Menag Yakin Kapolri Sigit Listyo Jamin Ketenangan Ibadah Umat Beragama

News | Kamis, 28 Januari 2021 17:30
Menag Yakin Kapolri Sigit Listyo Jamin Ketenangan Ibadah Umat Beragama

Reporter : Ahmad Baiquni

Gus Yaqut menyatakan siap meningkatkan kerja sama dengan Polri.

Dream - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, yakin Kepala Kepolisian RI (Kapolri) yang baru, Jenderal Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan berkomitmen mewujudkan toleransi antar umat beragama di Indonesia. Menag juga siap meningkatkan kerja sama dengan Polri khususnya dalam memberikan perlindungan kepada umat beragama.

" Kami menyampaikan selamat kepada Pak Jenderal Listyo Sigit Prabowo, semoga amanah yang diemban bisa terlaksana dengan baik hingga akhir," ujar Gus Yaqut, dalam keterangan tertulis.

Menurut menteri yang biasa disapa Gus Yaqut itu, tekad Jenderal Listyo mewujudkan perubahan di tubuh Polri melalui kerja-kerja transparan dan berkeadilan memberikan harapan baru bagi masyarakat. Dia yakin komitmen Jenderal Listyo memberikan dampak positif bagi umat beragama di Indonesia dengan menguatnya kerukunan dan toleransi.

" Kita tidak memungkiri ada satu dua kasus yang berupaya mencederai kerukunan tersebut. Untuk itu, kami sangat berharap Pak Listyo Sigit bisa bersama-sama dengan kita semua mewujudkan toleransi beragama agar terus kokoh," kata dia.

Menurut Gus Yaqut, Indonesia masih menghadapi sejumlah persoalan yang berkaitan dengan isu agama seperti perusakan tempat ibadah, pelarangan ibadah, penyerangan tokoh agama, serta penistaan agama. Potensi terulangnya kasus serupa masih terbuka lebar di masa mendatang sehingga perlu upaya antisipatif yang baik.

" Untuk itu kami sangat yakin ketenangan umat dalam beribadah nanti bisa lebih terjamin dan menjadi salah satu fokus program Polri," kata dia.

2 dari 4 halaman

Agar tercipta ketenangan ibadah semua umat beragama, Gus Yaqut menyatakan perlu pemahaman yang baik dan kerja sama dari semua pihak. Silaturahmi perlu dikuatkan dan peran tokoh agama menjadi penting untuk membantu mewujudkan keamanan di tengah masyarakat.

" Tak hanya itu, langkah ini juga efektif untuk mencegah aksi kekerasan dan terorisme yang kerap kali memanfaatkan balutan agama," kata dia.

 Selamat Kapolri Baru
© Kemenag

Lebih lanjut, Gus Yaqut mengapresiasi komitmen Jenderal Listyo untuk memberikan ruang bagi para siswa madrasah dan santri menjadi anggota Polri. Komitmen ini menunjukkan Polri semakin adaptif dengan kebutuhan zaman.

" Anak-anak berprestrasi dari lembaga pendidikan keagamaan kita ini banyak dan perlu diberikan atensi dari Pemerintah," ucap Gus Yaqut.

3 dari 4 halaman

Komjen Listyo Sigit Resmi Jadi Kapolri, Naik Pangkat jadi Jenderal

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, Rabu 27 Januari 2021, di Istana Negara Jakarta. Listyo menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

DIsiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 27 Januari 2021, pelantikan Listyo sebagai Kapolri diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden RI Nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian RI.

" Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata," kata Jokowi yang diikuti Listyo Sigit Prabowo.

Setelah pengucapan sumpah tersebut dilakukan penyerahan jabatan dari Jenderal Idham Aziz kepada Listyo yang disaksikan langsung oleh presiden.

 

4 dari 4 halaman

Resmi Jadi Jenderal

 Pelantikan Listyo
© YouTube Sekertariat Presiden

Setelah penandatangan berita acara tersebut, Listyo Sigit kini resmi menyandang bintang empat atau menjadi jenderal polisi. Penetapan itu dilakukan dengan terbitnya Surat Keputusan Presiden Nomor 7 Polri Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi Polri oleh Sekretaris Militer Presiden.

Jokowi secara resmi menyematkan bintang empat di pundak Listyo serta menyerahkan tongkat komando di lingkungan kepolisian.

Pelantikan Kapolri menerapkan protokol kesehatan di mana semua tamu undangan memakai masker serta face shield dan menjaga jarak aman.

Join Dream.co.id