Pakai Sandal Jepit, Gibran Rakabuming Blusukan Sebelum Daftar Cawalkot Solo

News | Kamis, 12 Desember 2019 17:00
Pakai Sandal Jepit, Gibran Rakabuming Blusukan Sebelum Daftar Cawalkot Solo

Reporter : Maulana Kautsar

Gibran ingin pasar tradisional menjadi destinasi wisata.

Dream - Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, mantap maju menjadi Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah. Sebelum mendaftarkan diri ke DPD PDI Perjuangan di Semarang, Jawa Tengah, Gibran blusukan ke Pasar Gede, Surakarta, Rabu, 11 Desember 2019.

Gibran datang ke Pasar Gede untuk meminta restu ke para pedagang. Mirip dengan sang ayah, Gibran mengenakan pakaian sederhana dan menyapa warga.

 Gibran Rakabuming Raka meminta restu ke pedagang Pasar Gede, Surakarta (Foto: Instagram Gibran Rakabuming)
© Instagram

Gibran Rakabuming Raka meminta restu ke pedagang Pasar Gede, Surakarta (Foto: Instagram Gibran Rakabuming)

Selama berkeliling Pasar Gede, Gibran mengenakan kaos putih dan sendal jepit. Penampilan sederhana Gibran ini menarik perhatian netizen.

Penampilan dan aksi Gibran ini mengingatkan kita pada sosok Jokowi. Keduanya kerap 'blusukan' dengan pakaian sederhana. Warna putih juga menjadi andalan ayah dan anak ini saat 'blusukan'.

" Pasar Tradisional itu sangat dekat dengan Bapak saya, sejak Bapak masih menjabat Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta sampai jadi Presiden RI. Saya ingin tetap menjaga pasar tradisional ada di tengah kehidupan masyarakat yang makin modern dan saya ingin ke depan pasar tradisional ini bisa menjadi destinasi wisata," tulis Gibran di Instagram pribadinya.

 Gibran Rakabuming Raka meminta restu ke pedagang Pasar Gede, Surakarta (Foto: Instagram Gibran Rakabuming)
© Instagram

Gibran Rakabuming Raka meminta restu ke pedagang Pasar Gede, Surakarta (Foto: Instagram Gibran Rakabuming)

2 dari 7 halaman

Minta Restu Nenek dan Iriana Jokowi

Selain meminta restu pedagang, Gibran sebelumnya sudah meminta restu ibundanya, Iriana Jokowi, nenek, dan keluarga.

" Bersama teman-teman relawan persiapan menuju Semarang. Kami menyertai rombongan dengan bis di urutan paling belakang saja. Atas restu Ibu, Nenek, Keluarga, dan para relawan masyarakat #kotasolo, Bismillah. Semoga Alloh meridhoi ikhtiar kami," kata dia.

 Gibran Rakabuming Raka meminta restu ke pedagang Pasar Gede, Surakarta (Foto: Instagram Gibran Rakabuming)
© Instagram

Gibran Rakabuming Raka meminta restu keluarga (Foto: Instagram Gibran Rakabuming)

Ketua DPD Jawa Tengah PDI Perjuangan, Bambang Wuryanto menilai Gibran punya modal politik untuk maju sebagai Wali Kota Solo. Dia menyebut, Gibran merupakan representasi anak muda yang memimpin.

" Jadi ini rising untuk adik-adik milenial didukung oleh kelompok milenial, dunia pun trennya seperti itu, perdana menteri masih muda-muda. Oke? Ini tren dunia," ujar Bambang dilaporkan Merdeka.com, Kamis, 12 Desember 2019.

 Gibran Rakabuming Raka meminta restu ke pedagang Pasar Gede, Surakarta (Foto: Instagram Gibran Rakabuming)
© Instagram

Gibran Rakabuming Raka meminta restu keluarga (Foto: Instagram Gibran Rakabuming)

Dia mengatakan, Gibran bukan orang yang memanfaatkan kekuasaan Jokowi.

" Mas Gibran prestasinya sadar politik dan mengenal dunia rakyat. Karena dia, Mas Gibran bukan orang yang kemudian memanfaatkan bapaknya sebagai wali kota, bapaknya sebagai gubernur untuk memudahkan dirinya enggak. Dia lebih baik jual martabak dia kenali lapangan, dia kenali rakyat melalui itu," kata dia.

3 dari 7 halaman

Gaya Gibran Pegang Plastik Es Teh Sambil Selfie

Dream - Gibran Rakabuming Raka tampil unik. Mengenakan kemeja putih, putra sulung Presiden Joko Widodo dan Iriana itu membawa ponsel sembari swafoto bersama dua orang.

