Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sekolah Diliburkan Dua Pekan, Ruangguru Berikan Kelas Online Gratis

Sekolah Diliburkan Dua Pekan, Ruangguru Berikan Kelas Online Gratis Foto : @belvadevara)

Dream - Penyedia aplikasi belajar, Ruangguru, menyediakan layanan gratis untuk sisa-siswi. Melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa.

Hal ini merupakan bentuk dan upaya Ruangguru dalam menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa-siswi di Indonesia di tengah darurat kesehatan merebaknya virus Corona jenis baru, COVID-19.

"Hadirnya Sekolah Online Ruangguru Gratis merupakan bentuk kepedulian kami terhadap keselamatan dan kesehatan jutaan guru, siswa dan keluarga, serta upaya kami untuk memastikan bahwa akses terhadap pendidikan tetap terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia, di mana pun dan kapanpun," ucap Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 15 Maret 2020.

Ruangguru

Foto : @belvadevara

Layanan sekolah gratis Ruangguru dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 - 12.00 WIB melalui aplikasi Ruangguru.

Terdesia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.

250 video dan modul pelatihan

Para siswa yang belum dapat mengikuti sesi di pagi hari dapat juga mengakses rekaman Sekolah Online yang dapat diakses pada hari yang sama setelah pukul 12.00 WIB. Selain fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

Selain program bagi siswa, para guru juga bisa meningkatkan kapasitasnya dalam mengajar melalui program Pelatihan Guru Online yang tersedia di aplikasi Ruangguru, gratis selama 1 bulan kedepan.

Dalam aplikasi ini juga tersedia 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional, seperti kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya.

Berbagai Fitus Tersedia

Selain itu, siswa dan siswi Ruangguru menyediakan aplikasi live chat untuk mereka bertanya atau pun berdiskusi dengan guru.

Terdapat pula fitur set reminder pada aplikasi yang dapat mengingatkan siswa secara otomatis apabila sebuah kelas akan dimulai pada jam yang telah ditentukan.

Jika murid belum bisa mengikuti kelas dari awal, pembelajaran di Sekolah Online Ruangguru Gratis dapat diakses kembali setelah sesi keseluruhan sesi pembelajaran selesai.

“Kami menyadari bahwa situasi yang melanda banyak sekali siswa dan keluarga saat ini telah mengganggu proses belajar dan mengajar mereka. Kami juga membuka program khusus bagi pemerintah daerah dan sekolah yang membutuhkan dukungan teknis lebih lanjut untuk memastikan kegiatan belajar dan mengajar tetap berjalan efektif. Kami akan umumkan prosedurnya dalam beberapa hari ke depan.” tambah Pendiri dan Direktur Produk & Kerjasama, Iman Usman.

Sekolah Online Ruangguru Gratis dibuka setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi, dan setelah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) merekomendasikan kegiatan belajar jarak jauh sebab COVID-19 telah mengganggu kegiatan bersekolah 290 juta siswa di seluruh dunia

Kisah Adamas Belva, Pendiri Ruangguru yang jadi Staf Khusus Jokowi

Dream - Sosok Adamas Belva Syah Devara dikenal banyak generasi milenial sebagai salah seorang pendiri aplikasi les, Ruangguru. Kini nama Belva semakin melambung usai ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai staf khusus presiden.

Pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990 ini merupakan lulusan dua universitas bergengsi dunia, Stanford University dan Harvard University. Di Stanford University dia lulus sebagai Master of Business Administration, sementara di Harvard University dia lulus dari jurusan kebijakan publik.

Usai menyelesaikan studinya, Belva kembali ke Tanah Air pada 2016. Dia kembali untuk membesarkan Ruangguru yang sebelumnya telah dikelola sahabatnya, Iman Usman.

Dilaporkan Liputan6.com, Belva memilih mengembangkan bidang pendidikan karena pentingnya dunia akademis.

" Pendidikan itu penting. Saya sekarang bisa sampai seperti saat ini karena termasuk orang yang peduli dengan pendikan. Satu-satunya cara untuk menuntut juga hanya dengan pendidikan," kata Belva.

Sering Kangen Keluarga Saat Kuliah

Belva mengatakan, sejak usia 14 tahun tinggal jauh dari keluarga. Dia tinggal di asrama.

Sebagai obat kangen, kata Belva, dia biasa mengajak makan bareng atau nonton bersama keluarga.

Belva mengatakan, akan menghabiskan waktu liburan saat dia mampu. Biasanya dia berlibur di sela-sela kesibukannya bekerja.

Pemuda yang hobi nge-gym ini mengaku tidak pernah bosan menjalani kesibukan bekerja setiap harinya, karena ia senang dengan apa yang ia lakukan dan tidak ingin mengecewakan orang banyak.

