Semangat Kaum Ibu Jadi Penghafal Alquran

News | Selasa, 15 Januari 2019 17:03
Semangat Kaum Ibu Jadi Penghafal Alquran

Reporter : Ahmad Baiquni

Para ibu ini ingin mendorong generasi muda tergerak menghafal Alquran.

Dream - Animo masyarakat Kampung Kaliwadas dan sekitarnya, Desa Pagon, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, untuk menjadi penghafal Alquran semakin meningkat.

Lebih dari 30 santri mengikuti Wisuda Tahfiz Alquran yang digelar PPPA Daarul Quran. Para santri terbagi dalam beberapa kategori hafalan.

Mulai dari surat-surat tertentu seperti An Naml, Ar Rahma, An Nahl, seluruh juz 30, bahkan ada yang menghafal beberapa juz sekaligus.

Para santri tidak seluruhnya terdiri dari anak-anak dan remaja. Ada sejumlah santri peserta wisuda yang sudah tergolong ibu-ibu.

Mereka tetap bersemangat menjadi penghafal Alquran. Bahkan tidak kalah dari para santri cilik dan remaja.

 Wisuda Tahfiz Daarul Quran Kaliwadas

Salah satu santriwati tersebut, Hajah Ade, 62 tahun, mengaku sudah mengikhtiarkan diri menghafal Alquran sejak September 2018. Dia menyetorkan 93 ayat Surat An Naml yang telah dihafal selama sekitar satu bulan.

Bagi Ade, menghafal dalam waktu satu bulan merupakan pengalaman luar biasa. Ini mengingat usianya sudah tidak lagi muda, serta banyaknya kesibukan yang kerap menyita waktu.

" Saya menghafal sebab ingin betulkan bacaan sholat dan memberikan motivasi kepada anak-anak muda agar mau ngaji dan menghafal," kata Ade, dalam keterangan tertulis dari PPPA Daarul Quran.

 Wisuda Tahfiz Daarul Quran Kaliwadas

Terbersit harapan dalam benak Ade agar anak muda Kaliwadas tergerak untuk menghafal Alquran. " Masa nenek-nenek saja bisa menghafal, kok yang muda tidak bisa," kata dia.

Tiga tahun lalu, Rumah Tahfiz Daarul Quran didirikan di Kaliwadas. Rupanya, hal itu mampu memicu semangat warga sekitar untuk menjadi hafiz.

Hingga saat ini, ratusan santri tahfiz telah diwisuda. Bahkan ada santri tahfiz dari Kaliwadas yang dikirim ke Pesantren Tahfiz Daarul Quran Takhassus untuk meningkatkan kemampuannya menghafal Alquran.

 Wisuda Tahfiz Daarul Quran Kaliwadas

Sang pendiri Rumah Tahfiz Daarul Quran Kaliwadas, Rodin Sudrajat, 43 tahun, mengatakan para santri sangat bersemangat untuk bisa menghafal Alquran. Mereka rela berjuang menempuh jarak 10-15 Kilometer untuk datang ke Rumah Tahfiz demi melekatnya ayat-ayat Alquran dalam ingatan masing-masing.

Sudrajat mengatakan saat ini Rumah Tahfiz Kaliwadas menampung 200 santri yang berasal dari sekitar kecamatan Purwadadi.

" Semoga kegiatan wisuda dapat memberikan semangat kepada seluruh warga Subang untuk senantiasa mendawamkan Alquran," kata Sudrajat. (ism)

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id