Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sah Tak Naik! Ongkos Haji Tahun 2020 Sebesar Rp35,2 Juta

Sah Tak Naik! Ongkos Haji Tahun 2020 Sebesar Rp35,2 Juta Petugas Haji Membantu Jemaah (Kemenag.go.id)

Dream - Ongkos haji tahun 2020 sah ditetapkan sebesar Rp 35.235.602. Kepastian tersebut diperoleh setelah adanya kesepakatan Komisi VIII DPR RI bersama Kementerian Agama (Kemenag) yang mengesahkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2020.

Dengan penetapan tersebut, biaya haji tahun ini dipastikan tidak mengalami kenaikan.

"Menyepakati besaran rata-rata Bipih atau biaya yang harus dibayar langsung jemaah pada 1441 Hijriah atau 2020 Masehi rata-rata Rp35.235.602," ujar Ketua Panja Haji DPR, Marwan Dasopang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis 30 Januari 2020.

Penetapan biaya itu berdasarkan pada asumsi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yakni US$1=Rp13.750. Dengan nilai tukar tersebut, DPR dan Kemenag yakin biaya penerbangan tidak akan mengalami kenaikan signifikan.

Marwan mengatakan biaya penerbangan dari Embarkasi ke Arab Saudi dan sebaliknya dibanderol dengan harga Rp 28,6 juta. Biaya tersebut menurun dibandingkan dengan 2019 sebesar Rp30.079.285.

Untuk living cost atau uang saku juga tidak mengalami kenaikan yakni. Setiap jemaah akan mendapatkan 1.500 riyal, setara Rp5,5 juta selama berada di Tanah Suci. 

Sudah Termasuk Visa Haji

Yang berbeda dari tahun sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi pada 2020 menerapkan visa kunjungan sebesar 300 riyal, setara Rp1,1 juta. Visa ini juga diberlakukan kepada para jemaah haji.

Dengan kebijakan itu, Saudi telah mencabut aturan visa progresif. Sedangkan menurut Marwan, biaya visa sudah termasuk ke dalam Bipih.

Dia melanjutkan jemaah haji hanya perlu membayar 51 persen dari total Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) sebesar Rp 69.174.167,97.

"Sisanya Rp33.938.565,97 dibiayai dari dana nilai manfaat dan dana efesiensi tahun sebelumnya," kata dia.

Pada musim haji 2020 ini, Komisi VIII DPR dan Kemenag menyepakati penggunaan nilai manfaat dana optimalisasi Bipih dan BPIH tahun sebelumnya dan tahun berjalan. Jumlahnya mencapai Rp7.164.668.846.603.92.

Kuota haji Indonesia pada 2020 ini disetujui oleh Kerajaan Arab Saudi sebanyak 231 ribu orang. Jumlah kuota tersebut juga tidak mengalami penambahan dari tahun lalu.

Tahun Ini 1 Persen Kuota Haji Reguler Diberikan untuk Lansia

Dream - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi memastikan Kementerian Agama akan memprioritaskan jemaah haji lanjut usia (lansia) untuk berangkat haji ke Tanah Suci. Bahkan akan ada jatah tersendiri untuk para Lansia.

"Mulai tahun ini lansia kita berikan jatah sendiri," ujar Fachrul di Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.

Fachrul mengatakan, satu persen kuota haji jemaah reguler dikhususkan untuk jemaah Lansia. Bila saat ini kuota haji reguler berjumlah 204 ribu, maka akan ada 20.400 lansia yang akan berangkat haji setiap tahunnya.

"Jadi, (Kemenag) kasih jatah satu persen dari haji reguler," ucap dia.

Selain itu, Kemenag juga memberikan tambahan bagi kuota cadangan jemaah haji reguler. Mulanya, kuota cadangan hanya berjumlah 5 persen dan kini menjadi 10 persen.

"Kemudian ada juga di haji cadangan 10 persen, lima persennya untuk lansia," kata dia.

Dengan adanya prioritas ini, Fachrul berharap dapat memangkas waktu tunggu calon jemaah haji lansia. "Mudah-mudahan bisa dicicil lansia. Jangan sampai pada waktunya berangkat, mereka sudah nggak bisa berangkat," ujar dia.

Citilink dan Flynas Ikut Terbangkan Jemaah Haji Indonesia 2020

Dream - Menteri Agama (Menag), Fahrul Razi, memastikan penerbangan untuk jemaah haji Indonesia 2020 tidak hanya dilayani Garuda Indonesia dan Saudi Airlines saja. Citilink dan Flynas dipastikan turut melayani para jemaah haji Indonesia.

"Tahun ini pesawat kita buat variasi, kalau dulu Garuda Indonesia dan Saudi Airlines, sekarang Citilink dan Flynas," ujar Fachrul di Jakarta, Rabum 29 Januari 2020.

Citilink merupakan perusahaan penerbangan yang masih satu grup dengan Garuda Indonesia. Sementara, Flynas juga perusahaan penerbangan dari anak Saudi Airlines.

Dengan adanya penambahan maskapai, Fachrul berharap ongkos pesawat bisa ditekan. Meski demikian, ongkos haji tahun ini belum diputuskan oleh DPR.

