Rumah Sakit Ini Transfusikan Darah Bervirus HIV ke Pasien

News | Jumat, 4 Desember 2015 10:01
Rumah Sakit Ini Transfusikan Darah Bervirus HIV ke Pasien

Reporter : Sandy Mahaputra

Paket darah tersebut, diduga bukan dari bank darah Rumah Sakit. Pengadilan akan mengambil keputusan dari kasus ini pada 29 Desember 2015 mendatang.

Dream - Sebuah rumah sakit swasta di Ipoh, Perak, Malaysia didakwa di pengadilan karena melakukan transfusi darah yang mengandung virus HIV kepada seorang pasien yang dirawat di sana.

Kasus ini bermulau saat Pasien bernama Teck Chai mengalami kecelakaan pada 21 Mei 2005 lalu dan dilarikan ke Hospital Seri Manjung karena patah kaki kanan.

Saat menjalani perawatan, dia menerima 16 paket darah untuk mengobati cedera sebelum orangtuanya meminta agar dia dipindahkan ke Rumah Sakit Fatimah pada hari sama.

Ketika Teck Chai dipindahkan ke Rumah Sakit Fatimah, dia menjalani tes darah. Namun alangkah terkejutnya dia saat mengetahui laporan menunjukkan bahwa darahnya HIV negatif.

Pada hari berikutnya dia menerima dua paket darah dari Rumah Sakit Fatimah. Kemudian pada 25 Mei 2005, dia menjalani operasi di kaki kanannya yang cedera dan diberikan lagi paket darah.

Teck Chai diperbolehkan keluar dari rumah sakit pada 1 Juni 2005.

Pada 2 Desember 2005, dia kembali masuk rumah sakit untuk menjalani operasi pada lutut kanannya.

Berdasarkan laporan tes darah oleh Gribbles Pathology Sdn Bhd pada 30 November 2005, darahnya menunjukkan HIV positif.

Menurut hasil penyelidikan yang dilakukan Departemen Kesehatan Negeri Perak setelah menerima keluhan dari ibu korban pada 2006 menunjukkan bahwa Teck Chai telah terinfeksi virus HIV akibat transfusi darah selama perawatan yang diterimanya pada 23 Mei 2005.

Menindaklanjuti kasus ini, pihak Rumah Sakit Fatimah menjelaskan bahwa mereka tidak terkait dengan kasus tersebut karena hanya merawat pasien dan menerima paket darah dari salah satu pusat kesehatan di luar kota Ipoh.

Paket darah tersebut, diduga bukan dari bank darah Rumah Sakit Fatimah. Keputusan kasus ini bakal diputuskan pengadilan pada 29 Desember 2015 mendatang.

(www.mynewshub.cc)

Komentar
Beri Komentar
Diselingkuhi, Istri Richie Five Minutes Ogah Menangis
Join Dream.co.id
Artis Raffi Ahmad Mengunjungi Cawapres Ma'ruf Amin