Deretan Negara yang Telah Cabut Aturan Wajib Masker Selain Indonesia

News | Rabu, 18 Mei 2022 12:01

Reporter : Okti Nur Alifia

Sebelum Indonesia, beberapa negara ini sudah lebih dulu melonggarkan aturan pemakaian masker.

Dream - Pemerintah telah memutuskan menghapus ketentuan wajib memakai masker di luar ruangan atau area terbuka. Pelonggaran ini dibatasi jika masyarakat meyakini kondisi di sekitar tidak terlalu ramai.

Keputusan pelonggaran aturan ini disampaikan Presiden Jokowi dengan memerhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali.

Selama lebih dari dua tahun pandemi, masyarakat sudah terbiasa memakai masker untuk mencegah penularan virus Covid-19 itu sendiri. Aturan yang sama juga sempat diberlakukan negara-negara lain di dunia.

Namun seiring menurunnya kasus Covid-19, banyak negara yang telah mencabut aturan pemakaian masker. Pencabutan ini bahkan telah berlangsung lebih dulu dibandingkan Indonesia. 

Menghimpun informasi dari Merdeka.com, berikut ini daftar negara-negara yang sudah menghapus aturan wajib memakai masker.

Deretan Negara yang Telah Cabut Aturan Wajib Masker Selain Indonesia
Indonesia Mengikuti Langkah Banyak Negara Yang Memutuskan Melonggarkan Ketentuan Pemakaian Masker
2 dari 4 halaman

Amerika Serikat

Di Negeri Paman Sam, kini warganya sudah diperbolehkan untuk bepergian tanpa memakai masker. Bukan hanya masker, aturan soal menjaga jarak juga tidak lagi diberlakukan.

Uni Emirat Arab

Badan Nasional Kedaruratan, Krisis, dan Penanggulangan Bencana (NCEMA) telah mengumumkan terkait pemakaian masker di ruang terbuka adalah hal opsional. Warga bisa memilih untuk memakai atau melepasnya. Namun pemakaian masker di ruang tertutup atau dalam ruangan masih diwajibkan.

Denmark

Negara pertama di Eropa yang mencabut aturan pemakaian masker adalah Denmark. Walaupun catatan kasus Covid-19 relatif masih tinggi, pemerintah Denmark memandang virus corona tidak lagi menjadi ancaman besar. 

3 dari 4 halaman

Spanyol

Negara Eropa lain yang juga ikut mencabut kewajiban masker adalah Spanyol. Pencabutan ini berlaku ketika di luar ruangan. Namun tetap wajib saat di dalam ruangan dan transportasi umum. 

Prancis

Kementerian Kesehatan Prancis juga telah mengumumkan masker tidak wajib dipakai di tempat-tempat umum. Meskipun demikian, warga tetap harus membawa sertifikat vaksin ketika memasuki tempat umum.

Inggris

Undang-undang Inggris tidak lagi mewajibkan pemakaian masker. Namun di dalam ruangan atau tempat ramai warga disarankan tetap memakai masker.

Italia

Warga Italia kini tidak wajib memakai masker saat berada di tempat umum atau luar ruangan. Masker tetap wajib digunakan di tempat umum yang tertutup atau dalam ruangan serta kawasan sibuk.

4 dari 4 halaman

Brasil

Pada pertengahan April 2022, status 'darurat negara' terkait Covid-19 telah berakhir di Brasil. Hal ini diikuti dengan kewajiban memakai masker yang tidak lagi berlaku.

Paraguay

Menteri Kesehatan Paraguay, Julio Borba, telah mengumumkan pencabutan aturan memakai masker secara nasional. Meskipun tingkat vaksinasi di Paraguay menjadi paling rendah di Amerika Latin.

Uruguay

Bersamaan dengan berakhirnya status darurat kesehatan, pemerintah Uruguay telah mencabut aturan pemakaian masker pada awal April 2022. Kini warga Uruguay bebas tidak memakai masker di semua tempat, termasuk tranportasi umum.

 

Terkait
Join Dream.co.id