Gelar Pasar Qurban Mubarak, LAZ Al Azhar Edukasi Ibadah Kurban

News | Selasa, 14 Agustus 2018 19:01
Gelar Pasar Qurban Mubarak, LAZ Al Azhar Edukasi Ibadah Kurban

Reporter : Ahmad Baiquni

Masyarakat bisa memilih sendiri hewan kurban yang diinginkan.

Dream - Hanya dalam hitungan hari, Idul Adha kembali menyapa. Sebagian Muslim saat ini tengah mencari hewan ternak baik kambing maupun sapi untuk disembelih di Hari Raya Kurban yang akan jatuh pada Rabu, 22 Agustus 2018.

Turut menyambut Idul Adha, Lembaga Amil Zakat Al Azhar kembali menggelar Pasar Qurban Mubarak di halaman Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan. Para Muslim bisa berbelanja hewan kurban di pasar ini mulai tanggal hari ini, (Selasa, 14 Agustus 2018) hingga hari Idul Adha pada 22 Agustus 2018.

Ketua Umum YPI Al Azhar, Sobirin HS, mengatakan Pasar Qurban Mubarak digelar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang hendak berkurban. Masyarakat bisa memilih sendiri hewan kurban yang diinginkan.

 Pasar Kurban Al Azhar

" Masyarakat banyak yang merindukan berkurban melalui lembaga terpercaya agar bisa didistribusikan ke kaum yang membutuhkan, tapi kalau tidak melihat hewan kurbannya secara langsung seperti tidak terpuaskan dan masih ada yang mengganjal di hati," kata Sobirin melalui keterangan tertulis diterima Dream.

Sobirin mengatakan pasar ini juga dimaksudkan untuk menghindari potensi gharar. " Karena jelas hewan dan bobotnya," kata dia.

 Pasar

Selain itu, pasar hewan ini juga dapat dijadikan alternatif sebagai wisata edukasi bagi keluarga. Para orangtua bisa mengajak anak-anak mereka melihat langsung hewan ternak dan mengajari mereka tentang syariat kurban dalam Islam.

" Ada unsur pembelajaran kepada mereka tentang kurban, bagaimana kriteria hewan yang boleh dijadikan kurban, baik itu dari segi usia dan fisik hewan kurban," kata Sobirin.

 Pasar Kurban Al Azhar

Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar, Sigit Iko Sugondo, mengatakan hewan kurban yang tersedia di Pasar Qurban Mubarak adalah hasil binaan lembaga zakat itu. Menurut dia, membeli hewan di pasar tersebut berarti mendukung upaya mencetak sarjana baru di desa melalui program Dari Domba Jadi Sarjana.

" Hewan kurban yang disediakan di sini berasal dari para peternak binaan dalam program pemberdayaan ekonomi keluarga Sejuta Berdaya. Jika berkurban di sini, akan menjadi jalan emas untuk mereka dalam meningkatkan kesejahteraan secara berkelanjutan melalui beragam program pemberdayaan dan dampingan," kata Sigit.

Terkait
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id