(Sumber: Liputan6.com/Iskandar)

Cegah Stunting, Indofood Gandeng UI dan Ruangguru.com

Dream - Stunting atau kurang gizi masih menjadi ancaman serius bagi anak usia di bawah 2 tahun. Kondisi ini berpengaruh pada proses tumbuh kembang anak, terutama di masa depan.

Masih banyaknya kasus stunting di Indonesia menarik perhatian PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Produsen bahan pangan ini menggandeng Positive Deviance Resource Centre Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PDRC FKM UI) dan Ruangguru.com menggagas program edukasi bagi remaja usia 13 sampai 17 tahun bertajuk 'Hidup Sehat Yuk!

" Stunting merupakan permasalahan gizi pada anak berusia kurang dari 2 tahun yang disebabkan oleh minimnya asupan selama 1.000 hari pertama. Akibatnya, anak akan tumbuh lebih pendek dan kerja organnya tidak maksimal," ujar Content Creator Gita Savitri saat peluncuran program " Hidup Sehat Yuk!" di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Minggu 22 Juli 2018.

Direktur Indofood, Axton Salim, mengatakan nutrisi sangat penting diperhatikan di masa tumbuh kembang anak. Menurut dia, hingga saat ini angka stunting di Indonesia masih sangat tinggi.

" Program ini diharapkan bisa membantu masa depan para remaja yang jadi akar dari generasi berikutnya," ungkap Axton.

 Stunting© Dream

CPO Ruangguru.com, Iman Usman, menjelaskan materi dalam program ini disediakan dalam bentuk video. Para remaja dapat mengakses video tersebut secara gratis di laman Ruangguru.com.

" Selain 40 video edukasi, kami adakan school visit ke beberapa pesantren di 80 kota dan advokasi dengan pemerintah supaya konten kami bisa diadopsi di sekolah atau guru tertentu atau dihubungkan dengan campaign sejenis," tutur Iman.

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar FKM UI, Endang Alchadi, mengatakan smateri dalam program ini dirancang oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI). Materi tersebut sudah disesuaikan untuk remaja sehingga mudah dicerna.

Lebih lanjut, Endang menjelaskan Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk pendek cukup banyak. Menurut dia, kondisi bukan disebabkan faktor genetis melainkan asupan gizi yang kurang memadai.

" Makanya, kami berusaha untuk membuat para remaja lebih siap untuk dewasa dan menghasilkan generasi yang lebih baik," ucap Endang.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jangan Terlewat! KAI Bakal Gelar Lagi Mudik Gratis Lebaran 2024

Jangan Terlewat! KAI Bakal Gelar Lagi Mudik Gratis Lebaran 2024

Siap-Siap! KAI Bakal Buka Mudik Gratis Lebaran 2024

Baca Selengkapnya
9 Negara Ini Sudah Terapkan Program Makan Siang Gratis di Sekolah, Ada yang Sejak Tahun 1940-an

9 Negara Ini Sudah Terapkan Program Makan Siang Gratis di Sekolah, Ada yang Sejak Tahun 1940-an

Berikut ini daftar negara yang sudah memberikan makan siang gratis untuk anak sekolah

Baca Selengkapnya
Ganjar-Mahfud Janji Beri Kuliah Gratis untuk Anak Prajurit TNI dan Polri

Ganjar-Mahfud Janji Beri Kuliah Gratis untuk Anak Prajurit TNI dan Polri

Rencana kuliah gratis bagi anak-anak keluarga TNI dan Polri itu, merupakan satu dari 21 program unggulan Ganjar-Mahfud

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Anggaran Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Rp15 Ribu Per Anak, Apa Saja Menunya?

Anggaran Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Rp15 Ribu Per Anak, Apa Saja Menunya?

Anggaran makan siang gratis Prabowo-Gibran Rp15 ribu per anak, belum termasuk susu.

Baca Selengkapnya
Alasan Sebenarnya Prabowo Ingin Wujudkan Program Makan Siang Gratis: Saya Lihat Orang Mati Kelaparan di Depan Tenda Saya

Alasan Sebenarnya Prabowo Ingin Wujudkan Program Makan Siang Gratis: Saya Lihat Orang Mati Kelaparan di Depan Tenda Saya

Ide program makan siang gratis berawal saat dia melihat langsung banyak orang kelaparan.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Memasukkan Baju ke Celana Biar Hasilnya Rapih

DRESS IT! Tips Memasukkan Baju ke Celana Biar Hasilnya Rapih

Tantangan cara memasukkkan baju ke dalam celana adalah hasilnya yang selalu berantakan. Nah Dream kasih tahu nih tips masuk baju ke dalam celana biar rapi.

Baca Selengkapnya