Uniknya, sembari berfoto, dia memegang es teh dalam bungkusan plastik. Foto tersebut diunggah akun Twitter @blontankpoer.

Dia mengunggah dua foto Gibran yang berfoto bersama warga.

Dilaporkan Solopos, peristiwa tersebut terjadi di daerah Kepatihan, Surakarta. " Tadi habis Jumatan beli es teh plastik di daerah Kepatihan," kata Gibran, Jumat, 6 Desember 2019.

Selain berfoto bersama warga, Gibran mampir ke lapak Bakaran `Ndasmu`. Di warung ini tersedia berbagai menu seperti bakaran bakso, sosis, tempura, kentang goreng, hingga minuman Jan Es Teh, plesetan dari nama putra Gibran, Jan Ethes.

Gibran dikabarkan semakin serius mendaftar diri sebagai calon Wali Kota Surakarta, melalui DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng). Gibran berencana mendaftar ke DPD PDIP Jateng di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 12 Desember 2019.

Dia tak merinci proses pendaftaran sebagai calon wali kota.

4 dari 7 halaman

Temui Megawati, Gibran Diminta Baca Buku Soal Bung Karno

Dream - Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), bertandang ke kediaman Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Kamis, 24 Oktober 2019. Pertemuan tersebut untuk menindaklanjuti keinginan Gibran maju sebagai calon Wali Kota Surakarta.

Dilaporkan Merdeka.com, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan, Megawati meminta Gibran untuk membaca sejumlah buku mengenai Bung Karno.

" Ibu menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan oleh anggota PDIP. Bahkan ibu juga menyampaikan bacaan wajib seperti buku Indonesia Menggugat, Mencapai Indonesia Merdeka, Lahirnya Pancasila dan Membangun Tatanan Dunia yang Baru," kata Hasto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain empat buku wajib tersebut, Gibran juga diminta memahami buku AD/ART PDIP. Untuk itu, kata Hasto, pertemuan tersebut menjadi semacam kursus politik langsung bagi Gibran yang baru terjun ke dunia politik menyusul ayahnya.

Dalam kesempatan itu, Gibran juga menyampaikan terima kasih kepada Megawati dan jajaran PDIP karena berhasil memenangkan Jokowi pada Pemilu 2019.

" Beliau (Gibran) tadi mengucapkan terima kasih kepada ibu Megawati Soekarnoputri, atas dukungan yang diberikan ibu Mega dan seluruh jajaran PDIP sehingga pak Jokowi dapat dimenangkan oleh dukungan rakyat Indonesia," ujar dia.

(Sah, Sumber: Merdeka.com/Hari Ariyanti)

5 dari 7 halaman

Kocak, Gaya Kaesang Sesumbar Ambil Alih Markobar Gibran

Dream - Pilihan Gibran Rakabuming Raka berkiprah di dunia politik, membuat sejumlah usaha rintisannya diserahkan ke adiknya, Kaesang Pangarep. Salah satu usaha yang digadang-gadang berpindah tangan yaitu, usaha martabak `Markobar`.

Melalui Twitter, Kaesang sudah jumawa akan memimpin merek dagang Markobar. Dia siap memimpin usaha dengan 30-an lebih anak usaha ini.

" Saya calon bos Anda wahai @markobar1996," tulis Kaesang, dalam cuitan yang diakses, Senin, 7 Oktober 2019.

Admin @markobar1996 pun membalas pesan tersebut. Dia menuliskan jawaban dengan menautkan produk keripik buatan Gibran dan Kaesang.

" @SiapMas," tulis admin martabak itu.

6 dari 7 halaman

Panggil Pak Bos

Dengan ketikan huruf besar, Kaesang juga punya permintaan ke admin Markobar. Dia ingin ketika menjabat sebagai pemilik dipanggil Pak.

" Panggil saya Pak. Saya bos baru Anda," tulis Kaesang.

Lantas apa balasan admin Markobar? Dia mengunggah foto Kaesang saat masih kanak-kanak.

 

7 dari 7 halaman

Komentar Warganet

Komentar warganet pun mewarnai unggahan ini.

" Adeknya ngeselin ya Mas Gibran," tulis seorang warganet.

" Masih muda kok senang dipanggil Bapak," ujar warganet lain.

" Bukannya Anda infrastruktur senam?" kata yang lain.

" Tapi saham punya Jan Ethes, bisa dibilang Anda ini Sekjen," tulis yang lain.

Join Dream.co.id