Sentilan Jokowi: Kapolda, Kapolres Baru Dilantik Malah Sowan ke Ormas Bikin Ribut

News | Jumat, 3 Desember 2021 15:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Jokowi mengingatkan Polri untuk menjaga wibawa dan melindungi yang lemah, bukan malah sowan ke ormas suka berbuat keributan.

Dream - Presiden Joko Widodo menyesalkan adanya informasi terkait perilaku di lingkungan Polri. Dia menyoroti kebiasaan kapolda dan kapolres baru dilantik lalu sowan ke sesepuh ormas yang sering ribut.

" Saya kadang-kadang, saya sudah lama sekali ingin menyampaikan ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Benar ini?" ujar Jokowi, disiarkan Sekretariat Presiden.

Jokowi menanyakan alasan di balik kebiasaan tersebut. Kebanyakan jawaban yang dia terima adalah agar situasi kondusif.

" Tapi apakah cara itu betul? Hati-hati, jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum," kata Jokowi dengan nada cukup tegas.

 

Sentilan Jokowi: Kapolda, Kapolres Baru Dilantik Malah Sowan ke Ormas Bikin Ribut
Presiden Joko Widodo (YouTube/Sekretariat Presiden)
2 dari 3 halaman

Polri Harus Berwibawa

Kebiasaan ini, kata Jokowi, banyak ditemukan di lingkungan Polri. Dia menekankan kembali agar Polri harus memiliki kewibawaan.

" Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan, Polri harus memiliki kewibawaan," tegas dia.

Jokowi lalu meminta agar polisi memberikan perlindungan dan bantuan kepada yang lemah. Kepada mereka yang terpinggirkan dalam hukum.

" Hati-hati urusan pedagang kecil, lindungi," ucap Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Minta Kasus Kecil Tidak Disepelekan

Dia mengaku kerap membaca pemberitaan seputar polisi yang tidak peka terhadap masyarakat lemah. Meski masalahnya sepele, Jokowi mengingatkan hal itu bisa berdampak kepada persepsi masyarakat.

" Itu kecil-kecil, itu mungkin bukan urusannya kapolres, kapolsek. Tetap tanggung jawab kapolres, tetap tanggung jawab kapolda, yang kecil-kecil seperti ini," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan posisi Polri saat ini termasuk tiga besar institusi negara yang dipercaya masyarakat berdasarkan hasil survei kepercayaan terhadap lembaga negara. Jokowi mengingatkan betul agar Polri menjaga citra.

" Hati-hati, dipercaya itu tidak mudah. Yang kecil-kecil itu diperhatikan," ucap Jokowi dengan tegas.

Join Dream.co.id