Tidak Boleh Pesawat Tua

Menteri Agama Fachrul Razi (Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi`an)

Menteri Agama Fachrul Razi (Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi`an)

Fachrul menegaskan, pesawat yang akan mengangkut jemaah haji Indonesia baik dari Tanah Air ke Arab Saudi atau sebaliknya, akan menggunakan pesawat berbadan besar dan baru.

"Pesawatnya bagus, jadi kita tentukan pesawatnya. Pesawatnya enggak boleh pesawat tua, kota tentukan ada tahunnya berapa," kata dia.

Meski demikian, Fachrul belum dapat menjelaskan bandara mana saja yang akan dilayani oleh Citilink dan Flynas.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis mengatakan, saat ini Kemenag bersama maskapai terkait masih melakukan negosiasi untuk membahas harga tiket. "Ya, sudah menghampiri final," kata Muhajir.

Kemenag Bangun Studio dan Prototipe Pesawat di Asrama Haji

Dream - Kementerian Agama (Kemenag) berencana meningkatkan fasilitas di asrama haji untuk menunjang kenyamanan para jemaah. Untuk tahun ini, fasilitas asrama haji yang akan ditingkatkan yaitu di Gorontalo.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis, mengatakan fasilitas yang akan dibangun yakni mock up pesawat hingga studio film.

"Kami juga akan bangun studio film di beberapa asrama haji," ujar Muhajirin dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu, 22 Januari 2020.

Studio film itu nantinya menayangkan tata cara manasik haji dalam format video. Sehingga, calon jemaah lebih mudah paham mengenai tahapan pelaksanaan ibadah haji melalui pembelajaran visual.

Saat ini, fasilitas studio film sudah dibangun di Asrama Haji Yogyakarta.

"Pembangunan studio untuk manasik ini sebagai sarana penyampaian materi secara audio visual. Setelah itu, jemaah haji melakukan praktek langsung di lapangan," ucap dia.

Kemenag Juga Akan Membangun Mock Up Pesawat

Selain itu, studio film itu juga menampilkan suasana Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tujuannya agar jemaah dapat merasakan atmosfer di Tanah Suci.

Muhajirin melanjutkan pembangunan yang sudah pasti dikerjakan tahun ini di Asrama Haji Gorontalo ialah mock up pesawat.

Dengan adanya fasilitas tersebut, Kemenag berharap jemaah bisa lebih mengetahui apa saja fasilitas di dalam pesawat dan cara penggunaannya. Cotohnya seperti sabuk pengaman, toilet, dan lain sebagainya.

"Dalam rangka meningkatkan pemahaman jemaah, semua asrama embarkasi maupun embarkasi antara punya prototipe mock-up pesawat," kata dia.

Muhajirin berharap Kemenag setiap tahunnya dapat membangun fasilitas mock up pesawat dan studio film di seluruh asrama haji di Indonesia.

"Kalau ada anggarannya tentu setiap tahun kita bangun," ujar dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Catat, Pelunasan Biaya Haji Dibuka Mulai 9 Januari 2024

Catat, Pelunasan Biaya Haji Dibuka Mulai 9 Januari 2024

Menteri Agama telah mengumumkan bahwa proses pembayaran untuk pendaftaran haji segera akan dibuka pada awal tahun 2024.

Baca Selengkapnya
Tahun Ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji

Tahun Ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji

Selain kuota haji yang semakin banyak, terdapat peningkatan layanan haji lainnya.

Baca Selengkapnya
Pelunasan Biaya Haji Reguler Tahap 1 Dibuka Mulai 10 Januari, Segini Besaran per Embarkasi

Pelunasan Biaya Haji Reguler Tahap 1 Dibuka Mulai 10 Januari, Segini Besaran per Embarkasi

Pelunasan Biaya Haji Reguler Tahap 1 Dibuka Mulai 10 Januari, Segini Besaran per Embarkasi

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Biaya Haji 2024 Disepakati Rp93,4 Juta, Jemaah Bayar Rp56 Juta

Biaya Haji 2024 Disepakati Rp93,4 Juta, Jemaah Bayar Rp56 Juta

Berdasarkan kesimpulan rapat panja, biaya haji yang harus ditanggung oleh jemaah atau biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) sebesar Rp 56.046.172.

Baca Selengkapnya
Harga Tiket Pesawat Turun Selama Ramadan 2024, Biaya Perawatan Pribadi Malah Naik

Harga Tiket Pesawat Turun Selama Ramadan 2024, Biaya Perawatan Pribadi Malah Naik

Tarif angkutan udara mengalami deflasi pada Maret 2024 sebesar 0,97 persen menjelang musim mudik Lebaran 2024.

Baca Selengkapnya
Pelunasan Biaya Haji Tahap II Dibuka, Simak Kuota dan Syaratnya

Pelunasan Biaya Haji Tahap II Dibuka, Simak Kuota dan Syaratnya

Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1445 H tahap II dibuka sejak 13-26 Maret 2024.

Baca Selengkapnya
Begini Cara Danamon Syariah Percepat Nasabah Tunaikan Haji dan Umroh

Begini Cara Danamon Syariah Percepat Nasabah Tunaikan Haji dan Umroh

Kebutuhan untuk menjalankan ibadah haji dan umrah di Indonesia mencapai sekitar 700 ribu pendaftar setiap tahun.

Baca Selengkapnya