Dapat Ambulans Gratis Angkut Jenazah Bayi, Ibu di Bengkulu Terharu

News | Selasa, 1 Desember 2020 19:02
Dapat Ambulans Gratis Angkut Jenazah Bayi, Ibu di Bengkulu Terharu

Reporter : Ahmad Baiquni

Elia sempat diminta membayar Rp5 juta untuk jasa ambulans dari rumah sakit.

Dream - Elia Puspita Sari mengalami kondisi yang memilukan. Bayinya yang masih kecil meninggal, kesedihan warga Desa Muara Jaya, Kabupaten Kaur, Bengkulu itu bertambah lantaran tak mampu membayar biaya ambulans.

Elia mengatakan pihak RS M Yunus Bengkulu menetapkan, tarif ambulans Rp5 juta untuk mengantarkan jenazah bayinya, Arka, yang baru berusia 2 hari pulang ke rumahnya. Dia sempat mengalami kebingungan.

Dalam kondisi itu, sang ibu teringat program ambulans gratis dari Pemkot Bengkulu. Elia pun langsung menghubungi Dinas Kesehatan Kota Bengkulu dan langsung direspon.

Satu unit mobil ambulans dari Baznas dengan pengemudi Herman meluncur dari Kecamatan Selebar menuju RSMY. Elia bersama suami, Lengki Ardiansyah dan jenazah Arka diantarkan pulang ke Kabupaten Kaur.

Elia tiba di depan rumahnya sekitar pukul 11.00 WIB. Tidak ada satu rupiahpun yang harus dikeluarkan Elia untuk jasa ambulans tersebut.

" Kami sangat berterima kasih sekali khususnya kepada Wali Kota Bengkulu dan Wakil Walikota yang punya program ambulans gratis sehingga kami bisa membawa pulang jenazah bayi kami ini dari rumah sakit M. Yunus," ujar Elia, seperti disampaikan pegawai Dinkes Kota Bengkulu, Dwi yang ikut mengantar pasien.

Dwi mengatakan Elia memang mengaku diminta uang Rp5 juta untuk mengantarkan bayinya pulang dengan ambulans dari RSMY.

" Iya, si ibu itu (Elia) mengatakan RSMY minta uang Rp5 juta untuk biaya pengantaran jenazah," ucap Dwi.

Kadinkes Kota Bengkulu, Susilawaty, membenarkan tentang pengantaran pasien dan jenazah dari RSMY ke Kabupaten Kaur menggunakan ambulans milik Pemkot Bengkulu yang dipinjamkan ke Baznas. Dinkes tetap memberikan bantuan meski Elia dan keluarga bukanlah warga Kota Bengkulu.

" Alhamdulillah, pasien sudah kita antar dan kita juga sampaikan ucapan duka serta salam dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota kepada pihak keluarga yang sedang berduka," kata Susilawaty.

Sumber: Media Center Kota Bengkulu

Join Dream.co.id