Gara-Gara Varian Delta, Warga AS Diminta Pakai Masker Lagi

News | Rabu, 28 Juli 2021 15:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Sejumlah negara bagian di AS mencatatkan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 disebabkan varian Delta.

Dream - Sempat membolehkan lepas masker, Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat kembali meminta masyarakat Negeri Paman Sam yang sudah divaksinasi untuk memakainya lagi. Rekomendasi baru ini dikeluarkan menyusul terjadinya kembali lonjakan kasus Covid-19 di AS tersebut akibat varian Delta.

CDC merekomendasikan masyarakat mulai memakai masker di dalam ruangan dan tempat-tempat dengan risiko penularan Covid-19 yang tinggi. Para siswa juga disarankan tetap memakai masker saat masuk sekolah di musim gugur ini.

Direktur CDC, Rochelle Walensky, masih yakin orang yang divaksin tetap dapat tertular Covid-19 namun dengan risiko yang rendah. Namun demikian, orang yang sudah divaksin juga berpotensi membawa virus dengan tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya dan bisa menularkan ke orang lain.

" Pandemi ini terus menjadi ancaman serius bagi kesehatan seluruh warga Amerika. Hari ini, kami punya ilmu baru terkait varian Delta yang mengharuskan kami memperbarui panduan tentang apa yang dapat Anda lakukan ketika Anda sudah divaksinasi penuh," kata Walensky.

Panduan baru ini diterbitkan jelang musim gugur, ketika varian Delta yang sangat menular diperkirakan menyebabkan lonjakan lain dalam kasus Covid-19. Pada pertengahan Mei, CDC menyatakan orang yang divaksinasi penuh tidak perlu memakai masker di sebagian besar tempat, baik di dalam maupun di luar ruangan.

" Di daerah dengan transmisi substansial dan tinggi, CDC merekomendasikan orang yang divaksinasi lengkap memakai masker di tempat umum, pengaturan dalam ruangan untuk membantu mencegah penyebaran varian Delta, dan melindungi orang lain. Ini termasuk sekolah,” kata Walensky.

Gara-Gara Varian Delta, Warga AS Diminta Pakai Masker Lagi
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Karakter Unik Varian Delta

Walensky mengatakan data baru menunjukkan varian Delta berperilaku unik berbeda dari jenis virus sebelumnya. Juga menunjukkan beberapa orang yang divaksinasi kemudian terinfeksi varian Delta mungkin dapat menularkan ke orang lain.

Pakar kesehatan khawatir varian Delta, yang sudah menjadi bentuk dominan penyakit di AS, menyerang negara bagian dengan tingkat vaksinasi yang rendah. Negara-negara bagian itu sekarang diharuskan memberlakukan kembali aturan masker, batas kapasitas, dan langkah-langkah kesehatan masyarakat lainnya yang sempat dibatalkan dalam beberapa bulan terakhir.

Panduan CDC merupakan rekomendasi yang pelaksanaannya diserahkan kepada otoritas negara bagian. Meski begitu, sejumlah daerah di AS telah menjalankan kembali mandat memakai masker sebelum rekomendasi baru ini diumumkan CDC pada Selasa kemarin akibat terjadi lonjakan.

Menurut Walensky, sebagian besar pasien rawat inap dan kematian di AS terjadi di antara orang-orang yang tidak divaksinasi. Hal ini menunjukkan vaksin efektif bekerja melindungi terhadap penyakit parah dan kematian.

" Tetapi kekhawatiran besar adalah bahwa varian berikutnya yang mungkin muncul, kami hanya memiliki beberapa mutasi yang berpotensi menghindari vaksin kami," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Masih Banyak Warga AS Belum Divaksin

Presiden Joe Biden mengatakan panduan terbaru CDC diperlukan untuk mengalahkan virus. Dia juga akan menetapkan langkah selanjutnya untuk membuat lebih banyak orang Amerika divaksinasi.

" Meskipun sebagian besar orang dewasa AS divaksinasi, terlalu banyak yang tidak. Meskipun kami telah melihat peningkatan vaksinasi dalam beberapa hari terakhir, kami masih perlu melakukan yang lebih baik," ucap Biden.

Dia juga menegaskan dengan lebih banyak vaksinasi dan pemakaian masker di daerah terdampak varian Delta paling parah dapat mengindarkan dari kemungkinan lockdown seperti pada 2020.

Beberapa daerah di California dan Nevada sudah menyarankan semua penduduk untuk memakai masker di tempat umum di dalam ruangan, baik bagi yang sudah divaksin maupun belum. Di Massachusetts, pejabat di Provincetown menyarankan semua orang kembali memakai masker di dalam ruangan setelah perayaan Empat Juli menyebabkan wabah kasus baru.

Para ahli mengatakan strategi pencegahan Covid tetap penting untuk melindungi orang dari virus. Terutama di daerah dengan tingkat penularan komunitas sedang hingga tinggi.

" Kami mendapatkan data tempat dan daerah serta negara bagian di sini yang sekarang melaporkan lebih dari 300 kasus per 100 ribu (jiwa) selama periode tujuh hari. Jadi benar-benar jumlah penularan virus yang luar biasa, itulah yang kami khawatirkan," kata Walensky, dikutip dari CNBC.

© Dream
Join Dream.co.id