Ridwan Kamil: Infeksi Covid-19 Varian Baru B117 Muncul di Karawang

News | Rabu, 3 Maret 2021 16:00
Ridwan Kamil: Infeksi Covid-19 Varian Baru B117 Muncul di Karawang

Reporter : Ahmad Baiquni

Infeksi dialami warga Kawarang yang baru terbang dengan Qatar Airways.

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengumumkan telah ditemukan infeksi virus corona varian baru kode B117 atau UK117. Infeksi tersebut dialami oleh salah satu warga Karawang.

" Virus varian UK117 itu terdeteksi ada di Karawang," ujar Ridwan dalam konferensi pers disiarkan Humas Jabar, Rabu 3 Maret 2021.

Menurut Ridwan, terdapat warga Karawang yang sebelumnya terbang menggunakan pesawat Qatar Airways. Yang bersangkutan telah menjalani prosedur kedatangan dengan karantina selama 10 hari.

" Namun ternyata prosedur 10 harinya sudah tapi virusnya tidak mau hilang," kata dia.

 

 

2 dari 6 halaman

Karena itu, kata Ridwan, tim Satgas Penanganan Covid-19 memberlakukan isolasi tambahan terhadap kasus yang bersangkutan. Selain itu, meningkatkan upaya tracing dan testing kepada kontak erat.

Ridwan pun meminta tim Satgas Covid-19 Kabupaten Karawn agar jangan sampai kecolongan sehingga membesar dan tidak terkendali. Penanganan harus diperketat selagi kasus masih kecil.

" Kita tahu, kalau sudah telat itu harga treatmentnya itu sangat mahal sekali," kata Ridwan.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 6 halaman

Baru Ditemukan Semalam, 2 Kasus Mutasi Virus Corona Inggris Terjadi di Indonesia

Dream - Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, mengungkap temuan adanya kasus infeksi virus corona B117 varian Inggris di Indonesia. Temuan ini didapat pada Senin malam, 1 Maret 2021 menginfeksi dua kasus.

" Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Baru tadi malam ditemukan dua kasus," ujar Dante disiarkan channel YouTube Kemenristek.

Temuan itu didapat setelah pemeriksaan terhadap 462 virus SARS-Cov-2 di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir. Dengan temuan tersebut, Dante mengingatkan tantangan menangani pandemi Covid-19 ke depan menjadi semakin berat.

" Refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke depan untuk lebih mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset yang semakin cepat, model-model penanganan yang lebih baik, dan studi-studi epidemiologis secara analitik, karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita," kata Dante.

Virus corona B117 disebut memiliki kemampuan menular lebih cepat dari varian yang ada sebelumnya. Untuk mencegah kasus ini, Pemerintah menerapkan larangan masuk bagi WN Inggris dan pengetatan masuk bagi WNA negara lain dan WNI dari luar negeri.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

4 dari 6 halaman

Setahun Pandemi Covid-19 di Indonesia: Mulai Kasus 01 Sampai Vaksinasi

Dream - Wabah Covid-19 genap sudah setahun menjangkiti Indonesia. Setahun yang lalu, tepat hari ini, Presiden Joko Widodo ditemani Terawan Agus Putranto--yang kala itu masih menjadi Menkes--mengumumkan dua warga negara Indonesia yang positif terjangkit virus corona SARS-CoV-2 setelah berkontak dengan warga Jepang yang sedang berkunjung ke Indoesia.

Sejak saat itu, infeksi kasus Covid-19 di Tanah Air terus menyebar dan meluas. Hingga 1 Maret 2021, tercatat jumlah kasus Covid-19 di Indonesia adalah 1.341.314 orang.

Apa saja yang telah dilakukan Indonesia untuk mengendalikan penularan virus corona SARS-CoV-2 selama setahun terakhir?

Berikut rangkuman kilas balik dari pengumuman kasus pertama hingga cara menyikapi.

5 dari 6 halaman

1. Pengumuman Kasus Pertama

Ditemani Terawan Agus Putranto yang saat itu masih menjabat sebagai Menkes, Presiden Joko Widodo pada Senin, 2 Maret 2020 pagi, mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta.

Jokowi menegaskan pemerintah sejak awal sudah serius dan sangat ketat mengikuti protokol kesehatan dari WHO yang berkaitan dengan corona dan bekerja sama dengan perwakilan WHO di Jakarta.

" Oleh sebab itu, begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke indonesia, kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona. Tim dari Indonesia langsung telusuri," kata Jokowi.

" Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang. Ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," imbuhnya.

" Cek tim kita ternyata posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa Ibu ini dan putrinya positif corona."

6 dari 6 halaman

2. Satgas Covid-19 Terbentuk

Munculnya kasus pertama ditindaklanjuti pemerintah dengan membentuk Satuan Tugas Covid-19 yang menjadi badan resmi sekaligus satu-satunya sumber rujukan informasi bagi masyarakat. Hal ini untuk mencegah kesimpangsiuran informasi.

" Untuk menghindari kesimpangsiuran informasi, satgas Covid-19 menjadi satu-satunya rujukan informasi kepada masyarakat," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 16 Maret 2020.

Satgas dibentuk lewat Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 yang diteken Jokowi pada Jumat, 13 Maret 2020.

Join Dream.co.id