livia Chandradevi berhasil menciptakan alat yang sangat membantu peternak sapi perah. Alat tersebut dinamai Mastitis Therapeutic Technology: Innovation of Dairy Cows Matitis Therapeutic Tool Trough Electroporation Technology, yaitu alat untuk membasmi bakteri mastitis pada susu sapi.

" Dengan menggunakan alat ini, susu yang dihasilkan oleh sapi akan bebas bakteri," ujar guru MTsN 1 Malang, Lailatul Chusniah yang membimbing dua siswi tersebut, dikutip Dream dari laman kemenag.go.id, Rabu, 24 Februari 2016.

Inovasi dua siswa tersebut menyabet medali emas bidang teknologi pada Indonesia Science Project Olympiade (ISPO) 2016 di Semarang pada 20-21 Februari 2016 lalu. Salah satu anggota dewan Juri, Prof Riri Fitri Sari menyatakan alat ini menjadi solusi terbaik untuk menggantikan antibiotik yang selalu digunakan peternak untuk membasmi bakteri pada susu sapi.

" Alat ini menjadi solusi terbaik bagi peternakan sapi dan produksi susu. Sampai-sampai pihak panitia ISPO merekomendasikan kami untuk mengikuti lomba selanjutnya di Thailand. Prof. Riri Fitri Sari dari Universitas Indonesia yang menjadi juri di bidang Teknologi bersedia mendampingi kami untuk persiapan ke Thailand," kata Laili.

Alat ini sudah pernah menjalani pengujian di laboratorium Universitas Brawijaya. Selain itu, uji lapangan juga pernah dilakukan di Peternakan Dau Malang selama dua pekan.

Atas inovasi yang berhasil mereka torehkan, dua siswi MTsN 1 Malang diganjar medali emas dan uang pembinaan sebesar Rp2 juta.

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id